Diposting oleh Anazkia | 22 komentar

[Berkat Ngeblog] Saya Mempunyai Tulisan dan Teman

Awal mula ngeblog, saya nggak pernah kepikiran kalau bakalan banyak mendapatkan teman dan kenalan. Dulu, dulu banget ketika pertama kali dibuatkan blog oleh teman saya, saya hanya mikir  blog hanya sebagai sarana untuk ajang corat-coret kata di dunia maya. Tak lebih... Yah, inget pertama kali ngeblog, saya dibuatkan oleh seorang sahabat. Belajar secara online, diajari satu-satu melalui yahoo messenger.


Meski blog ini dibuat sejak tahun 2007, tapi saya mengenali dunia blogwalking pada tahun 2009. tanpa disengaja, ketika saya sedang searching dunia TKW melalui google, saya menemukan sebuah blog yang berada di Timur Tengah. Saya lupa nama blognya. Tapi, sampai saat ini saya tak boleh lupa, tentang apa yang dimuat di blog tersebut. Sebuah postingan yang mereview seorang sosok TKW, bernama Rie-rie. TKW tersebut berasal dari Hongkong. Dalam review tersebut, diceritakan bahwa sang TKW memiliki blog dengan URL babungeblog. Dalam hati saya berujar, betapa senangnya ketika blog kita direview oleh orang lain.

Dari situ, tanpa disengaja saya berkunjung ke blognya Mbak Rie-rie. Dan tanpa direncana, Mbak Rie-rie pun singgah ke blog saya. Interaksi berlanjut melalui yahoo messenger. Sejak mengenali Mbak Rie-rie, sejak saat itu juga saya mengenali blogwalking, berkunjung dari satu blog ke blog lainnya. Membaca tulisan teman juga memberikan komentar. Lambat laun, blog saya ada yang membaca, blog saya ada yang memfollow dan tanpa diminta, beberapa teman blog yang mengenali saya mereviewe saya. Ah, senangnya...

Akhirnya ngeblog menjadi rutinitas harian saya. Tak hanya posting untuk blog pribadi, lama kelamaan saya mulai berani mengikuti lomba menulis di blog. Lomba menulis yang pertama kali saya ikuti. "Ketika Blogger Bicara Korupsi" yang diadakan oleh ceritainspirasi yang dimiliki oleh Mas Jhoddy. Alhamdulilah saya bersama dengan 20 teman-teman blogger lainnya lolos sebagai pemenang. Itulah kali pertama saya mendapatkan uang dari tulisan saya :) 

Saya nggak tahu kabar buku ini selanjutnya gimana :)

Alhamdulilah, tak hanya sekali dua kali saya mengikuti lomba, meskipun nggak menang semua, bahkan lebih banyak kalahnya tapi sekurang-kurangnya saya telah menang melawan kemalasan saya mengikuti lomba. Mendapatkan buku, lolos untuk antologi itulah beberapa hikmah dari ngeblog yang saya dapatkan. Dan yang pastinya, saya semakin banyak mendapatkan kenalan. 

Pernah, suatu hari FB saya diadd oleh puluhan orang. Bahkan mencapai ratusan dalam beberapa hari. Karena bingung, saya mendiamkan saja. Ketika dilanda kebingungan, ada salah seorang teman yang memberikan prolog ketika mengadd saya. Katanya, membaca tulisan saya di sebuah majalah yang terbit di Hongkong. Wah, asli saya kaget. Setahu saya, saya nggak pernah mengirimkan tulisan ke media manapun. Setelah saya bertanya kepada beberapa teman, tahulah saya bahwa blog saya telah direview di sebuah majalah Indonesia yang terbit di Hongkong. Asli, seneng banget waktu itu. Saya jadi teringat sosok Mbak Rie-rie, karena beliaulah yang merekomendasi.

Pernah dimuat di majalah peduli yang terbit di Hongkong :)

Beberapa kali facebook saya diadd oleh orang yang tak saya kenali dan beberapa pula menyebutkan kalau mereka telah membaca tulisan saya. Ada yang tahu dari hasil serach google, ada juga yang membaca tulisan saya di harian Tribun Pekanbaru. Nah lho, kok bisa tulisan saya nyangkut di sana? Ini juga sebuah keistimewaan dari ngeblog. Saya yang berada di Malaysia, masuk dan diakui dalam komunitas temen-temen blogger bertuah. Awalnya karena saya sekali telah berkunjung ke sana jadi, ada kesempatan untuk menulis di harian Tribun Pekanbaru.

Ada kenangan yang tak lekang dalam ingatan, ketika saya menulis sebuah surat untuk Pak Marzuki Ali ketua DPR, di sebuah blog. Tanpa dinyana, tulisan saya dibacanya dan tanpa diduga pula, tulisan saya dikomentari langsung oleh beliau. Bangga? Bisa dibilang demikian. Karena sebagai seorang TKW, jujur saya kadang sering dibuat gerah dengan omongan-omongan beberapa politisi kita mengenai dunia tenaga kerja. Meskipun adakalanya beberapa kalimat tersebut hasil dari plintiran media. Dan blog, mampu menjadi penghubung antara saya dan beberapa orang yang ingin saya tuju.


Dari tulisan tersebut, kemudian diedit dan ditulis kembali pada media online, kompas.com

Masih banyak hikmah yang saya dapat dari ngeblog. Koleksi buku saya bertambah, temanpun bertambah. Yang lebih istimewa ketika dua kali blog saya mendapatkan sponsor untuk mengadakan lomba. Yah, dua kali blog saya mengadakan lomba dan sponsor utama adalah seorang blogger dari negara tetangga, Malaysia. Lomba pertama dengan mengambil tema "Blogger Berbagi Kisah Sejati" dan untuk mengabadikan serta sebagai kenang-kenangan setelah lomba tersebut selesai tulisan saya bukukan. Bukan untuk tujuan komersil, tapi sebagai pengingat dan penyemangat ketika saya sedang dilanda penyakit malas ngeblog. Lomba yang kedua juga masih dengan sponsor yang sama, saya mengambil tema, "Blogger Nggak Cuma Ngeblog" Yah, seorang blogger ketika ngeblog, nggak hanya menghabiskan waktu dengan sia-sia, tapi ada banyak yang didapat setelahnya.

Buku pertama, di mana saya sebagai PJnya :)

Selain dari semua yang saya dapatkan di atas, alhamdulilah saya ucapkan ketika saya dan beberapa teman-teman blogger menyusun sebuah buku antologi tentang cerita teman-teman yang menjadi relawan ketika erupsi Merapi 2010. Awalnya hanya saya publish di multiply, dan meminta beberapa teman yang saya kenal dan sama-sama ke Jogja untuk menuliskan kisah yang serupa. Tapi tak semuanya berkenan dan mau menuliskan kisahnya. Akhirnya, dengan aktivitas blogwalking, saya menemukan beberapa tulisan yang serupa dari orang yang tak sama. Bercerita mengenai keterlibatannya saat terjadi erupsi Merapi. Dan tersusunlah sebuah buku, "Relawan Merapi" Berbagi Jejak Kebersamaan Untuk Anak Negeri. Di mana royalti yang kami dapat sepenuhnya adalah untuk charity.

Buku kedua dan cetakan kedua. Royalti sepenuhnya dari penjualan buku ini adalah untuk charity. Eh, saya belum publish detailnya di sini :) Insya Allah menyusul...

Masih berpikir neblog membuang waktu? Saya tidak :) Alhamdulilah, banyak yang saya dapat dari ngeblog, tak hanya kaya akan teman, tapi saya juga mempunyai tulisan :)

Selamat hari Blogger Indonesia.


Ditulis untuk mengikuti lomba #Berkat Ngeblog di sini







22 komentar:

  1. belonnn... masih beberapa paragraf kale :D

    BalasHapus
  2. tampilan blog anda sederhana,tp isinya memiliki bobot... good job buat anda :)

    BalasHapus
  3. blogger gaul penggemare ririe srinthil ta..?
    sayange srinthil wes pensiun...

    BalasHapus
  4. ahhh, nge-add pesbuk mbak anaz ahh :D

    BalasHapus
  5. Subhanallah..Kereeeeeen mBak Anazkia.....Pengalaman yang luar biasa..Janji deh nggak pake coet dan ulekan... :D

    Saya juga ingin belajar lebih banyak dunia ngeblog. untuk meningkatkan kapasitas menulis saya...

    Alhamdulilah dikenalkan sama Mbak berkat Bang Zy..
    Banyak banget rekomendasi Bang Zy dan saya ikutin memang layak direkomdasikan. :D

    Izinkan saya juga review blog mbak ya..hihihiii..

    Sukses mbak ya, teriring doa...

    BalasHapus
  6. Meski mbak Anaz di Malaysia saat ini, namun apa yg telah mbak lakukan di Indonesia dg status mbak sebagai Blogger memang luar biasa.
    Aku terus terang salut sekali dg segala yg telah mbak Anaz lakukan selama ini :)

    BalasHapus
  7. Wow keren, sayang sekali aq terlambat datang mbak. Tp lbh baik terlambat drpd tidak hikz

    BalasHapus
  8. adakalanya cukuplah menjadi point penting dri perjalanan ngeblog mbak anaz utk menginspirasi para blogger muda agar bsa terus memelihara semangat dlm karyanya. terimakasih mbak...

    BalasHapus
  9. Sebuah perjalanan yang panjang dan menjadi inspirasi buat saya Kak,,

    hehehe saya salah kira Kak, kalau hari Blogger itu kemaren tanggal 27 Oktober

    BalasHapus
  10. selamat hari blogger Nasional, meskipun telat...banyak sekali ya pengalaman menulis mbak yang menginspirasi...alhamdulillah bisa mampir di sini, supaya ketularan semangat ngeblognya ^^

    BalasHapus
  11. mbak, aku mau dong beli buku blogger berbagi kisah sejati, dimana ya?

    BalasHapus
  12. bukankah sudah berkali-kali saya bilang, jika Anazkia itu HEBAT..!

    BalasHapus
  13. Bagus, ini baru namanya narablog yang berkarya. :D

    BalasHapus
  14. hmmmm.... wah, aku #berkatngeblog cenderung ke arah spiritual, gak ada foto auranya, hehehe...

    BalasHapus
  15. hebat nichh mbak,ngeblog gitu sama gak sama posting,kalo saya sich suka posting,sayang saya gak punya blog.

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P