Maaf Kepada Sahabat Bloger Semua Terutama, Mbak Fanda

Hidup adalah pilihan. Apapun bentuknya, setiap waktu kita dihadapkan dengan berbagai pilihan. Dalam hal kecil sekalipun, kita terkadang harus selalu memilih. Misalnya, hendak makan malam dengan apa malam ini...??? Kitapun, harus memilihnya. Pun dalam dunia blog. Aku memasukinya, juga pilihan. Pilihan untuk menulis, menuangkan ide juga terkadang menceritakan uneg-uneg dihati. Juga, pilihan untuk memberikan waktu. Waktu untuk menulis dan waktu untuk membalas kunjungan sahabat sesama bloger yang telah berkunjung keblog kita.
Beberapa waktu lalu, seorang sahabat bloger menegurku. Tanyanya, "Kenapa jarang sekali keblog saya mbak sekarang...?" Duh, terasa tidak enak hati. Sekarang, aku memang mengurangi jatah waktu ngeblog. Disatu sisi, di rumah majikanku sibuk hendak mengadakan hajatan (salah seorang anaknya menikah) Disisi lain, terkadang aku berfikir, aku masih mencari-cari arah tulisan dan tujuan. Kemana arah aku menulis juga, tujuan aku menulis diblog. Berlebihan? Aku rasa tidak. Buatku, ketika menulis diblog menjadi pilihan untuk menyalurkan hobi, aku pun harus memiliki tujuan dari pilihan itu sendiri. Menulis yang memberikan manfaat untuk orang lain, tak hanya susah2 merangkai kalimat demi kalimat cerita yang tak bermakna tapi, berharap juga, tulisanku berguna untuk sesama. Tak mudah memang. Dalam dunia blogger, aku mengagumi beberapa penulis yang memilih jalur blog sebagai pilihannya. Mungkin aku tak sehebat mereka. Tak usahlah kusebut siapa orangnya, untukku, mengenali mereka didunia maya sudah memberikan pelajaran nyata. Belajar, tak harus dibangku sekolah... Kalau menulis dijadikan pilihan, tentu saja ia berkaitan dengan bacaan. membaca tanpa menulis, bisu. Menulis tanpa dibaca, tuli. Andaiannya seperti itu. Tapi, tak selalu kedua-duanya mampu dilakukan setiap saat, atau istiqomah. Aku, sering terjatuh dalam keadaan males membaca dan menulis. Tak jarang, berhari-hari aku tak menyentuh buku, dengan alasan, tak ada waktu. Sungguh penyakit yang terkadang mendarah daging. Dan cerita ini, mengingatkanku pada Mbak Fanda. Sosok blogger wanita ini, identik dengan buku. Blognya pun bernama, Baca Buku Fanda. Menceritakan berbagai buku yang dibacanya. Sungguh bermanfaat sekali melihat hobinya. Membaca, dan bercerita kepada sahabat semua. Aku kagum pada hobinya. Yang sepertinya tak pernah mengalami pasang surut. Tidak sepertiku, yang terkadang, hanya mampu mencari waktu, untuk membaca buku. Aku pun teringat, dengan agenda klub buku online, yang sudah beberapa kali tertunda. Aku merasa bersalah dengan Mbak Fanda dan sahabat-sahabat semua. Aku mohon maaf atas semua penundaan itu. Semoga dilain waktu, aku bisa lebih menghargai waktu, utnuk membaca buku juga menulis yang telah aku baca. Juga, mohon maaf sebesar-besarnya, kepada sahabat blogger, yang blognya belum kukunjungi.
Majang award dari mbak Fanda. Kupinta maafmu, Mbak Fanda. Atas segala kekuranganku yang tak pandai membagi waktu. Selamat hari raya Qurban 1430H

21 komentar:

  1. Nggak pa2 koq Naz.... kami juga ngerti koq, yang penting komunikasi tetap jalan.

    BalasHapus
  2. Selamat atas awardnya ya,tidak masalah kok mba,kami juga belum tentu sempat mengunjungi blognya mba Anaz ,jadi sama2 maklum ya mba ?

    BalasHapus
  3. Ma'af juga ya mbak, kl saya jarang berkunjung...

    BalasHapus
  4. mohon maaf juga mbak baru nemu lagi blognya soalnya template saya rusak btw selamat ahri raya Idhul Adha

    BalasHapus
  5. Nice posting...

    Slmat hari raya Idul Adha semoga kita mendapat limpahan rahmat... Amin

    BalasHapus
  6. Di maafkan mbak.. Kadang rutinitas memang memenjarakan diri kita untuk sekedar melepaskan diri sejenak.. Semangat terus mbak walo tidak lewat Blog. Selamat hari raya idul adha mbak..

    BalasHapus
  7. Sama mbak.., aku sekarang juga jarang bisa ngeblog karena keterbatasan waktu. Aku ngeblog sebisaku aja, BW sesempatku juga.
    Terkadang emang muncul rasa gak enak hati dg teman-2 blogger lainnya. Tapi ya itu tadi... hidup memang pilihan, dan kita emang harus punya skala prioritas kan..?

    BalasHapus
  8. itu bukan saja terjadi pada mb tapi sobat blogger yang lain juga bagitu, aku juga tentunnya..aku memaklumi semua itu, karena apa yang mb alami pernah aku rasakan..tetap samangat ya mb..

    BalasHapus
  9. anazzz... miss you. tenang, sayah ga komplain kok dikau jarang ke tempat sayah. kalo dikaui alesannya ada suatu masa dimana dikau males, ya itu hak dikau sebagai blogger. ga masalah kok. semua hal yang dilakukan dengan terpaksa ga akan bagus hasilnya.

    maab baru mapir kemari, kemaren masih sibuk banget. apapun keputusan dikau, saya menghargainya karena yakin itu yang terbaik untuk dikau.

    keep in touch ya... kan bisa fb2an kalo males ngeblog ^^

    BalasHapus
  10. Ya ampun An, mau majang awardku kok jadi mengharu-biru gini ah... Btw, thanks ya!

    Kita semua maklum kok kalo krn kesibukan ada di antara kita yg ga bisa terlalu agresif ngeblog. Aku jg ga bisa setiap hari mampir ke semua teman. Yg terpenting kan persahabatan kita ga terputus.

    Ttg KBO, terus terang aja aku saat ini jg kesulitan meluangkan waktu buat conference, juga buat baca buku. Ini lg baca buku dah lebih dari 1 mg ga habis2...

    Jgn putus asa lah, pasti akan ada kesempatan lagi buat kita utk baca buku, krn toh itu akan selalu jadi kerinduan kita kan? Tetap semangat yah!

    BalasHapus
  11. gak apa2 kok mbak anaz kan punay kesibukan sendiri juga

    BalasHapus
  12. gak papa kok, an. kalo emang sibuk, gak usah dipaksa

    BalasHapus
  13. Biasa lagi mbak, saya juga sering digituin
    namanya juga kita lagi sibuk, lagi males, lagi ga mood
    ngeblog kan untuk kesenangan bukan untuk jadi beban

    BalasHapus
  14. Kan kadang seseorang ada pasang surutnya..
    yang penting tetep semangat!!

    BalasHapus
  15. Tengkyuuuu ... yaaa kunjungannya ... salam kenal..
    and Selamat Hari Raya Idul Adha 1430 H

    BalasHapus
  16. ga papa atuh mbak,, yang namanya lagi sibuk sih kami maklum... toh kita juga ga bisa tiap hari berkutat depan kompi mulu kaann... dunia nyata dan maya harus seimbang...

    BalasHapus
  17. @anaz : jangan berhenti untuk menulis hanya karena tak tau apa yang mesti ditulis.

    @ fanda: i love blogger yang konsisten kayak bukufanda

    @ facebook : maaf lho tadi itu chat- cuman bercanda ajah , ga ada yg serius untuk dimasukin hati.

    BalasHapus
  18. berkunjuuuuung.. he.he.. tulisannya lumayan keren juga tuuh.. mengalun .. siip dah..

    BalasHapus
  19. heu heu.. intinya sih, ngeblog untuk berbagi.

    aku jg lagi ga mood2nya ngeblog nih naz, tapi rasanya seperti ada hutang sharing buat blognya, hehe...

    kan semboyannya, Happy Blogging.. = sharing sambil happy. :D

    CMIIW

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P