Mengapa Harus Kartini...???

"Ana, kamu kesini." Tiba-tiba guru kelas memanggilku. Suasana riuh rendah lapangan tidak mengurangi intonasi tinggi suaranya. "Yah Pak." Aku mendekat "Kamu, jadi komandan upacara." Gubrak!. Asli, terkejut abis. Mau menolak sudah di tunjuk, mau menunjuk orang lain tidak mungkin. Akhirnya, dengan sangat terpaksa aku menjadi komandan upacara. Terkedek-kedek aku berjalan, dengan baju kebaya hasil pinjaman, sendalpun dapat meminjam(untung aja waktu itu belum kenal sendalnya om Santri :D) aku menjadi komandan upacara untuk hari itu.
Peristiwa itu bertahun dahulu sudah berlalu ketika aku duduk di bangku kelas enam SD. Dan itulah kali pertama sekolahku mengadakan Kartinian. Hari itu, petugas upacara semuanya perempuan. dari para Danton, pembaca Pancasila, pembaca UUD, pengibar bendera, dirigen, pembaca doa dan pemimpin upacara. Sejak hari itu juga, aku tidak pernah berfikir mengapa harus di peringati hari Kartini. yang aku tahu, Kartini lahir pada 21 April 1879 dan beliau rajin menulis surat untuk sahabat-sahabatnya. Selain itu, aku mengetahui karyanya "Habis Gelap, Terbitlah Terang" yang sampai saat ini aku belum membacanya. bahkan, tak pernah melihat bukunya (sepertinya, harus di buru :) Pada akhirnya, aku terfikir juga. Mengapa hanya hari Kartini yang di peringati di Indonesia?. Bukankah, masih banyak pejuang-pejuang wanita lain di Indonesia? Yang tak kalah hebatnya, yang tak kalah luar biasa dalam cita-citanya. Mengingati pertanyaanku, jadi teringat kata-kata mbak Helvy Tiana Rosa di UKM (Universitas Kebangsaan Malaysia) dulu. Konon, terkenalnya Kartini karena rajinnya beliau menulis dan membaca. Perburuanku, membawaku ke rumah mbah Google dan sang isteri Eyang puteri Wiki Beruntung ketika mereka melayaniku dengan baik, di suguhinya aku segudang cerita dan berita tentang RA, Kartini. Juga di layaninya aku dengan slide-slide gambar beliau. Seorang Kartini, yang rajin membaca dan menulis surat untuk kawan-kawannya. Seorang yang masih muda belia tapi, hebat dengan pemikiran-pemikirannya. Nyata sekali, bahwa Kartini sangat inspiratif untuk seorang wanita pada masanya khusunya untuk perempuan jawa. Berbagai buku di bacanya kalau mau tahu, baca disini yah... Ini membuktikan, berbagai pemikirannya adalah hasil dari buku yang di bacanya :) Selama ini yang di dengungkan dan di uar-uar khan (eh ko keselip bahasa melayu, artinya, kurang lebih sama :D) hanya emansipasi yang di perjuangkan olehnya. Adakalanya, emansipasi yang di laungkan, tidak senada dengan emansipasi RA. Kartini bahkan, tak sedikit yang bersifat genderitas (eh, artinya apa tuh yah...???) yah, persamaan derajat lelaki dan wanita. Padahal, hasil dari pemikiran-pemikirannya berdirinya beberapa sekolah-sekolah wanita oleh yayasan Kartini di Semarang pada tahun 1912, dan kemudian Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon dan daerah lainnya. Tak usah berkata emansipasi kalau jiwa sendiri saja tak mampu untuk di kritisi (ini khusus untuk diriku sendiri). Pada hakikatnya, ketika berkata emansipasi sudahkah diri ini menjadi wanita yang sejati seperti Kartini...??? Adakalanya, emansipasi yang di perjuangkan sekarang lebih bersifat betul-betul persamaan gender. Menjadi wanita tomboy , maskulin atau bahkan benar-benar berubah menjadi lelaki, naudzubillah... Menjadi wanita, tentu saja tidak hanya menuntut untuk sebuah emansipasi (dari tadi, eman-eman mulu ) tetapi juga menuntut wanita untuk menjadi perempuan kritis, feminin (bersifat keibuan, dan wanita sejati) sok wanita banget. Mempelajari seluk beluk Kartini, membawa hikmah tersendiri buatku. Sebuah pingitan yang di lakukan untuknya, tidak menghalang beliau untuk terus belajar dan belajar. Sehinggakan menimbulkan ide-ide cemerlang yang bermunculan. Menjadi wanita kreatif juga inspiratif. Ketika aku dulu menjadi komandan upacara hari Kartini, mungkin aku tak pernah memahami sejauh ini arti perjuangannya. Rasanya, tak perlu lagi berkebaya di hari Kartini tapi, merubah minda (ops, muncul lagi Melayunya) merubah mind set kita, tentang apa sebenarnya pemikiran Kartini. Kembali kepada diriku yang hanya seorang pembantu, tak menghalang langkah-langkah ini untuk menari dia atas bumi Allah yang sangat luasnya mencari ilmu, belajar, membaca juga menulis tarian kehidupan yang ku jalani. Ilmu tak terbatas kepada siapa saja, karena menuntut ilmu, wajib hukumnya kepada lelaki dan wanita (begitulah bunyi sebuah hadis shahih Bukhari). Kartini, hari ini, Kau buka mataku dengan pengajaranmu. Kini, aku tak perlu lagi bertanya, mengapa harus Kartini yang di peringati...???

10 komentar:

  1. pertamaxxx y.... eh belum baca ne,,kayaknya syik, baca dulu ach.....

    BalasHapus
  2. Ana, kamu kesini**.....bpk kasih tau y, hari ini hasil belajarmu luar biasa, menurutqu kamu telah memahami arti emansipasi yang sesungguhnya, tidak seperti kebanyakan orang, tapi bpk tdk kasih kamu hadiah coklat y,, alnya udah malam kan mau bo2 ga bagus untuk kshtn gi2.... :-)

    BalasHapus
  3. kartini, sosok ibu yang mulia. sungguh besar cita2nya bagi indonesia.

    thanks for contribute in 12 blog inspiring women, happy blogging!

    BalasHapus
  4. Info :
    Selamat Datang di K-BLOPERT

    Tinggal masang banner ya..

    BalasHapus
  5. pengen ya ada hari kartono...heee buat laki2 ... alahhhh ngawurrrrrrrrr...

    BalasHapus
  6. tetap semangat ya mbak, sukses selalu
    kalian adalah orang-orang hebat

    BalasHapus
  7. barulah saya paham mengapa hari Kartini diperingati.. thnks infonya..

    @ manusiahero :
    sampe lebaran gajah juga, ngga bakalan ada hari kartono.. kan pahlawan kita ngga ada yg namanya kartono.. wakakakak..

    BalasHapus
  8. Hello,

    Artikel ini penuh perhatian kepada perempuan, ya?

    Di blog "Cantik Selamanya", ada beberapa artikel soal Kartini. Bagus-bagus.

    Misalnya, "Ibu Kartini: Don't Forget The Daddy."

    Asyiknya, isinya diperkuat dengan semacam referensi di blog facebook CANTIK SELAMANYA ...

    Interesting...

    Thanks,
    AF

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P