Berburu Sastra, Tanya mbak Fanda.

Aku pernah online dengan seorang freelance editor. Ngobrol banyak tentang penerbitan, buku dan membaca. Di akhir-akhir kalimatnya, beliau menuturkan kalau ingin belajar menulis, rajin-rajinlah membaca terutama, karya sastra. Bersyukur rasanya bisa mengenalinya.
Bicara karya sastra di blog, mengingatkan aku pada seorang bloger juga penyiar radio yang hobinya juga memposting dan bercerita tentang sastera. Tak hanya hanya sastrawan negara tapi, juga melanglang buana kepada para sastrawan luar negara. Aku betah berlama-lama di sana. Meskipun tak selalu meninggalkan jejak. Begitu baik orangnya, beberapa kali aku merequest para sastrawan dan, dengan baik hatinya, ia tak segan menampilkan. Masih teringat beberapa nama yang ku minta di tampilkannya, Eliza Handayani, Helvi Tiana Rosa, Buya Hamka, P ramudya Ananta Tour dan banyak lagi. Duduk di sana seolah di suguhkan dengan realita begitu susahnya untuk mendidik dan menyukai karya-karya sastra khususnya produksi lokal sendiri (menunjuk ke aku). Lihatlah pada postingan Arena Wati, seorang sastrawan negara Malaysia yang ternyata adalah kelahiran Makassar Indonesia. Beranjak dari sana, setelah wejangan untuk belajar sastra dan membaca maka, teringatlah aku akan seorang wanita yang hobinya adalah membaca mbak Fanda namanya. Lihatlah beberapa koleksi bukunya. Mungkin tak terhitung. Maka, tak segan dan sungkan kalau hendak berburu buku, kesanalah bertanya nya. Dan aku juga bertanya, "mbak, akankah di adakan konfrensi minggu ini? sepertinya. banyak anggota yang tidak mengikutinya?" Lepas dari mbak Fanda, aku juga menemukan beberapa sahabat bloger lainnya yang dari sana aku bisa menjalin silaturrahmi dan ukhuwah... Dicky Polar, seorang yang cukup lucu ketika membuat postingan tapi, terkadang kena pada sasarannya. Aku suka postingan yang mbahas tentang teroris, dah kesana khan...??? makasih Dicky awardnya. Ngomong-ngomong, mau kemana nih...?? ko permisi...??? Selanjutnya, aku kembali berjalan ke Semarang. Mas Cahyadi, ia pun telah sudi memberikan awardnya untukku. Mohon maaf, baru ku posting. Ketikamenulis tentang kematian, yang tak lama setelah itu mbah Surip meninggal. betapa, kematian itu begitu dekat... Makasih awardnya mas Cahyadi.. Dan, yang terakhir adalah award dari Nen's. Award yang telah lama ia bagi, baru hari ini aku menjemputnya. Dan, aku pun belum lama mengenalinya. Makasih banyak. Maaf, peernya aku sudah pernah mengerjakan. Jadi, agk usah yah.. :) dan, aku hanya ambil dua wardnya, yang lain sudah oernah ku pasang :)
Award dari Ivan Kavalera
Awrad dari mbak fanda
award dari Nen's
award dari mas Cahyadi
Award dari Polar

28 komentar:

  1. woooowww pengantar award yang mantabbb naz, siiip reviewnya......selamat award nya ya...

    BalasHapus
  2. hihiihihihhiih...buwel pertama yak....hehehehe

    BalasHapus
  3. Waduh, bukan toh...Selamat awardnya...^_^

    BalasHapus
  4. Kunjungan ke blog sahabat. Selamat menanti bulan suci ramadhan.

    BalasHapus
  5. setuju berat..pengen bisa menulis harus banyak baca..jadi tambah semangat nih..

    BalasHapus
  6. oya, sepertinya, aku jg gak bisa ikut KBO3..
    maaf ya...
    salam buat peserta yg lain...

    BalasHapus
  7. Siip, selamat atas awardnya Anazkia. Sastra akan melembutkan dan memperkaya jiwa, katanya. Membaca akan memperluas cakrawala. Ivan dan Fanda, juga yang lain, adalah sahabat kita semua. Nice posting.

    BalasHapus
  8. hohohoooho anaz...selamat yaaa awardsnya hohooh ^_^

    BalasHapus
  9. wah... awardnya bagus-bagus mbak... selamat ya... salam terkasih...

    BalasHapus
  10. Waw...kolektor award nie,,,,,,

    selamat - selmat....

    BalasHapus
  11. Ya deh ntar aku tanya mbak fanda ..he,...he..he... mampir dimalam hari naz...

    BalasHapus
  12. Selamat utk awardnya mbak...
    Selamat utk KBOnya yg masuk dalam 'putaran' ketiga.. ^_^

    Utk menambah awardnya, ada satu lagi award yg belum diambil di The Others dalam posting yg berjudl Hasrat dan Gairah

    BalasHapus
  13. mbak fanda emank top markotop dah
    hehehe
    selamat ya untuk ewotnya
    inget koalisi kita
    ehehhe

    BalasHapus
  14. Muantap,....Parade Award lagi.
    Selamat yah Naz.... semangat dan sukses terus.

    BalasHapus
  15. Baca sih suka tp kalo sastra, hmm.. blom pernah. Paling liat bentaran trus udah.. hihi..,selamat awardnya. :)

    BalasHapus
  16. selamat atas awardnya mbak anaz.
    henny juga suka baca novel-novel sastra, tapi sekarang udah jarang, mungkin karena udah nggak sempat lagi :D

    BalasHapus
  17. Dari postingan ini bisa diketahui profil beberapa nama blogger senior. Nice Post. Salam Ukhuwah BERSAMA DAKWAH

    BalasHapus
  18. Sampe kaget aku karena namaku nampang di judul postingmu. Eh...ternyata mau majang award. Setuju, memang kalo mau menulis, modalnya harus banyak membaca. Tentang KBO, kamu saja yg memutuskan. Tp menurutku terus saja kita jalankan. Kalo memang tak ada yg ikut, apa sebaiknya kita bikin ulang selepas Lebaran? Maksudnya dgn buku yg sama? Karena An, buku ini sungguh2 bagus. Aku bukan promosi dan tak hendak memaksakan kehendak. Tp kupikir kita semua perlu membaca buku ini. Aku ada posting ttg buku ini di blog Curhat Fanda. Jadi atau tidaknya KBO, terserah kamu deh. Tapi kalopun ga jadi, jangan dibatalkan melainkan dimundurkan. Gimana?

    BalasHapus
  19. review untuk award ya na..selamat ya buat awardnya..kenapa skrng jarang OL difesbuk??

    BalasHapus
  20. masih bingung nih tentang KBO..
    hiks

    BalasHapus
  21. Gimana Ana KBO nya ntar malem, jadikah?

    BalasHapus
  22. hohoho.. ini para sastrawan/wati blogger yach?

    BalasHapus
  23. hmm, suka sastra juga. pernah mampir ke sana, blognya fanda emang seru dan mencerahkan, cocok buat referensi karya-karya sastra.

    BalasHapus
  24. award yang keren2. pengantarnya juga seru n menghargai bgt. sipp!

    BalasHapus
  25. mba fanda jago banget memahami sebuah tulisan, keliatan dari hasil2 reviewnya. Tapi mba anaz juga gak kalah hebatnya :D

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P