Cengengesan Family

Kemarin, ketika saya menulis "Namanya OOT" saya sedikit menyinggung tentang keadaan komapsiana yang dapat untuk ber OOT ria. Dari beberapa teman yang komentar, kebanyakan tidak menyangka kalau di kompasiana bisa menjadi ajang OOT. Tapi, ini untuk orang-orang yang dah kenal aja, sih :D. Dulu waktu saya masih jarang-jarang ke kompasiana juga nggak berani OOT, segan euiiii... Apalagi kalau tulisan yang serius hehehe... Nah, kali ini saya ingin mengenalkan sedikit tentang kegemblungan di kompasiana. Meskipun gemblung, tidak sekedar gemblung, soale gemblungnya kreatif :D


Jangan bingung membacanya, kalau bingung silakan tinggalkan saja tulisan ini. Ceritanya, ini adalah sebuah dinasti keluarga yang terkumpul dalam Cengengesan Family. Meskipun kelihatan gemblung dan sedeng, tapi kami tetep waras, buktinya masih kreatif. Bahkan super kreatif. Soale beliau-beliau para tetua Pak Dosen, Pak Dokter dan beberapa punggawanya memiliki rencana-rencana yang briliant. Menerbitkan buku setiap bulannya dengan tema yang sudah ditentukan, membuat kaos, juga pin. Jadi, silakan simak asal muasal Cengengesan Family, yaks? :D


1315344462706388054
Ditulis oleh : Chacha - Editor : Deasy - Gambar : Valentino
Setiap satu tahun sekali keluarga besar “Cengengesan” mengadakan reuni. Ya sillaturahmi lah, kalau ga begitu mana bisa bertemu soalnya keluarga besar kami sudah terpencar dari Sabang sampai Merauke, malah ada yang stay nya di Korea dan di Dhoha. Apalagi ditengah kesibukan masing-masing yang padat merayap.

Di dalam reuni di jelaskan silsilah kepada kami. Menurut saya kompleks sekali, susahh banget. Intinya sepenangkapan saya, keluarga ini menjadi besar karena ‘petualangan’. Secara rumit, silsilahnya adalah sebagai berikut.

Di mulai dari generasi pertama Eyang Kakung Ahmad Jayakardi yang menikahi 3 istri sekaligus, meski yang satu tidak resmi dan lebih terkesan sebagai simpanan. Tapi dibilang simpanan juga bukan sih, lha wong tiap taun diajak reunian juga kok. Bukannya kl simpanan itu disembunyikan. Iya to?? Istri sah Yangkung Ahmad adalah Eyang Putri Niken danEyang Putri Edi. Sedangkan istri tidak sah beliau adalah Oma Yayat.13153446141415898042
Bersama Eyang Niken dan Eyang EdiEyang kakung Ahmad menunjukkan kejantanannya yang ruarr biasa. Menghasilkan putri2 cantik. Tante DinaTante Yunita, dan mama tiri saya yang bawel sekali, Mama Fitri. Sayangnya bersama Oma Yayat, beliau tidak memiliki putera atau puteri. Selidik punya selidik ternyata karena di masa mudanyaOma Yayat sering meninggalkan Yangkung Ahmad untuk urusan pekerjaan. Oma Yayatsibuk di dunia balap dan merangkap saudagar gilingan internasional. Ya, oma saya yang satu ini memang hebat, saya salut dengannya. Setelah pensiun dari dunia balap, beliau terjun di dunia penulisan, tapi ya itu tema penulisannya tetap tak jauh2 dari balap. Mengingat beliau menginginkan laporannya selalu aktual, jadi mau ga mau harus rela berkelana dari sirkuit ke sirkuit meninggalkan Yangkung Ahmad.

Eyang Putri Edi tidak tinggal diam sebenarnya saat dipoligami Eyang Kakung Ahmad. Beliau juga berpikiran maju, menjunjung tinggi ‘emansipasi wanita’ meski ujung2nya salah kaprah. Beliau menikah lagi dengan Eyang Kakung kandung saya, Yangkung Joko MartonoYangkung JM saya memanggilnya. Bersana Yangkung JM, eyang putri melahirkan seorang putri cantik, Mommy Deasy. Karena Mommy dan eyang putri saya cantik, makanya saya juga jadi cantik..hihih *pe de*

Waktu SMA mommy Deasy dinikahi seorang Pria beristri 2. Daddy saya . Mereka bertemu saat Mommy saya sedang beratraksi jadi Cheer Leaders gitu. Mommy enerjik banget, kata eyang sih petakilan malah. Saya ga tau apa kelebihannya Daddy sampai bisa menarik 3 perempuan sekaligus. Ya bisa dibilang Daddy saya tukang kawin juga sama seperti Eyang2 saya.

Jadi istri pertama Daddy itu Tente Christ, bersama Tante Christ beliau tidak punya keturunan, tapi sebelumya Tante Chris punya puteri, namanya Kak LangitKak langit ini cantik makanya Daddy juga suka pecicilan gitu kalo ada dia *tepok jidat*. Beberapa kali Tante Chris marah luar biasa karena kelakuan Daddy yang keterlaluan. Suka godain Kak Langit di depan beliau.

Istri kedua Daddy adalah Tante Fitri, bawel sekali. Tante Fitri seibu dengan Mommy saya. Tapi beda ayah. Bersama Tante Fitri , Daddy punya 2 putera, Kak Ronni yang saya sering ga habis pikir rambutnya niru siapa. Kalau Daddy ditanya serius pasti jawabnya karena hasil tabrakan sama Tante Fitri di bawah pohon beringin pas lagi makan rujak Brokoli. Jadi rambut kak Ronni ngembang kek brokoli gitu. Saya mau mengatakan gimbal kok ga tega. Untung meski begitu, Kak Hawa, kakak ipar saya mau di peristri beliau. Hasilnya ponakan saya yang paling badung, Uli.

Yang kedua Kak Fandi. Saya rukun dengan Kak Fandi meski kami saudara tiri. Dia baik, suka ngajarin saya menulis. Kakak saya yang ini punya perpaduan intelektualitas yang baik dari Mama Fitri dan Daddy.

Nah bersama Mommy saya, Daddy punya anak saya. Saya sering dimarahin sama Daddy dan Mommy karena sering hilang gara2 nyasar. Mereka bilang saya lola. Tapi lama2 mereka sadar. Mungkin akibat dulu bikinnya terburu2. Daddy dan Mommy bilang waktu bikin saya itu di lift sambil keburu2 takut ketauan orang. Jadilah daya ingat saya fluktuatif kayak lift, naik turun, naik turun.

Eh saya lupa kalo Eyang Kakung JM juga punya istri lain. Namanya Eyang DianEyang JM dan Eyang Dian punya satu putri, namanya Tante Anaz , yang sekarang sedang merantau ke negeri Jiran. Tante saya ini agak aneh orangnya, suka nuntun gorilla dan banting2 panci.

Tante saya, tante Dina nikah dengan Paman Armand. Sekarang tinggalnya di Makasar. Beberapa tahun lalu Paman Armand menikah lagi dengan Tante Nda yang orang Blitar. Mereka bertemu saat Paman Armand ziarah ke makam Bung Karno katanya. Mereke berdua punya putri namanya kak Mira, sepupu saya ini menikah dengan Bang Nas dan sekarang menetap di Dhoha, Qatar sana, makanya kita sering dikirimi kurma.

Paman Armand dan Tante Dina punya putri yang stay di Korea, namanya Kak Restu.Kak Restu menikah dengan orang Semarang asli yang senasib kayak saya. Kak Alex, suka nyasar2 juga. Pernah ya beliau itu salah masuk pesawat, salah masuk ruang karaoke, terus pernah nyasar ke tempat spa cewek sampai di tampar gt. Dikira mau ngintip, padahal memang aslinya beliau itu kesasar. Dan mereka punya satu putri. Ponakan saya, Cucu Caswati namanya. Duhhh, ni anak sama bandelnya kek ponakan saya Uli. Ga ada sopan2 nya sama tantenya.

Nah beginilah cerita silsilah keluarga kami. Tau ga, ini saya di ceritani Eyang JM sampai diulang 13 kali, soalnya katanya saya bandel, ga ngerti2 juga di jelasin.

Kalau Eyang Ahmad ga bisa diandalkan buat cerita silsilah. Beliau mulai di hinggapi virus lupa. Jaman muda beliau katanya sudah tukang lupa, apalagi sekarang masa sepuhnya, parah sekali. Dulu pas beliau muda, pernah lupa ninggalin Eyang Putri Niken di tengah pasar, terus pas punya HP malah hp nya suka ditinggal. Kemana 2 malah bawa remote TV gitu. Kasian beliau,

Ya itulah sejarah keluarga besar kami. Kami berharap ada hikmahnya, meski banyak dan terpencar kami tetap solid.

Salah satu desain kaos... blog pribadi kami, blog cengengesan.com


8 komentar:

  1. wah..wah...ribet bacanya hehehe
    bingung tapi mengasyikkan..kayaknya punya family di kehidupan maya kayak gini seru juga ya Mbak :)
    terbitin buku tiap bulan??
    hebat!!! kreatif pisan..:)

    BalasHapus
  2. Mungkin kalo jadi anggota keluarga cengengesan family bisa mengerti sislsilah keluarga ini,
    tapi saya tetap mendoakan supaya tetap jadi keluarga yang SAMARATA (Sakinah Mawadah Warahmah lillahit'ala)

    BalasHapus
  3. Ckckckck keluarga opo iki? Haha melu cengengesan mbacanya

    BalasHapus
  4. waduh ga kenal keluarga maya yg panjang, hebat

    BalasHapus
  5. Mbak Anaz ternyata eksis dimana-mana... salut deh! Malah sudah jadi anggota Cengengesan Family segala...
    Rasanya aku perlu belajar banyak dr mbak Anaz dalam bersosialisasi di dunia maya nih.. hehehe

    BalasHapus
  6. APa kabar ......
    ikut ber"cengengesan" ya,,,,,,

    BalasHapus
  7. Wuih sampe ada silsilah segala... Luar biasa... :)

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P