Tips Mengelola Banyak Blog

Tips mengelola banyak blog yang saya tulis ini, tentu saja berbeda dengan tips mengelola banyak blog untuk para blogger matre. Ini hanya tips mengelola banyak blog untuk blog personal seperti saya. Yah, semenjak memiliki blog di anazkia.blogspot.com yang sekarang berubah menjadi anazkia.com saya kerap membuat acount di berbagai tempat. Baik di blogspot sendiri, wordpress, multiply, kompasiana, dumalana, dagdigdug *lupa passwodnya* juga blogdetik.


Anazkia.com, tentu saja menjadi prioritas, karena ini blog pertama saya. Meskipun saya wara-wiri kesana-kemari, tetep saja saya akan kembali ke blog ini. Meskipun kadang postingnya acak-acakan. Atau nggak, sebulan cuma ada 3 postingan. Hiks... Biasanya, kalau blog saya sunyi dari postingan, saya sedang ngerem di salah satu rumah lainnya. Entah di multiply atau di kompasiana. Terkadang, saya mood-mood an juga kalau mau posting. Nggak hanya di blogspot, tapi hampir di semua blog saya. Bahkan, kadang saya males nulis di semua blog.

Tips untuk mengelola blog

1. Membedakan Postingan 

Karena blog saya lebih dari satu, sebisa mungkin saya membedakan postingan antara blog yang satu dengan blog lainnya. Kalaupun misalnya terpaksa harus posting tulisan sama, saya akan memberikan jeda bukan dalam waktu yang bersamaan. Tapi kembali kepada individu masing-masing, kadang ada juga pemilik yang memiliki banyak blog akan  memposting tulisan yang sama dalam waktu bersamaan.

2. Menjalin Pertemanan

Sebagai blog personal, tentunya ini harus dipertahankan. Tidak hanya membuat blog di berbagai tempat, tapi juga harus mampu menjalin dan bersilaturrahim di banyak tempat. Di mana kita membuat acount blog. Tidak menjadi blogger yang egois, mengharap orang berkunjung dan datng ke blog kita, tapi kitanya sendiri nggak pernah ke mana-mana. 

3. Tidak Menjajakan Link

Ada sebagian teman, di mana saya membuat acount blog sering sekali menitikan link tulisannya di lapak saya. Sebel? Iyah. Kok kesannya saya kudu membaca tulisannya. Nggak hanya menitipkan lapak di blog kita, tapi juga ke jejaring sosial yang ada. Byuhhhh.. Enggak banget deh. Jadi inget kata temen saya, nulisnya mental pedagang asongan, dengan menitipkan link di berbagai tempat. Nulis di blog, baik blog pribadi maupun blog kroyokan kalau niat kita mencari teman, berbagi informasi dan menambah pengetahuan Insya Allah kita akan dapat dengan sendirinya, tanpa dipaksa-paksa.

4. Konsistensi

Dan ini adalah yang sulit sekali saya pertahankan :D. Kadang, saya dilanda jenuh yang sangat tak hanya di satu blog, tapi juga hampir di semua blog yang saya miliki. Kalau sudah males banget, biasanya saya memompa semangat diri dengan melakukan blogwalking dan membuka tulisan-tulisan lama serta membaca komentar-komentarnya. 

5. Cari Sendiri

Halagh, ini orang niat nggak sih nulis? :D barusan googling dengan kata kunci yang sama. Saya menemukan artikel yang bagus di sini silakan klik aja yah. Semoga bermanfaat. dan mohon maaf jikalau ada salah-salah kalimat pada tulisan ini. 

23 komentar:

  1. sangat bermanfaat,,,wah kaya kompasiana wae....

    BalasHapus
  2. Aq punya 2. Bp ama wp msh blong hehe
    Blm bs bg waktu hikz

    BalasHapus
  3. terimaksih tipsnya yaa kaka
    aku kan masih nubie di blog

    BalasHapus
  4. yang no 3. minta disantet...
    mbak..aku ga nitip link
    aku nitip uang. Boleh?
    hehe

    BalasHapus
  5. wha ha ha ha ha ha kena banget tuh saya ^_*
    Yaaa namanya juga usah..demi rupiah tebar pesona.. eh link.

    BalasHapus
  6. Salam kenal... simpel tp mengena.
    jadi ngga jadi dech mau nitip link :(

    Salam kenal aja...

    BalasHapus
  7. tiap kali ada posting baru, maka otomatis akan muncul di akun twitterku.. itu termasuk menjajakan link? :(
    oiya,aku jg sering promosi posting di fb dan koprol,itu termasuk menjajakan link bukan?

    BalasHapus
  8. wah ini kaitannya dengan status di Google plus kemarin lah yaw.. betul kata sampean, intine nulis saja dengan ikhlas. buat nyari teman atau dulur.. saya yakin akan datang deh pengunjung

    BalasHapus
  9. sepertinya ada yg salah tangkap. hahaha :D
    maksudnya.. tiap aku posting,di twitterku kan muncul twit secara otomatis dan itu nitip lapak di follower kan? itu termasuk menjajakan link atau bukan?

    terima kasih atas kunjungan dan penjelasannya,sudah bisa sedikit dimengerti.

    BalasHapus
  10. saya akhirnya memutuskan mengelola satu blog dan memosting minimal 1 post perhari dan maksimal 2 post perhari agar lebih fokus..

    tapi pernah juga sih memiliki 3blog dengan tema yang berbeda, keteteran sih karena saya sukanya punya satu blog aja :)

    BalasHapus
  11. . terimakasih kak atas tips nya .
    . tips nya bagus"

    BalasHapus
  12. Dear....

    Walopun ini tulisan no 2 daam urutan blog ini... maksunya kan ada tulisan yang terbaru... buut gw pengen komen di sini dlu.... eeehhmmm over all gw sepedendaat kok mbak.... and then ,.. setiap orang akan memiliki perspektif sendiri2... itulah warna dari rahmatan lil alamin..... tipsnya juga sangat membantu..... dan gw sangat suka dengan istilahnya mbaak "Blog Matre"....... jaang gw dengar term itu....

    regards,
    ... Ayah Zahia ...

    BalasHapus
  13. ehm...jadi malu soalnya khan q blogger baru jdi sebenernya tujuanq juga nitip link.. hi hi hi maluuuuunya aq.

    BalasHapus
  14. dan harus punya banyak ide juga :)
    salam kenal..

    BalasHapus
  15. tipsnya berguna banget nih klo kita punya banyak blog, tp sayang saya cuma punya 2 - 3 blog aja, salam

    BalasHapus
  16. Setiap pilihan pasti diikuti dengan konsekuensi, seperti halnya dengan pilihan punya banyak blog. Dan semua kembali pada diri masing-masing, soal matre atau kere mungkin itu kembali pada pemahaman masing-masing :D

    Nuwun

    BalasHapus
  17. Saya cukup dua blog aja, satu blog gado-gado, satunya photoblog. :)
    Eh ada satu denk, blog aggregator saya. :D

    BalasHapus
  18. Kalo tips agar SEO-support berarti setiap bikin judul journal ya musti support dicari gini yakk...
    #ngikik

    mau ngasong juga ahh, sapa tahu laris-manisss. nitip link dong Naaaa, ceklik yakkk.... http://dumalana.com/2011/08/25/tak-ada-yang-salah-pada-masalah/

    BalasHapus
  19. ok deh,, saya gak egois,, saya jalan2 ne :D

    BalasHapus
  20. Punya blog banyak, kadang bikin bingung, Mbak ANaz. Syukran sharingnnya.

    BalasHapus
  21. Waaah TFS mbak...
    Kayaknya yang paling susah masalah konsistensi hihihi...

    BalasHapus
  22. Ulasan yang disampaikan mbak Anazkia sangat bermanfaat untuk saya
    terima kasih banyak ya mbak..

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P