Kado Persahabatan Part Two

Rabu, minggu lalu. Aku di kejutkan dengan sebuah mobil pengiriman barang. tatkala kurir turun dan menanyakan nama si penerima, aku sungguh terkejut luar biasa. namaku di carinya, padahal, suer deh! sepucuk suratpun tak pernah datang menyinggahiku selama berada di rantau orang (eh, pernah ndink, surat dari PPLN KBRI, buat ikutan pemilu)Buru-buru aku bertanya, dari mana asal muasal pengirimnya. Terkejut beruk sewaktu sang kurir berkata bahwa barang itu dari Singapura.

 Mikir kepalang pikir, seingat hayatku aku tiadapun memiliki teman dari Singapura. Meskipun sudah menjelajah dunia maya sampai ke Eropa, tak satupun aku memiliki teman atau sahabat maya satupun di Singapura. Jantungku berdetak hebat, fikiran buruk terus berkelabat. Betulkah ini untukku...?? siapa pengirimnya, gerangan apa isinya...??? Buru-buru ku sign PDA yang di hulurkannya, cepat-cepat aku msuk rumah untuk membukanya. Sebelumnya, terlintas satu nama siapa pengirimnya tapi, aku sangsi akan kebuktiannya. 


Ligat tanganku mengoyak bungkusan dengan rasa penasaran. Aku menemukan secarik kertas pengirimnya. Sah! betul dugaanku, nama itu, yah nama itulah pengirimnya. Dan ia, bukan dari Singapura tapi, dari Indonesia. Aku kembali mengoyak bungkusan demi bungkusan dan tatkala sampai bungkusan terakhir terkesima aku melihat isinya. Duhai Robku, aku telah mendapatkannya. Syukur dan hamdalah terucap, takbir dan dzikir kuucap. Nama lelalki itu, dan ada gambar lelaki itu. Gembira tak terkata...

Aku jatuh cinta, pada lelaki yang telah menawarkan sejuta kata dalam imajinasi.Aku tenggelam dalam kata-kata lautan mimpi. Di kenalkannya aku pada Arai sepupu jauhnya sebagai seorang simpai keramat juga Jimbron yang gagap berucap tapi tak gagap dalam menghadapi hidup. Di ceritakannya aku tentang masa-masa SMA. Aku mencari rakan karib dan sahabatnya tatkala di SD dan SMP Muhammadiyah tapi, ia tiadapun menceritakannya.

Selesai dengan kisah Sang Pemimpi, aku kembali di serang badai rindu dengan kisah-kisah hidupnya. Kembali aku mencari apa dan bagaimana gambaran Edensor dalam kepalaku atas pernik-pernik katanya beberapa waktu dulu dalam laskar pelangi. Maka, berkejaran segala neuron otak2ku untuk memburu kemanakah kini, ia akan membawa balutan rinduku dengan kata-katanya juga mimpi-mimpinya. 

"Bus merayap, aku makin dekat dengan dengan desa yang di pagari tumpukan batu bukat berwarna hitam. Aku bergetar menyaksikan nun di bawah sana, rumah-rumah penduduk berselang-seling di antara jerajak anggur yang telantar dan dan jalan setapak berkelok-kelok. AKu terpana di landa dejavu melihat hamparan desa yang menawan. Aku merasa kenal dengan gerbang desa berukir ayam jantan itu, dengan pohon-pohon willow di pekarangan itu, dengan bangku-bangku batu itu, dengan jajaran bunga deffodil dan asuaria di pagar peternakan itu. Aku seoalh menembus lorong waktu dan terlempar ke sebuah negeri khayalan yang telah lama hidup dalam kalbuku."

Aku semakin di buai penasaran. Adakalanya, ia membuatku bersedih tak sedikit pula aku menangis membaca kalimat demi kalimatnya. Dan, banyak juga aku tersenyum-senyum sendiri atau aku tertawa geli membaca cerita-ceritanya. Berbagai teori, pandangan juga perjalanannya di sudut-sudut Eropa sana. 

Beranjaklah aku memenuhi rasa penasaranku, membawaku pada kisah tentang mimpi-mimpi Lintang dalam Maryamah Kaprov. Aku sungguh teruja membacanya, memmahami berbagai teori Lintang, peliknya teori Mahar juga sekali lagi, keberanian seorang Ikal dalam memperolehi mimpi-mimpinya. Juga, bagaimana dia mengupas tata dan cara kehidupan orang Melayu kebanyakan. Kali ini, semua perasaan bercampur baur jadi satu, aku tersenyum tatkala ia menceritakan nama dan berbagai julukan, Ibrahim harap tenang, kamsir si Buta Dari Gua hantu, Nur Gundalam Petir dan banyak lagi. Terobatilah rasa rinduku, terbalaslah penasaranku dengan pengiriman buku ini. 

Terimaksih ku ucap kepada yang telah mengirimkannya. Sayang, aku tak bisa dan belum pandai untuk mereview sebuah buku seperti layaknya mbak fanda dan Shinta. Sahabat, inilah kisah cintaku selama dua hari. Karenanyalah aku terhanyut dalam dunia kata juga wawasan dengan membaca hehehe... gak nyambung.com. Buat Laila, boleh gak jatuh cinta lagi...?? hehehe

Siapakah yang mengirim buku ini? adakah Bejo...??? wekekeke....

44 komentar:

  1. Dari saya,,,

    selamat membaca hadiahnya...

    jangan terlalu sering bermimpi, ya..

    salam kenal dari anak Kalimantan selatan.

    BalasHapus
  2. Selamat menikmati serial laskar pelangi deh.

    BalasHapus
  3. huaaa.. pengen baca mbak.. aku juga udah lama banget pengen baca sebenernya,, hikz..

    BalasHapus
  4. Hehehe, selamat deh yang dapat angurah hiriman buku. Hush mbak, jelas bukan bejo, wekekekek.

    BalasHapus
  5. Wah mbak..mau dong dapet hadiah juga
    tuh buku kerennnn abis..
    aku udah baca sih
    cuman lewat Digibook aja, gratis,,he..he

    BalasHapus
  6. Kok ga ada yg kirimin aku buku ya? Kecuali yg sdh aku bayar lewat ATM (alias toko buku online)...
    Hayooh..sekarang GoR-nya diselesaiin!!

    BalasHapus
  7. lha..
    masa ga tau siapa yang kirim mbak?
    apa benar mas yang komen paling pertama itu adalah pengirimnya. wah..syukur alhamdulillah banget ya kalo gitu ^^
    turut seneng mbak.

    BalasHapus
  8. Wah,tetralogi itu emang fenomenal ya.Walo akhirnya anti klimaks. Eh,kok tidak ada yg mengirimi aku buku ya? Hiks..hiks.. mau dunk..

    BalasHapus
  9. Selamat atas buku barunya, semoga dapat menikmati dunia buku yang maha luas....

    BalasHapus
  10. Yang punya bejo kok marah2 yaks...hehehehehee

    BalasHapus
  11. pantes 2 hari ngilang, ternyata sedang dilamun cinta, cinta pada bukunya atau....

    BalasHapus
  12. ................atau cinta pada pengarangnya, he-he...

    BalasHapus
  13. saya tau mba' pasti yang dari yang memberi hahah

    BalasHapus
  14. gyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa...mantap deh kadonya, tapi kurang laskar pelangi *halah! :P

    BalasHapus
  15. kok laskar pelanginya gak ada? tuh kan satu kesatuan bukuna :?

    BalasHapus
  16. Cinta....
    datang dari singapura ataukah indonesia...
    tetaplah cinta.....

    BalasHapus
  17. wah mba ana punya pemuja rahasia niy,,hoho"

    asik dapet buku,,

    BalasHapus
  18. Woro2, buat semuanya. Laskar Pelanginya ada tapi, aku beli sendiri :))

    BalasHapus
  19. Asyiknya... dapat hadiah buku 3 sekaligus !!
    Jadi karena ngebut baca 3 buku itu maka mbak Anaz 'sembunyi' ya ?

    BalasHapus
  20. selamat malam kawan terimakasih sudah mau koment di tempat saya...komen anda sangat berarti...
    kasih donk hadiahnya mau nehhh

    BalasHapus
  21. selamat anda layak dapat bukunya

    BalasHapus
  22. enak nih dapat kiriman buku...kalo mau tahu pengirimnya..coba telp dan tanya aja 108...atau cari di yellow pages...just kidding...thanks

    BalasHapus
  23. hehe.. kok aku gak dikasi ya? :D

    BalasHapus
  24. wah, keren...mau aku kasih majalah juga? majalah yg memuat cerpenku. kalo mau kasih alamatmu di fesbuk aku ya. di kotak pesan aja.

    BalasHapus
  25. aku juga udah baca semua tuh 4 bukunya si Andrea Hirata.... bagus..

    Untuk yang ngirimi..cuma mbak Anaz dong yang tau..hihihih..selamat Mbak....

    BalasHapus
  26. senangnya dpt kiriman buku....
    semoga bermanfaat ya, mbak....

    BalasHapus
  27. asyik yah teh ana (dpt kado)?... La ikut berbahagia :)

    BalasHapus
  28. selamaat baca yaa...

    senangnya dapat hadiah :o

    BalasHapus
  29. aku ikut senenga buat yang lagi berbahagia, gimana udah selesai dibaca buku-bukunya?

    BalasHapus
  30. Selamat ya An buat hadiahnya, tapi itu bkn y dari aku kan,? hahahaha....

    BalasHapus
  31. Waaaaaaaah..asyik tuuh kebanjiran hadiah!! mau donk kebagian hehhe

    BalasHapus
  32. selamet buat hadiahnya yah
    pinjemmmmm
    An pinjem....pinjem....
    maksa mode on hehehe
    ntar kalo dateng ke malaca kudu di bawa tuh buku
    jujur maksa heheehhe

    BalasHapus
  33. ;:).Duh,keren2 euy novelnya.heheheh mau dunk..

    BalasHapus
  34. 10/06/2009.......hari dan tanggal yang berarti buatmu ya mbakk?
    10/06/2010.......adakah sesuatu yang kan jadi kenangan buatmu?? semoga...

    BalasHapus
  35. wuahhh, selamat atas buku2nya mba :D

    emang kalau udah jatuh cinta ama sesuatu, susah di pisain ...

    BalasHapus
  36. An, usul buat buku bulan dpn: klo Kembang Jepun-nya Remy Silado gimana? Kan katanya mau penulis lokal. Bukunya jadul sih, tp kan mungkin ada yg belum baca (contohnya aku, makanya maksa, hehehe...)

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P