Flash, Fiksi, Animasi dan Program Animasi


Kalau kemarin nulis tentang langkah-langkah menulis flash fiction, kini saatnya kita mencari tahu dari mana asal muasal flash fiction itu sendiri. Lah kalau aku sendiri sih jujur aja, hampir setahun lalu tahu tentang flash fiction yah dari multiply hehehe... Dan ini mungkin lebih lengkapnya asal muasal flash fiction. Seperti biasa, Anaz hanya mengcopas. Kali ini hasta karyanya Mas Luqman, saya copa. Matur nuwun yah, Mas...


 
Berawal dari penasaran, apa sih maksud dari flash fiction atau fiksi singkat?

Saya cari informasinya di internet, terkagum-kagumlah saya dengan banyak informasi di dalamnya. Internet itu bikinan Tuhan, manusia yang membentuk dan mengolahnya, menghubung-hubungkan banyak informasi, sampai kejelasan tentang fiksi singkat, terpampang luas di hadapan saya. Informasi yang begitu banyak saya dapat, saya serap dan coba saya sarikan dalam tulisan ini. Yang mau protes dengan pernyataan bahwa internet itu bikinan Tuhan, silahkan... Adapun tentang fiksi singkat, ada sebuah website yang khusus membahas masalah ini, flashfictiononline.com. Di sana digamblangkan jelas-jelas definisi fiksi singkat dari sejarah sampai penerapannya.
Fiksi singkat sudah ada sejak jaman Yunani Kuno, ketika banyak kisah, cerita juga mitologi kuno dicatat dalam batu, serat kayu juga lembaran kulit binatang. Keterbatasan media rekam tulis jejak perkembangan informasi berakibat susahnya mencirikan, kapan fiksi cepat ini ada.
Wikipedia mengatakan bahwa akar sejarah fiksi singkat berasal dari kisah Aesop's Fables, kumpulan cerita yang diambil dari kisah rakyat Yunani kuno. Diperkirakan kisah ini ada antara tahun 620 - 560 SM, menceritakan tentang perbandingan antara menjadi orang kaya dan menjadi orang miskin, namun ceritanya sendiri lebih menekankan pada pendidikan moral bahwa kerendahan hati, kebaikan budi yang melandasi segalanya.
Aesop's Fables bisa dikatakan sebagai cerita populer untuk pendidikan moral bagi anak sejak jaman Yunani kuno, hingga saat ini.

Filsuf sekaligus sejarawan Yunani kuno di abad 5 SM, Herodotus pernah menyelidiki asal-muasal Aesop's Fables, ia menduga kisah ini ditulis oleh seorang budak bernama Aesop, budak yang senang berpikir dan mempelajari kehidupan, menuangkan apa-apa yang dilihatnya ke dalam bentuk tulisan.
Sayang literatur tentang kebenaran sejarah ini sulit dibuktikan, mengingat bukti otentik atas sejarah yang telah terjadi kelewat sumir dan manusia masa lalu tidak memiliki kemampuan mempustakakan tulisan-tulisan hebat hingga berabad-abad. Tulisan-tulisan yang ada tersebar di berbagai penjuru, hingga untuk mengumpulkannya menjadi pekerjaan riset tersendiri, wajar bila sejarawan sekarang kesulitan mengumpulkannya.
Bisa disimpulkan bahwa fiksi singkat dipopulerkan ketika orang kelewat malas membaca tulisan banyak-banyak, yang dibutuhkan adalah intisari singkat apa yang dimaksud dari tulisan tersebut.
Adapun karena bentuknya fiksi, fiksi singkat
masuk dalam kategori cerita rekaan, bukan kisah nyata, bukan pula cerita yang pernah terjadi. Bila terinspirasi dari kisah nyata tak apa dan ini hal yang wajar dalam setiap penulisan fiksi, hanya saja tokoh-tokohnya memang fiktif. Fiksi singkat banyak dipopulerkan oleh penulis-penulis hebat macam Ernest Hemingway, H.P. Lovecraft, Anton Chekhov, Franz Kafka, dan banyak lagi lainnya.
Timbul pertanyaan, apa bedanya fiksi singkat dengan cerpen?
Melihat penjabaran yang dipampangkan internet saya menyimpulkannya; sama saja!
Membedakannya secara sederhana hanya dari asal kata bahasanya. Flash fiction berasal dari bahasa Inggris sedangkan cerpen alias cerita pendek berasal dari bahasa Indonesia. Pengklasifikasiannya juga mudah dan sederhana; adanya pemaparan tokoh-tokoh fiksi dan alur cerita yang runut dan runtun, secara efektif dan efisien.
Kebiasaan memanjang-manjangkan alur cerita dalam sebuah novel, dipapas habis dalam fiksi singkat. Jumlah kata yang dipakai pun beragam, bisa 50 kata, bisa pula sepanjang-panjangnya 2000 kata, tergantung efisiensi cerita yang disampaikan penulisnya.
Saat saya jadi wartawan di media cetak (dulu banget), dalam ingatan saya redaktur media cetak biasanya akan memposisikan diri sebagai penjaga kata, ia akan mengingatkan para jurnalis untuk menulis seefisien mungkin. Dalam satu rubrik, redaktur mentargetkan sebuah tulisan harus diisi dengan banyaknya karakter tertentu
(bukan kata). Misalnya 4000 karakter, atau 9000 karakter.
Paling gampangnya begini, 1 halaman surat kabar macam Kompas, bila penuh tulisan penuh bisa mencapai 16.000 sampai 20.000 karakter, jadi sekitar 3000 sampai 6000 kata.
Permasalahannya, berapa banyak karakter yang dibutuhkan untuk menulis fiksi singkat?
Ini yang membingungkan, tak ada aturan baku dalam kaedah penulisannya. Hanya saja, fiksi singkat akan jadi sangat baik apabila dalam pemilihan kata dan susunan bahasa menggunakan pola-pola yang efisien. Tulisan itu bisa dilihat dari cara mengenalkan tokoh dan sifatnya, merunutkan tokoh tersebut dalam alur cerita, pun merunutkannya dalam permasalahan-permasalahan di inti cerita.
Layaknya menulis cerpen yang efektif dan efisien, menghindari pola yang berbelit-belit, jauh dari menyek-menyek, pun jelas menjabarkannya. Akhirnya bisa disimpulkan bahwa fiksi singkat di sini adalah kemampuan penulis menuangkan cerita fiksi dengan perangkat kata dan kaedah berbahasa yang baik.
Gardner Fox ketika menulis fiksi singkat dalam kumpulan-kumpulan cerita fiksi dan fantasi, sejatinya ia kesulitan menggambarkan tokoh Barry Allen sebagai superhero yang bisa bergerak sangat cepat dalam tulisan fiksinya. Dalam pencarian, Fox butuh orang yang jago memvisualisasikan cerita-cerita fiksi singkatnya ke dalam bentuk komik. Saat ia bertemu Harry Lampert, mereka berdua saling berkolaborasi, jadilah komik "The Flash" yang diluncurkan ke publik untuk pertama kalinya tanggal 1 Januari 1940, diterbitkan oleh penerbit DC Comic.
Bisa jadi bukan hanya The Flash yang bisa dikategorikan fiksi singkat, "Flash Gordon" yang ditulis dan digambar sendiri oleh Alex Raymond bisa jadi tergolong dalam fiksi singkat, hanya saja memang wujudnya adalah komik. Namun kata "Flash" akan jadi lebih bias pada program komputer untuk keperluan animasi, dibikin pertama kali oleh Macromedia tahun 1999, kemudian perusahaan ini diakuisisi oleh Adobe tahun 2005 dan dikembangkan hingga lebih canggih. Program Flash dikhususkan untuk animasi singkat yang mudah dan tak berat dari segi pengolahan datanya, bahkan penggunaan Adobe Flash ini bisa untuk keperluan film animasi.
Dari fiksi, superhero sampai program animasi, kata "flash" adalah kata yang teramat luas dan sangat bias maknanya hingga bisa sangat nggak jelas. Arti dari kata "flash" bisa dikondisikan pada orientasi arti yang cepat dan singkat.
Sumber Gambar: 01. Rekaan tampang Aesop dengan pakaian Jerman abad ke-15, visualisasi oleh Hartmann Schedel (answers.com) 02. Aesop's Fables, ditulis dengan gaya berbeda oleh D. L. Ashliman dan ilustrator Arthur Rackham (bookmarked.com.au) 04. Adobe Flash CS5 computer program, courtesy of Adobe

14 komentar:

  1. Flash adalah bergerak cepat, mempunyai pergerakan yang tersusun rapi tanpa menghilangkan kaedah dan makna.

    BalasHapus
  2. saya mau protes! :p ghehehe...

    jadinya sama dengan sejarah cerpen ya? info menarik.
    saya baca postingan sebelumnya dulu deh.

    BalasHapus
  3. Flash Fiksi, istilah saya ya fiksi kilat. Nice share.

    BalasHapus
  4. Flash fiksi? mungkin: fiksi yg disusun seefekti n seefisien mgkin tnpa mghlangkn unsur2 substantifnya...

    BalasHapus
  5. Baru denger istilah Flash Fiction saya. Thanks telah berbagi.

    BalasHapus
  6. Hmmmm.... trims ya... tambah pengetahuan jadinya... keep smile ^_^

    BalasHapus
  7. chika dah sering coba buat
    tapi kok rasanya gx nyambung2 yah >.<

    BalasHapus
  8. hehe.. aku malahan baru denger istilah 'flash fiction' hihi.. dan sampe sekarang gak mudeng maknanya.. @_@ yg penting nulis ya nulis aja deeh,,, yeeeaah.... *alternatif mode: on*

    BalasHapus
  9. lagi heboh ff emang mbak cm kurang puas kdg bacanya :D

    BalasHapus
  10. Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku : http://www.yohanwibisono.com, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

    BalasHapus
  11. Mudah2an juga suatu saat akan ada lomba penulisan FLASH NON FICTION yang akan digelar di blog Anazkia.

    Terima kasih infonya... (ngomong2 kok sekarang Anazkia malah yang jarang OL di YM,)

    BalasHapus
  12. banyak tuh blogger yang posting flash fiksi karya mereka.
    aku sih gak jago menyusun kata

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P