Kena Tag, 15 Buku Berkesan

Keinginan, adalah yang paling banyak terucap dalam hidupku. Dulu, ketika tak mampu untuk membeli buku, aku sampai membuat list beberapa para penulis, untuk aku ikuti bekerja. Helvi Tiana Rosa, Gola Gong, Asma Nadia dan beberapa penulis kenamaan lainnya. Sumpe!, aku pengen sekali bekerja di rumah mereka alasannya, sederhana aja. Aku pengen baca buku, gratisan. Biar nggak usah beli, biar aku tetap bekerja. Tapi, adakalanya, ketika keinginan itu menjadi nyata, kemauan terlupa sudah. Di Malaysia, majikanku betul-betul seorang penulis. Meskipun, bukan penulis genre fiksi. Dan, ketika aku baru datang, aku ditempatkan, disebuah bilik buku, subhanallah... Tapi, yah itu tadi, ketika berucap senang tapi, tidak ketika menjadi kenyataan. Semangat membacaku, bukannya bertambah tapi, malah menurun. Dengan alasan, sibuk! klise banget khan...???!!
Nah, kena tag mbak Fanda, bikin aku melek lagi. Bikin aku merenung lagi. Aku, nggak jauh beda sama mbak Elly. Bedanya, mbak Elly penuh dengan prinsip. Nggak kayak saya, yang kadang mikir sendiri, "kenapa yah, aku jadi males baca?" Meskipun nggak sepenuhnya males. Nah misalnya, aku beli buku dah beberapa tahun dulu tapi, belum habis terbaca juga. Padahal, nggak tebel-tebel amat. Tapi, anehnya, kadang aku hanya menghabiskan waktu yang tak sampai seminggu, untuk menghabiskan tetralogi Laskar pelangi keempat-empatnya. Nah, tag dari mbak Fanda ini, suruh menyebutkan, buku apa yang paling berkesan buatku. Sebenarnya banyak, sayangnya, aku dah banyak yang lupa. Karena, kebanyakan buku beberapa tahun dulu telah aku baca. Atau, buku-buku jaman SDku dulu, khan susah banget tuh ngingetinnya. Jadi, maaf yah mbak, kalau ada beberapa buku yang kusebut tapi, nggak menyebutkan penulis dan judulnya.
  1. Laskar Pelangi, Andrea Hirata. Buku yang memacu semangat aku, untuk terus bermimpi. Sosok Linta, yang hanya imajinasi semata, ia menggambarkan, betapa cerdik dan bijak penulisnya. Kalimat dan kata, yang mengalun dengan seksama membuatku terkadang lena dalam asmara kata. Juga, memacu aku, untuk terus semangat memupuk mimpi (semoga bukan hanya mimpi)
  2. Seteguh Tekad, Sidek Baba. Kalau dalam Laskar pelangi, Lintang adalah tokoh imajinasi, lain lagi dengan buku memoar ini. Kisah tentang perjuangan dan pengorbanan seorang remaja, untuk menunaikan mimpi. Kalau Lintang, sering dihadang buaya ketika menuju sekolah, Cik Gu Sidek, sering bertemu dengan harimau saat hendak ke sekolah. Memacu motivasi.
  3. Tersungkur di Pintu Syurga, Zabidi Mohamed. Ini juga tentang memoar. memoar perjalanan seorang bui, yang terlibat dengan jema'ah al'arqam yang diharamkan, kerajaan Malaysia pada tahun 1994 lalu. Melalui buku ini juga, penulis mengisahkan tentang kisahnya keluar dari jama'ah tersebut. Tentunya, buku ini dan yang tadi adalah penulisnya orang Malaysia. Di sini, kita bisa mengetahui, gimana sih, orang-orang yang ada di penjara.
  4. Membaca AM Fatwa. kalau yang tadi, tentang kisah para narapidana di Malaysia, nah buku ini menceritakan tentang liku-liku perjuangan seorang Andi Mapetahang Fatwa. Seru banget bacanya.
  5. Atas Nama Cinta, Isa Kamari. Sastera epik sejarah, yang membuatku terkagum-kagum pada diksi penggunaan katanya. penulisnya orang Singapura. mengambil latar, 3 negara. Indonesia, Malaysia dan Singapura. Dan, kisah yang diusung, adalah kisah nyata. tentang nasib Nadia, seorang gadis, anak keturunan Belanda yang dibsearkan oleh seorang Melayu. Betul-betul pertembungan budaya yang sarat konflik. Tak hanya budaya, bahkan juga agama.
  6. Membina Imajinasi Cemerlang, HM. Tuah. Sebuah buku motivasi, yang mengajarkan kita tak hanya berangan. Tapi, mengajarkan kita, bagaiman mengajarkan berimajinasi. Karena imajinasi itu, berbeda, dengan angan-angan.
  7. Don't Be Sad, Abdullah Al-Qarni. Buku motivasi juga. Penyemangat hidup, juga penyuluh amalan, untuk mensyukuri segala kehidupan.
  8. Ensiklopedi Wanita Muslimah. Sudah lupa nama penulisnya. Tapi, buku ini, banyak membawa perubahan dalam diri, ketika baru mengenali agama islam, secara lebih dalam.
  9. Tuhan Dalan DNA Kita, Kazuo Murakami. Baca buku ini, nggak bisa nggambarin dengan kata-kata. Subhanallah... sungguh luar biasa kuasa Allah.
  10. Menjadi Individu Menarik, Dr. fadilah Kamsah. menjadi cantik, itu bukan karena ollay, atau tottal efects (bener gak yah nulisnya...???) kecantikan itu, terlahir dari hati yang suci. lebih kurang githu deh... (dah lupa nih penjabaran panjang lebarnya)
  11. Nak Ke Tak Nak, HM. Tuah. Motivasi yang membangkitkan suis-suis yang telah mati dalam neuron-neuorn otak kita. Juga, mengajarkan, bagaimana hendak menggunakan arus alpha.
  12. Sebuah buku dongeng, lupa judulnya. Tapi, cukup membuatku menangis berhari-hari ketika kecil. Menggambarkan kehidupan hutan, dengan sang monyet adalah rajanya. Tidak harimau seperti kebiasaannya. Aku menangis, ketika musim kemarau tiba, sang raja hutan, terpaksa meninggalkan sarangnya, untuk mencari sumber air diwilayah lainnya. suediihhhh...
  13. Novel, lupa juga judulnya. Tapi, aku ingat membacanya berulang-ulang kali. Kisah tentang lima sekawan, yang mampu memecahkan sebuah pencurian lukisan. Ini juga buku yang dibaca saat aku masih SD
  14. Lagi, lagi, tentang novel, yang aku sendiri lupa judulnya. terbitan Balai Pustaka. Menceritakan, tentang kehidupan nelayan, kemiskinan tapi, sang penulis mengemasnya dengan ketegaran hidup.
  15. Jilbab Traveler, Asma Nadia dan kawan-kawan. membuatku terus bermimpu, untuk terus mengelilingi dunia (dalam hati mah, aku mengelilingi Indonesia saja, sudah cukup) :). Sepertinya, ini yang nyangkut dikepalaku saat menuliskan. Kali ini, mau aku tag kesapa yah...??? Mbak Ajeng, sama mas Nuansa pena, Reni Judanto boleh gak..??? :)

21 komentar:

  1. Ternyata yg banyak lupa justru yg novel ya, An? Makasih banyak udah berusaha memeras otak buat nginget2. Sekali lg aku senang krn tag-ku ga dipandang sbg beban, tp justru memelekkan dirimu (tadinya merem ya??). Aku punya ide nih, gimana kalo kita tampilkan buku2 yg sdh kita baca selama setahun di blog kita? Pake widget "Daftar" aja. Tujuannya spy kita inget trs dan terutama utk memicu semangat baca. Kan ketauan klo daftarnya ga nambah2 berarti blm baca buku lagi? Setelah setahun kita hapus semua, dan mulai dgn yg baru. Gimanaa??

    BalasHapus
  2. Hehehe, maaf, td ga sempat meninggalkan jejak. Hmm...saya mau kok di-tag :p Eh, bukunya bagus2 tuh! Laskar Pelangi nomer satu yak! I love it too...

    BalasHapus
  3. whooaa...cik gu Sidek Baba itu dosen kita di UIA naz, waktu masih di Malaysia aku sering banget kerumahnya, diajak makan...baik banget orangnya, mahasiswa pada akrab sama beliau, huhuuu..jd kangen..

    BalasHapus
  4. wah, salute dah Naz, baca tetralogi laskar pelangi khatam nggaki sampe seminggu....hehehhe, kalo a-chen baca laskar pelangi 1 minggu, edensor juga 1 minggu, yang 2 lainnya belum baca... ;-)
    dan buku2 no 2 sampai 15 nggak ada yang kenal... :-), Oiya btw Mbak ajeng khan udah di tag oleh mbak Fanda, kenapa nggak aku saja... Kekekekekek! nggak ding Naz becanda... :-D

    BalasHapus
  5. duh, aku blm buat tag ini nih. hi hi hi..jadi malu...pulang dulu akh. btw, lagi baca laskar pelangi nih, tapi belum abis.

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah kalau aku karya Andrea Hirata 4-4 nya dah rampung, karya Kang Abik, AAC, KCB 1 -2 juga sudah, terus...apa lagi ya? lupa juga. Sekarang lagi rajin ngumpulin e book tapi lagi males ngebacanya, sama seperti nulis,lagi banyak ide tapi lagi males ngetiknya. bingung kan?

    BalasHapus
  7. salut mb, saya suka mbaca,tp gak punya banyak buku.

    BalasHapus
  8. waooo ...dapat tugas yaa, siap! dapat ide posting gratis! he he he he....
    Sukses untuk anda dan petualangannya yang selalu saya ikuti!

    BalasHapus
  9. 15 buku
    waaaak bikin gw pingsan

    kaboooooooor...
    daripada disuruh baca buku
    mending baca komik
    eh.. komik khan buku juga

    BalasHapus
  10. paling suka sama Laskar Pelangi, huhuhu...
    di urutan pertama juga yak? hmm... siip siip..
    eh sayah juga barusan beli itu Jilbab Travelernya Asma Nadia. Lumayanlah buat referensi kalo mw jalan2.. *kapan yak bisa?

    eh salam kenal eniwei :)

    BalasHapus
  11. Mantap na. Tag 15 buku juga. Buwel sama a-chen sellau sia sekata ya komengnya, wekekeks....

    BalasHapus
  12. 15 buku yang luar biasa.. yang saya tahu cuman 2, hehe

    BalasHapus
  13. pengen baca juga bukunya....
    dari 15 buku, aku cuma kenal laskar pelangi :(
    buku yang lain,ada ga ya disini? hmm..

    btw, salam kenal dariku ya mba.. :)

    BalasHapus
  14. wahh,daftra buku yg sudah dibaca mba ana,ok2 loh ^^

    BalasHapus
  15. Mbak, aku dah kerjain lho tag ke-15 bukunya.
    Silahkan ke The Others ya... ditunggu...
    Ohya, buku yg sama-2 kita suka cuma Laskar Pelangi hehehe

    BalasHapus
  16. he..he.. kalo buku udah jadi makananku sehari-hari tuh.. ampe penuh tu kamar ama buku.. weew..

    BalasHapus
  17. wakakakaka,,...
    Aku juga baru selesaikan tag ini...
    tapi bacaan naz ternyata lebih menarik...

    BalasHapus
  18. wow lagi musim tag niih, dimana-mana banyak tag. selamat n sukses selalu, tetap semangat

    BalasHapus
  19. keren-keren buku yang dibaca, beda dengan saya...
    isi tag buku tidak bisa sampe lima.
    Perjalanan tag yang panjang, sudah berapa kali saya klik link yang mendapat tag, masih belum ketemu pemberi awal tag buku ini.
    Salam kenal, semoga dengan tag buku persahabatan Anda semakin lengket

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P