Kerang-Kerang

Dulu, sewaktu saya kecil suka main kijingan. Entah apa nama bahasa Indonesianya...? itu lho yang kerang-kerang dikumpulkan beberapa bagian, biasanya lima biji terus mainnya sama bola yang dipantulkan. Kalau punya kulit kerang banyak, itu sebuah kebangaan. Apalagi, kalau kulit kerangnya besar itu jadi prestige tersendiri. Saya sempat mengoleksi kulit kerang, dari berbagai jenis. Kalau ada temen yang baru datang dari kota saya sering memburunya. Karena terkadang mereka membawa kulit kerang dengan jumlah yang banyak. Untuk memilikinya, saya harus membeli dan seringkali saya justru menggunakan uang jajan untuk membeli cengkerang kerang tersebut. Eh, namanya kulit kerang apa cengkerang, sih? Sotoy banget saya.

Nah, sekarang kalau saya masak kerang kok, yah, jadi ingat masa lalu saya sewaktu kecil-kecil dulu yang suka ngumpulin kulit kerang. Pas mau membuang kulitnya kayake sayannnngggg... banget. Tapi dengan berat hati, mau nggak mau saya, yah kudu membuangnya. Kadang pas mau masak suka iseng, saya potretin tuh kerang-kerangnya ;)

Iseng ngutak-atik sebelum dimasak, kalau gak diusik dia akan membuka, tapi kalau nyoba diusik dikit aja langsung nutup lagi


 Kok sama kayak yang di bawah, yah?



Saya berangan, andaikan kerang-kerang ini saya jumpai ketika saya kecil, mungkin saya menjadi anak kecil yang begitu gembira, karena begitu banyak memiliki cengkerang *eh cengkerang lagi :D. Tinggal di kampung yang jauh dengan laut, menjadikan saya anak kecil yang jarang sekali bertemu dengan kerang yang masih hidup. Beranjak dewasa, barulah saya bertemu dengan cengkerang-cengkerang ini...

19 komentar:

  1. Kijingan? Haha aku taunya kijing itu nisan.
    Kayak bekel gitu ya mbak?

    BalasHapus
  2. Mbak Una, bener namanya bekel... huahahaha....

    BalasHapus
  3. saya juga suka banget dengan kerang ini..pas kecil, main bekel dengan kulitnya trus dimasak
    biasanya cuma direbus trus dicocol dengan sambel kecap,...tapi ati2 lho mbak..jangan kebanyakan, bisa bikin asam urat :)

    BalasHapus
  4. wah boleh tuh mbak..

    Saidi Alhady
    Jl. Cendrawasih 5 Blok B13 No 5
    Jurangmangu Timur
    Pondok Aren
    Bintaro

    BalasHapus
  5. Di pantai daerah Jogja susah mendapatkan kerang2 seperti itu. Tapi kalau di sekitar gunung kidul mungkin ada banyak.

    BalasHapus
  6. lagi asyik baca ada suara balon ya di sini...Hua..kaget!...

    didaerah saya namanya main beklas....

    BalasHapus
  7. Itu namanya main bekel ya Mbak, hehe...

    Aku suka makan kerang2 model itu ;)

    BalasHapus
  8. dulu aku suka ngumpulin kerang kalo ke pantai
    sekarang mana berani
    bisa abis diemut si citra tar...

    BalasHapus
  9. Cengkerang itu apa yo mbak? Udah nyebutnya kerang aja.. Aku tau Bandara Soetta di Cengkareng tapi itu.. Hehehe...

    Aku pribadi kurang suka makan kerang sih mbak.. Tp klo kulit kerangnya buat maenan dulu wkt kecil jg sukaaa... Klo aku bukan buat maen bekel, tp dijadiin rumah2an buat ikan2 kecil di aquarium..

    BalasHapus
  10. ya ampuunn...
    smpe skrg q justru sm skali gk suka kerang
    =(

    BalasHapus
  11. wahhh aku ngga suka sama kerang yang kayak gini mbak...kalo kerang hijau doyan...oh ya waktu aku kecil kulit kerang hijau suka dibuat hiasan sm temenku yg jago bikin hiasan...

    BalasHapus
  12. Jujur, saya nda doyan dan suka geli ngliat anak-anak jajan kerang rebus sampai satu kantong kecil.

    BalasHapus
  13. Kijingan, nama permainan klasik Indonesia. Ketika jagong bayi bersama bapak2 saya membahas nama2 dolanan masa kecil. Banyak yang lupa namanya karena sudah tidak agi dijumpai.

    BalasHapus
  14. kijingan? Kalo di kampung saya dulu pernah main namanya BOKOR, ya sama di mainkan sma bola yg kadang aturanya bokornya di bolak balik :D

    BalasHapus
  15. masak kerang yaaa
    mauuuuu dooooooooong
    Hahahaaa

    aku juga suka banget tuh
    dicocol dengan saus sambal
    wuiiih enak

    BalasHapus
  16. hihi ... menghibur ceritanya, lumayan sambil nunggu jam pulang kantor

    Makasih mbak

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P