Diskusi N5M, Onair...???

Ahad, 30 mei 2010. Seperti yang dijadwalkan, aku dan teman-teman blogger akan melakukan konfrensi via yahoo mesenger dengan Bang Fuadi penulis Negeri 5 Menara. Aku sudah mengatur jadwalnya dengan manajer bang Fuad, mas Erwin. Nah, pas aku konfirmmasi ke bang Fuad sendiri melalui facebook, rupanya, bang Fuad ada acara sendiri dengan PPIdunia (Persatuan pelajar Indonesia di seluruh dunia) Beliau menyarakan untuk bergabung. Apalagi, aku malah jadi bingung. Sudah jam 12 malam, dah ngantuk pula. Akhirnya, tidur.


Esoknya, selepas subuh, aku membukan internet, menulis notes di facebook, dan mentagnya kepada teman-teman yang akan konfrensi. Kebetulan, aku dikasih linknya oleh Bang Fuad. Jamnya masih sama, 9 pagi. Hanya format dan tempatnya saja yang berbeda. Karena kesibukan di rumah, aku meminta izin ke warnet. Rasanya, tidak mungkin di saat yang lain sibuk, aku duduk manis di depan laptop. Jam sepuluh kurang waktu Malaysia, aku berangkat ke warnet. Tanpa sarapan, hanya segelas air milo ku minum. Sampai di warnet, alhamdulilah sudah buka. Meskipun agak lama menunggu tersambung dengan internet, akhirnya berhasil juga log in ke facebook dan membuka yahoo mesenger.

Duh, udah banyak yang nanya, gimana konsep konfrensnya. Bingung, aku sendiri aja nggak tahu. Cepet-cepet menyambangi website PPI dunia. Nanya-nanya gimana konsep konfrensnya. Di web tersebut, memang tersedia ruang chat, meskipun harus register dulu. Dan kurang nyaman kata teman-teman. Akhirnya, aku konfrens juga dengan teman-teman lainnya. Ada Ivonie di Hongkong, Ranny di menado, mellyn di Jogja, Lina di Penang, Sinta di jakarta, Eka di Semarang, Ratu di Semarang, Mbak Lidya di Bekasi. Seru! meskipun kita cuma bisa dengerin Bang Fuad ngomong di radio. Kita jadi SKSD sendiri. Setelah nanya-nanya dengan DJ, rupanya kita bisa live onair langsung, kalau ada ID SKYPE.

Duh, nanya ke teman-teman nggak ada yang punya. Kita juga dengerin tips-tips dari Bang Fuad. Tentang semangat menulisnya, juga inspirator-inspirator tokoh dalam novelnya. Kiat-kiat menulis Bang Fuad, yang pertama adalah niat, kemudian menulis sesuatu yang familiar dengan kita, maksudnya yang terdekat gitu, lanjut dengan konsistensi (nggak males2an kayak Anaz), dan yang terakhir, adalah refernsi. Cek dan ricek berbagai sumber yang akan kita tulis.

Mendengar beberapa materinya, sepertinya sama seperti yang dikupas ketika bedah buku di Universitas Antarbangsa Malaysia. Dengan slogan "Menjelajah dunia dengan pena" membuat semangatku ketika itu berkobar-kobar untuk menulis. Juga beberapa tips sukses menurut Bang Fuadi. *Impian tinggi harus berani, jangan rugi 2 kali.
*Usaha harus di atas rata-rata, seperti sprinter 100M.
*Do'a orang tua
*Berprasangka baik ke semua
*Ikhlas, kesadaran diri jauh ke dalam. Juga slogan terakhirnya, "Jangan pernah remehkan impian setinggi apapun sungguh Tuhan Maha Mendengar." dan tak lupa, Man jadda wa jadda, barang siapa yang bersungguh-sungguh, pasti akan berhasil" Tidak banyak resume yang aku dapatkan. Rupanya, dengan mendengar siaran, konfrensi dan ngobrol bareng teman sungguh memecah konsentrasi *alesan!* Kita juga dihiburkan dengan lagu. Paling demen pas lagunya Katon Bagaskara, "Negeri di Awan" heboh deh kita.

Meskipun dengan perut meililit, (semua nggak pada makan pagi yah?) ketahuan, yang anak kos, ketahuan yang anak perantau, kecuali Ranny tentunya, yang bisa dengan mudahnya menggasak masakan ibunya. :D Diskusi selama 3 jam. Diselingi dengan onair langsung dengan Bang Fuad. Lagi-lagi, ini buat yang punya ID SKYPE. Aku yang dah lama nggak buka SKYPE, gelagapan gimana cara mau login dan menggunakannya. Alhamdulilah, bisa login dan ngobrol ama DJnya. Dan, bisa juga ngomong langsung ama Bang Fuad.

Duh, untung aja nggak grogi. Setelah sebelumnya diledekin ama temen-temen suruh pake botol karena nggak ada micnya (padahal ada mic di warnet) hehehehe... Pas suruh onair, blank deh kepala, meskipun nggak grogi. Ditanya-tanya tentang KBO (Klub Buku Online) eh, malah bilang pesertanya kebanyakan TKW. Padahal, khan ada Ranny yang karyawati, Mellyn yang mahasiswa duh, teh Lidya yang ibu rumah tangga, Eka yang guru jadi merasa bersalah (piss) Nah, setelah giliran aku onair, ada juga dari malaysia yang Onair, namanya Suci, anak UIA. Tuh anak aku kenal, tapi dia gak kenal aku :D.

Giliran Suci off, eh rupanya Ivonie berusaha keras untuk membuat ID SKYPE plus menginstallnya. Maka, jadilah aku mendengar suara cemprengnya, hehehe... (lucu :P) Begitulah, rupanya kemajuan tekhnologi telah memudahkan kita untuk berhubung dengan siapa saja. Dengan mudahnya kita terhubung dengan berbagai teman di serantau dunia. Bukan hanya sabang sampai Merauke. PPI dunia, adalah wadah perkumpulan Persatuan Pelajar Indonesia di seluruh dunia. Semoga lain kali, kita dapat bekerja sama lagi. terimakasih untuk Mas Erwin, manajer Bang Fuadi, Bang Fuadi sendiri juga teman-teman lainnya. Maaf atas segala ketidaknyamanannya. Ini di luar jangakaanku :) Alhamdulilah...

52 komentar:

  1. Mas jadda wa jadda, "barang siapa yang bersungguh-sungguh, pasti akan berhasil"

    Kalau diingatkan dengan kalimat ini, semangat perjuangan menjadi lebih membara. Semangat!

    Salam ukhuwah

    BalasHapus
  2. Dengan usaha gigih akhirna terlaksana juga dapat banyak manfaat..sukses trus Naz..

    BalasHapus
  3. walau ada kendala... tp berkat kegigihan mba' ana.. semua jadi sukses..
    tetap semangat mba'... ^^

    BalasHapus
  4. Mbak Anaz emang keren abis
    gak cuma di tulisan tapi usahanya untuk menambah wawasan itu lho..

    BalasHapus
  5. Semangat terus ya mbak..termasuk nanti semangat waktu menulis Itik Bali dan Miyabi
    pasti lebih keren Itik Bali
    hahahaha

    BalasHapus
  6. Mbak, ini link postingan asal muasal "permusuhan kita" kita akhirnya perang dingin dan permusuhan berlanjut hingga kini
    waspadalah :

    Bagaikan Emut Merindukan Imut

    serta balesan "pedas" komenku atas komen mbak Anas Yang tak kalah "pedas"

    Up date Klub Buku Online

    BalasHapus
  7. hiks, sayang kemarin aku dengernya kurang jelas mbak

    BalasHapus
  8. wuih.. jadi pengen ikutan.. ngobrol sama bang fuadi nich.. pandi lihat pertama kali di TVRI, dan keduanya kick andy, ngebahas novel negri 5 menara.. luarbiasa.. novel yang sangat inspiratif..

    BalasHapus
  9. woooow konfren yang keren neh sis
    hajaaaaaaaaaaar

    BalasHapus
  10. wah sukses dan seru banget kayanya,

    itupun terlaksana dengan usaha kan, bener2 man jadda wa jadda,
    inget kalimat itu, jadi inget novelku N5M, yang gak tau sekarang lagi berada di antah berantah, entah dipinjem ama siapa, hiks...

    BalasHapus
  11. Mampir... ^^
    Mb. Fanny dah Tahu kok...

    BalasHapus
  12. Wah pengen juga nyobain diskusi on-air. Kayanya seru tuh :-)

    BalasHapus
  13. "Jangan pernah remehkan impian setinggi apapun sungguh Tuhan Maha Mendengar."

    paling ngena, dan SKIPY thu apa ya wkwkwkwkw, aku ngga paham pulak :D

    BalasHapus
  14. waah nyesel banget ni..gak ikutan...
    penyesalan tiada guna
    bagi gula tertelan tiada rasa
    tapi aku tetap bisa bersua denga buku Nergri 5 menara


    HE HE HE SEMANGAT MBAK...udah dapet baju bertuah lho he he he

    BalasHapus
  15. Salam Mbak Anaz dan teman2 semua. Terima kasih utk semangat yg luar biasa dari teman semua, semoga ngobrol kemarin bermanfaat dan membawa kebaikan buat kita. Maaf saya untuk salah pengertian ini. Kayaknya Mas Erwin salah pengertian dan menganggap acara Radio PPI dunia dan acara Mbak Anaz sama, karena sama2 online, sama2 kontak dari Malaysia, dan sama-sama hari minggu. Mohon maaf sekali lagi sampai tidak sarapan dan harus bingung bikin ID skype. Tp lumayan bisa nanya online kemarin ya.
    Yang penting man jadda wajada, Insya Allah akan selalu didengarNya.

    BalasHapus
  16. aku baru baca-baca N5M di gramedia..kayaknya bagus, tapi sayang belum ada bujet tuk beli...

    BalasHapus
  17. Ia mbak.
    Bener banget.
    Dengan adanya teknologi, banyak kemudahan yang bisa kita dapat :)

    BalasHapus
  18. Haduh..saya malah belum pernya nyoba webcam via Skype, padahal udah punya acc dari lama, hihihi...
    Sukses terus mbak ;)

    BalasHapus
  19. Hmmm....seru jg diskusinya. Membaca tulisan mbak anaz, malah serasa ikut nimbrung diskusi unik ini.

    BalasHapus
  20. waah ada tanggapan tu mbak dari mas Ahmad fuadi he he e....
    Walau tidak bisa bersua dengan bang fuadi
    Namun telah pernahlah melihat di TV
    Acara waktu yang lalu di kick andy
    Hati berdebar ingin ikutan diskusi
    Tapi apa daya waktu tidak kuasa kembali


    nyesell...

    BalasHapus
  21. waahh.. seru nih yah kayaknya, huaa... aku pengen banget baca novel itu >.<

    btw, aku punya id skype lho *ga nanyaaa* wkwkwk.. :p

    BalasHapus
  22. wow, mangstabs euy conference-nya :D

    etapi itu beneran bang fuadi ga yah yg respond, ko nda ada linknya :D *hehe*

    BalasHapus
  23. wah,seru ni kayaknya...
    tapi masih bingung juga dengan skype.haha

    BalasHapus
  24. menarik nich
    salam kenal ya
    semoga sukses
    terima kasih

    BalasHapus
  25. Hai An, sori nih...kayaknya aku kesulitan bagi waktu. Sementara aku cuti dari KBO yah..sampai kapan juga belum tahu. Terusin aja deh. kalo butuh saran, aku sih tetap bersedia membantu kok. Sekali lagi sori...

    BalasHapus
  26. moga makin sukses ya nasz, acara onair dan kbo nya..

    BalasHapus
  27. mantep yo konfrens nya..

    jangan pernah bosan tuk ngabarin aku tentang KBO,, walaupun aku sering absen :)...

    BalasHapus
  28. penulis yang sudah sehebat mbak anaz aja masih terus memperluas wawasan, salut mbak 2 thumbs up, seharusnya blogger seperti saya ini yang harus banyak belajar malah santai-santai

    BalasHapus
  29. waaaah ada bang fuad
    mantap
    jenggotan ya?

    BalasHapus
  30. met pagi naz... aku mampir lagi, semangat terus Naz... suatu saat kamu akan memetik hasil dari semua itu.... KBO dan sebagainya...

    BalasHapus
  31. ::: wah seru banget tuh...

    ::: kesempatan itu sangatn menyenangkan pasti

    ::: langka deh,,, jadi pengen ^-^

    ::: salam kenalan , baru pertama kali ^-^

    ::: mampirlahke blog ana... yang baru aja beli 5 menara juga dari bang Fuadi ^-^

    BalasHapus
  32. Wahhhh... Asyik donk bisa dapat kiat2 menulis live dari penulis keren... Semangat ya!

    BalasHapus
  33. Mampir ngintil achen... heheheh

    BalasHapus
  34. yah bisanya ngintil doang.. hehehe

    BalasHapus
  35. kalo dah sign in biasanya muncul kok

    BalasHapus
  36. hari kamis jam 6 pagi ada post berbagi kisah sejati

    BalasHapus
  37. kapan apdet :D *mayak iki nyuruh nyuruh haha

    BalasHapus
  38. Posting yg bagus, bermanfaat bgt.

    BalasHapus
  39. Perkembangan teknologi yang sangat memmbantu,,,

    ap kbr mbak anazz?

    BalasHapus
  40. Wah, mbak Ana hebat..! Salut banget dg semangatnya utk maju dan berkembang...

    BalasHapus
  41. Aku belum baca 5 menara lho mbak, jadi penasaran pengen segera baca.

    BTW, maaf ya baru sempat mampir 'coz baru sembuh nih dari sakit mata.

    BalasHapus
  42. Seharusnya....
    generasi muda kita bisa mengikuti jejak Anazkia yang memiliki kegiatan bermanfaat.

    tidak seperti yg selama ini kita lihat di tv, mereka lebih suka dg hura2 dan tawuran...

    BalasHapus
  43. sayaah cembuuuuuurruu mbak anaz ngmg ma bang fuaad hikz hikz belum install skype :D
    eh lagian waktu chat itu sayah juga blm makan,gag ada makanan dirumah,mamah lagi tak ada :D

    kapaan yah gitu lagi hihihi sayang diriku gag bisa join conference lagi hikzzz

    emang yah skrang zaman dah canggih sangaad,,dari kemaren mo install skype gag jadi..tar bisa skype ma mbaak anaazz yaah horeeeeee

    BalasHapus
  44. hebat ya
    jaman sekarang
    silaturahmi via internet bisa mendekatkan yang jauh.

    Negri 5 Menara memang jempol tuh!!!
    TOP banget maksudnya

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P