Biografi Siapa...???

Hal tersulit, yang aku pelajari tentang dunia kepenulisan selain dunia fiksi, adalah sebuah penulisan berita. Rasanya, aku begitu sulit menuliskan tentang berita. Secara teori, dengan unsur 5W+1H aku sedikit banyak paham tapi, tidak pada prakteknya. Dan beberapa teori yang aku mengetahui tapi, tak pernah membuatnya adalah tentang biografi. Teorinya, aku mungkin bisa saja membacanya di mana saja. Dan kali ini untuk pertama kalinya, aku belajar menulis biografi salah seorang sahabat blogger. Sebuah biografi yang sangat pendek dan sederhana sekali. Mohon maaf, jikalau ada salah tulis dan sebut kepada sahabat yang kumaksud.
Ia lahir di Surakarta, pada 21 Mei 1983. Lahir sebagai anak tunggal, tanpa saudara mara. masa kecilnya dipenuhi dengan keceriaan, layaknya seorang kanak-kanak lainnya. Dan, ia termasuk anak lelaki yang hiperaktif. Hobinya menaiki pohon dan juga menyusuri selokan. Bahkan ia tak pernah jera, saat terjatuh dari pohon. Nakalnya, minta ampun. Mungkin, karakter kecilnya lah yang menjadikan ia lelaki dewasa yang cukup matang. berkeras hati, dengan apa yang diimpikan dan selalu berusaha mempelajari serta membuktikannya. Dari SD hingga SMA dihabiskannya di kota Surakarta. Menempuh pendidikan di SD Negeri 69 Surakarta, SMP Negeri 5 Surakarta juga SMA Negeri 5 Surakarta. Tatkala kecil, rambutnya tak begitu kertiting seperti sekarang. Hanya berombak sedikit saja. Tapi, karena menjadi kormod (korban Mode) lelaki tersebut dengan rela hati mengkriting rambutnya. Dan sekarang, hasilnya hampir mirip-mirip mendekati Nicholas Saputra. bedanya, matanya tak setajam elang (Anaz mendramatisir neh.. :D) Ia bercita-cita menjadi seorang desainer pesawat terbang dan mobil. Bahkan, dia menjadi kolektor sejati majalah "Angkasa" semenjak SD lagi. Sayangnya, hobi tersebut tidak bertahan lama. Seiring beranjaknya usia, ia mulai menukar-nukar hobinya. Ketika memasuki SMU dan ia aktif di band sekolah, ia merubah cita-citanya menjadi seorang musisi. Karena hobi barunya, saat memasuki kuliah ia pernah meraih gelar "Drumer terbaik" se Jawa-Bali. Luar biasa lelaki ini. Prinsip bekerja keras dalam hidupnya, ia pegang teguh dan kukuh. Sewaktu di bangku kelas 2 SMP, sang bunda meninggal. Semenjak itu, ia hanya berdua hidup dengan sang ayah. Ketika bundanya hidup, beliau adalah seorang ibu rumah tangga sejati. Semenjak kepergian sang bunda, kebutuhan sehari-hari dan keperluannya ia mulai membuatnya sendiri. Lelaki ini, harus belajar mandiri. Meskipun sang bunda tiada, bukan menghalangi lelaki ini untuk tidak tetap berkarya. Dia, tetap menjadi seorang pejuang yang tangguh. Justeru, semakin membuatnya dewasa. Sang ayah yang pernah menduduki kursi DPRD dari fraksi PDI ketika era orde baru, harus mundur teratur. Saat itu, PDI pecah menjadi dua golongan. Kubu Megawati dan kubu Soeryadi. Hampir semua anggota dewan diintimidasi, akhirnya, menjadikan sang ayah mundur dari tampuk keanggotaan partai tersebut. Kalau ayahnya berpikir seperti itu, tidak heran kalau anaknya juga berpikir cerdas dan lugas :) (nggak mau hiperbolik :P) Tidak seru, kalu tak membicarakan kisah cintanya. Lelaki yang cenderung cuek dan cukup pendiam ini, memang betul-betul cuek dengan mahluk yang namanya perempuan (itu dulu sekaleee....) Dan, masa yang paling indah, katanya lagu khan di sekolah jaman-jaman SMA. Tapi, dia tetaplah dia, yang cuek kepada wanita apa saja. termasuk, dengan cewek yang menjadi rebutan para cowok. Anehnya, justeru setelah persaingan para teman-temannya tiada yang berhasil, sang cewek malah mengejar dirinya. Itulah nasib, tidak ada yang tahu. Meskipun begitu, hanya satu nama yang membuatnya jatuh cinta untuk pertama kalinya. gadis itu, Sita namanya. temannya, ketika SMA. (sekarang gak tahu Sita dimana...???) *gak pake mellow...* Cowok nggak merokok? nggak seru! nggak gaul! Mungkin begitu pikiran remaja lelaki. Dia juga seperti remaja lelaki lainnya. Yang pernah terjerat dengan dunia asap rokok. Beruntung, ketika jeratan itu tidak bertahan lama. Dengan alasan boros, akhirnya cowok ini berhenti merokok juga. Meskipun ketika kuliah ia mengambil fakultas administrasi negara di FISIP tapi, kini ia tersangkut ke dalam sebuah dunia yang tidak ada kaitannya langsung dengan bidang perkuliahannya. Kini ia lebih banyak berkutat dengan desain grafis. heran memang. Tapi, itulah dia, dia menyukai dunia komputer dan internet semenjak kuliah. Dan betul-betul menekuninya. jadi, bukan halangan ketika ia harus menekuni dunianya kini. Pecinta karya Khalil Gibran dan Paulo Coelho semenjak SMA. Dia sangat menggemari karya Coelho yang berjudul, "The Al Chemist"Juga, mencintai karya-karya para agamawan dari berbagai agama. ia tak membatasi semua jenis bacaan. Pernah ketika pertama kali mengenalnya, aku mengira ia seorang budha. Padahal, ia betul-betul seorang Muslim. Saat kutanyakan, ia tergelak. Dan berkata, "Aku emang moderat". Saat ku tanya kedekatannya dengan seorang bloggerwati, ia hanya menjawab, "Tanya yang bersangkutan aja. Takut aku salah jawabnya." Sampai kini, aku tak menanyakannya kepada blogger tersebut. Aku rasa, cukuplah jawaban yang aku lihat :) *semoga aku gak membohongi analisa sendiri* :) Begitulah, sekilas kisah hidup seorang sahabat. Membaca kisahnya, membuatku terinspirasi, bahwa kegagalan dan kesuskesan, itu kita yang mengusahakan sendiri. Tentunya, juga dengan doa serta tawakal atas Ridho Illahi Robbi... Sekalian majang award dari mas Joddie dan Yoliz :)
Majang Award dari mas Joddie sama Yoliz...

25 komentar:

  1. ennggg... kira-kira siapa ya? eh... selamat untuk awardnya ya mbak... keren... tentang aku menyayangimu... itu bisa semua orang kok mbak... terutama pada sesama yang saat ini sedang terjebak pada tindakan yang melawan kebenaran...

    BalasHapus
  2. wah, ini biografinya mas Jodie Ya... :-)
    Saya juga mengira dia non muslim... heheheh
    Eh, BTW anaz ini salah satu reporternya Bang Ais Yak... Kekekekkekeek!!!
    Selamat Awardnya Ea... :-)

    BalasHapus
  3. Ehm, bagus Naz tulisan Biografinya, Sayah Suka...
    Lengkap dan teratur, Oiya Keknya Anaz mengenalnya Begitu Dalam Ya.... Mudah2an Nggak Ada Yang Cemburu...xixixixi
    Oiya Selamat Awardnya Naz...

    BalasHapus
  4. Ternyata banyak sekali yang mbak Ana ketahui dari sang bloggerwan tersebut. Salut deh mbak, hingga biografi ini sangat lengkap.

    BalasHapus
  5. Aku belum pernah menulis sebuah biografi... bahkan tak paham bagaimana teknisnya.
    Biografi mbak Ana sukses deh.., karena detil banget.

    BalasHapus
  6. siapa sih dia?apa fiktif belaka?hehehe
    selamat ya awardnya...

    BalasHapus
  7. Biografi siapa ? Trimatra kah ? He, ah nyerah na.

    BalasHapus
  8. orang yang hebat. salut! saya juga selalu bercita2 menilai seseorang tanpa memperhatikan simbol2 yang melekat.

    BalasHapus
  9. kata yang terakhir bagus sekali,bahwa kegagalan dan kesuskesan, itu kita yang mengusahakan sendiri.

    BalasHapus
  10. mhhhhh siapa y ada 2 kemungkinan,lengkap btl biografinya

    BalasHapus
  11. keren dah, semoga selalu mendapat inspirasi deh

    BalasHapus
  12. Slmat buat Awardnya. Saya Turut berduka cita juga buat berulangnya Mas Joddie

    BalasHapus
  13. Mbak Anaz mampir (walo cuma sebentar) membaca dan menebak kalo itu Mas Jodi ya? Maaf ya mbak..

    BalasHapus
  14. lengkap banget deehh biografinya,, saluutt sama mbak anaz... gampang banget kok nebaknya, itu pasti mas joddie :D


    btw,, makasih award aku udah dipajang yah mbak :)

    BalasHapus
  15. ehmmm, mempelajari dulu komentnya neng yolizz... wkwkwwkwkkwkw....kira2 .. hihihihi.. udah ah.. mampir ajah anazkia... :-)

    BalasHapus
  16. jiaaahhhh, mo ngomong apaan sih wel... :-D

    BalasHapus
  17. emmmmmm.., mas joddy rupanya... mantab

    BalasHapus
  18. Hm..dia kah?
    BTW, selamat atas award-nya :)

    BalasHapus
  19. ini biografi tentang siapa sih mbak?
    oh iya, tag di facebook itu boleh diposting di blog :)

    BalasHapus
  20. mungkin biografinya mas jodie pa ya? ^sallah^

    BalasHapus
  21. salam bertuah,,,,

    penulis yang handal yaaa..
    mmpelajari biographi..

    selamat,,
    nice,,,

    BalasHapus
  22. ho..ho.. tulisan biografi yg mantaap, mmm... kok kayaknya aku kenal yah?? sapa yah??
    btw, makasih yaa awardnya udah dipajang.. ^^

    BalasHapus
  23. koment perdana disini,
    biografi yang bagus,,

    salam hangat dari saya

    aan
    (bocah pemalang)

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P