Diposting oleh Anazkia | 50 komentar

Puisi Untuk Ibu

Puisi ini sebetulnya berawal dari event festival puisi kolaborasi di kompasiana. Tapi entah kenapa saya begitu malas untuk mempostingnya di kompasiana. Padahal, Pak Insan Purnama sudah susah-susah mengubah puisi ini. Bukan mengubah sebetulnya, tapi menambahkan karena bentuk puisi kolaborasi. Awalnya, saya nggak ngirim-ngirim puisi, jadi entah dari mana asalnya Pak Insan mendapatkan puisi saya yang berjudul "bait Rindu Untuk Ibu" Saya mengirim puisi yang lain, judulnya "Rindu Masa Laluku" Saya rasa itu sudah cukup dan diposting di lapaknya Pak Insan. Makanya enggan mempublish puisi ini. Tapi saya publish di blog pribadi.

Owh iya, sama Pak Insan judulnya juga diganti, yang awalnya "Bait Rindu Untuk Ibu" menjadi "Bu" Kata Pak Insan, beliau suka puisi saya *halagh, GR loe, Naz! Iyah, saya GR, soale Pak Insan tahu banyak tentang puisi :)

“Bu”
Oleh Kang_Insan dan Anaz

[Lampu pelita menempel pada bilik rumah,
Suara jangkrik atau kadang katak yang bernyanyi,
Nyaring terdengar,
Dari kamarku,
Sewaktu aku rapat memeluk ibuku,
lima belas atau tahun lalu]

“Bu,
Ingin bahkan sangat
Aku menumpah rinduku
Pada pelukmu yang hangat
Tapi, sungguh jarak menjadi penyekat
Padahal,
Aku ingin memelukmu erat-erat”

[Pencil bundar dan penghapus karet,
Buku catatan dengan sampul coklat,
Sambil tengkurap aku eja kata,
yang aku dapat siang tadi di sekolah,
sedang ibuku duduk di sampingku, 
mengelus-ngelus kepalaku
tersenyum bangga melihat karyaku]

“Bu,
Inginnya aku
menuliskan bait rindu
Pada setiap barisan kata
Menyusunnya, satu demi satu
Menjadi sebuah puisi rindu untukmu”

[Setiap sore selepas magrib,
Qur’an tua besar sampul tebal,
Huruf-hurufnya yang akrab
Di mata tua ibuku,
Cuma itu satu-satunya yang aku tahu
Dibaca ibuku seumur hidupnya]

“Bu,
Maka ketika kususun kalimat ini satu demi satu
Aku tergugu pilu
Aku tahu,
Sebanyak apa bait kususun di sini
Sebesar apapun kata yang kutulis di sini
Tak akan berarti
Bukan,
Bukan karena Ibu tak lagi peduli denganku
Bukan juga karena Ibu tak memiliki rindu yang sama
Tapi karena kutahu
Nyatanya…
Ibu tak mengenal tulis dan baca”

[Potret tua ibuku,
Terselip pada dompetku,
Tapi wajahnya menyinari hatiku
Hingga waktu tak akan berhenti]

“Bu,
Sungguh aku merindumu
Pada setiap helaian waktu.”

50 komentar:

  1. Halagh, Mbak Tarry, apanya yang keren, ini karena ditambahin sana sini

    BalasHapus
  2. yang dikurung itu punya mba anaz apa pak ihsan? :D

    aq jg kmrn kelabakan kolabnya, hihi... ada yang ngilang di tengah2 kolab. :P

    BalasHapus
  3. Merindu ibuku pada tiap helaan waktu *rasa yang sama...

    Apik Mbak ;)

    BalasHapus
  4. puisi yang di bangun dengan bahasa hati terdalam**

    BalasHapus
  5. "Terselip pada dompetku,
    Tapi wajahnya menyinari hatiku
    Hingga waktu tak akan berhenti"

    Jadi kangen sama Ibu Kak hikz..hikz

    BalasHapus
  6. Aduh kagak nahan puisinya...
    Mbak anaz masa ini ngak diikutkan puisinya kompasiana...
    padahal keren...

    Rindu itu terbungkus rapi...

    BalasHapus
  7. Puisi kolaborasinya jadi bagus bener... Entah siapa yg paling berperan membuat puisi itu jadi sedemikian indahnya... :)
    Tapi yang jelas... I like it !

    BalasHapus
  8. @Illa, yang dikurung punya Pak Insan :)

    @Mbak Yunda, hehehe.. makasih, Mbak

    @Yayaxk, itu kalau lagi nganggur suka ke mana-mana nulisnya :)

    @Soewoeng, weh, mulai BW :)

    @Sofyan, ayo ketemu Ibu :)

    @Arr-Rian, halagh, keren opo? :P

    @Mbak Reni, makasih, Mbak. Keknya dulu Mbak Reni dah baca deh n dah komentar di puisi ini yang sepenuhnya ditulis Anaz :)

    BalasHapus
  9. Bu Anaz emang tokcer kalau bikin puisi

    BalasHapus
  10. hiks... jadi sedih, inget Dija

    puisinya keren banget!
    Mbak Anaz emang jago nulis puisinya
    saluuuuuuuuut

    BalasHapus
  11. Puisi yang bagus dan sangat menyentuh hati.

    BalasHapus
  12. apapun tulisannya, kalo udah mbahas tentang ibu aku jadi terharu.. :)

    BalasHapus
  13. hmm,, menarik sekali..

    bikin puisi susah bener. liat punya orank malah kayak yg gampank2 aja.. Huft..

    BalasHapus
  14. bagus mbak puisinya.. :-)
    salam kenal..

    BalasHapus
  15. like it....
    jadi kangen emak di kampung. :(

    BalasHapus
  16. Selalu kagum dengan yang jago bikin puisi. Pasti punya perasaan yang super halus plus perbendaharaan kata yang segudang.

    Salut untuk puisi "Ibu" nya yang indah ya Naz. Ditunggu tulisan selanjutnya :)

    BalasHapus
  17. Sangat menyentuh sampai ke relung hati mba... Aq kangen ibuku...sangat.

    BalasHapus
  18. Mbak, aku masih penasaran dg Mas Trie Jogya itu deh. Mbak Ana kenal/ketemu pas ngurusin korban merapi itu ya?

    BalasHapus
  19. aku cumabisa baca aja mbak kalau puisi,gak ngerti artinya :)

    BalasHapus
  20. wah..sedari tadi aku bewe ya tentang ibu...
    i luv ibu...

    BalasHapus
  21. wow keren banget puisinya, jangan lupa berkunjung balik ya mbak. di tunggu kunungannnya

    BalasHapus
  22. Oh yah Naz, kalau mau pasang tombol Google+ bisa dibaca tutorialnya disini http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/06/memasang-tombol-google-1-blogger.html

    BalasHapus
  23. Mbak, tak tunggu lho cerita tentang Mas Trie.

    BalasHapus
  24. wow, nice poetry
    aku juga suka puisi
    tapi gk sebagus mbak nya kalo bikin puisi

    kunjungi blogku y mbak http://fyrdhazakaria.blogspot.com/

    BalasHapus
  25. Puisinya keren..
    Ndalem banget..hiks..terharuu..

    BalasHapus
  26. Wah... lampu pelita itu sama dengan lampu teplok ya?
    Dulu di rumahku sering menggunakan petromaks, agar dapat menerangi aku dan kakakku yang sedang belajar :)
    Puisinya so sweet... Jadinya aku semakin rindu pada emak...

    BalasHapus
  27. Mbak... aku bawain kerjaan nih utk mbak Ana. Dikerjakan ya mbak, sekalian buat update blog hehehe.
    Cek disini : http://another-reni.blogspot.com/2011/11/mengenang-masa-sd.html

    BalasHapus
  28. Emak...
    lebaran kali ini tanpa emak
    semoga emak tenang di alam sana
    Al-Fatihah

    selamat berkurban
    mohon maaf lahir bathin

    baru pulang nguliti sapi, langsung BW

    BalasHapus
  29. singgahi kawan selalu.. salam untuk IBU..

    BalasHapus
  30. hmmm so sweet.. :^)
    salam buat ibunya ya kak.. :)

    BalasHapus
  31. mba aku barusan telpon ibu looo #siapatanya :)

    BalasHapus
  32. "Ibu"...takkan pernah habis 'tuk menginspirasi qt (baca:ku)..salam kenal Mba'..

    BalasHapus
  33. Dear.

    hee...heee ternyata jago bikin puisi juga tooohh mbak......

    BalasHapus
  34. emak..!
    memang tiada duanya.!
    satu dari ribuan bidadari yang di utus Tuhan untuk menjaga kita.

    BalasHapus
  35. kebanyakan yang membuat puisi itu pasti ibu,,ibu emang pantas dijadikan subjek buat puisi,.

    BalasHapus
  36. ya Allah
    panjangnya puisi mu nak...#di keplak lappy

    BalasHapus
  37. Beberapa waktu yang lalu saya penasaran dengan sosok Mbak Anaz. Tapi baru sekarang saya bisa blogwalking di blognya Mbak Anaz dan berkomenria disini. Puisinya keren. jadi teringat sama Ibuku Mbak.

    BalasHapus
  38. terenyuh aku mba membacanya, puisinya indah..
    aku jadi inget sama ibu aku.

    BalasHapus
  39. begitu besar jasanya ..
    namun sampai saat ini apa yag kita berika tak sebanding dengan perjuangan mereka untuk kta..

    BalasHapus
  40. Puisinya baus banget mba.
    memebuat hatiku ter sentuh membacanya.

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P