Diposting oleh Anazkia | 38 komentar

Bukan Buku yang Sejuta, Tapi Pada Harap yang Berjuta

Sudah memasuki hari ke sembilan di bulan desember, artinya tinggal dua puluh satu hari lagi batas waktu mengirim buku untuk program hibah sejuta buku. Saya tergelitik dengan salah satu komentar temen blogger di postingan sebelumnya yang tentang update blogger hibah sejuta buku, "Hmmm... 900, masih jauh dari sejuta ya...ya memang betul, hasilnya masih jauh sekali dari program yang didengungkan, SEJUTA BUKU DARI BLOGGER, hal yang mustahil untuk mendapatkannya.

Tapi, buat saya sejuta buku yang didengungkan dijadikan sebuah ajakan bukan target yang harus kami capai saat mengadakan program ini. Bukan hal yang mustahil, ketika Mbak Melanie tidak menyumbangkan bukunya sebanyak  900 buku, maka buku yang terkumpul tak lebih dari 200 buku, atau bahkan tidak sampai. Tapi saya tidak berkecil hati, Insya Allah sekecil apapun, sesedikit apapun buku yang diberikan teman-teman blogger dalam program ini semoga bermanfaat untuk saudara-saudara kita di Papua sana.


Blogger Hibah Sejuta Buku, bukan program saya pribadi juga bukan atas nama komunitas manapun, meski awalnya ide ini berasal dari salah satu anggota komunitas blogger bertuah. Program ini, betul-betul kerja sama teman-teman blogger Indonesia dari berbagai platform. Tak hanya blogger, juga para netter yang sudah rela hati menyumbangkan buku-bukunya. Terimakasih banyak saya ucapkan...

Buat teman-teman yang baru berkunjung ke sini, mungkin tertanya-tanya apa itu Blogger Hibah Sejuta Buku? Blogger Hibah Sejuta Buku adalah program teman-teman blogger untuk mengumpulkan buku, kemudian mengirimkannya ke daerah terpencil. Dan tujuan kali ini adalah Fakfak-Papua Barat. Lengkapnya ada di sini, beserta dengan alamat pengiriman buku.

Selama program ini berlangsung, saya terhubung dan berkomunikasi dengan beberapa teman di Jakarta yang mengurus pengiriman buku kelak nantinya ke Fakfak. Mereka ini adalah beberapa mahasiswa yang tersebar di beberapa universitas di Jakarta. Saya dapat terhubung dengan mereka dengan perantara Pak Guru Arif Lukman Hakim, selain mengirimkan buku, mereka juga mencari dana dalam bentuk proposal. Mereka juga telah mengambil buku pemberian dari Mbak Melanie Subono dari Bogor dan telah sampai di Jakarta. Terimakasih, teman...

Kami tidak saling kenal sebelumnya, kami tidak tahu pada awalnya, tapi dari program ini, sebagian dari kami (kita, saya dan Anda teman-teman blogger juga netter) bahu membahu mengumpulkan buku, mengirimkannya yang kelak nanti akan dikirim ke Papua. Ketika sejuta buku tak terkumpul, maka ada harapan berjuta yang tak akan tumpul. Insya Allah...







38 komentar:

  1. amin ya robba'alamiin ya mbak Anaz..niat baik insya allah akan selalu dimudahkan olehNya..
    betul sekali ..jangan dilihat dari jumlahnya tapi lihatlah dari semangatnya..api ini akan menjalar pada semangat lain tentunya..tidak hanya Papua tapi mungkin juga pada pelosok tanah air di sudut lainnya..:)

    BalasHapus
  2. buku sejuta
    tapi harapan yang sedikit tidak akan baik
    tapi harapan ayang banyak itu lebih baik dan bagus

    BalasHapus
  3. tidak ada yang tak mungkin di dunia ini....
    siapa tau, tiba tiba di akhir waktu nanti trekumpul lebih dari satu juta?
    semoga saja

    BalasHapus
  4. insya Allah,,amin ..semua yang berniat baik insya Allah akan berjalan lancar,,

    BalasHapus
  5. gx penting berapa jumlahnya, yang lebih penting manfaat dari tiap buku yang d berikan.

    BalasHapus
  6. @Mbak katty, Insya Allah semoga program ini tidak terhenti sampai di sini saja

    @Mbak Tarry, Insya Allah semangat. Makasih atas sumbangan bukunya :)

    @Una, :)

    @Obat herbal, amin..

    Mbak Else, Amin, amin, amin, Allahumma aminnn

    @Baby Dija, buku bekas boleh bangettt :) Asal masih bisa dibaca :)

    BalasHapus
  7. semoga saja bisa tercapian pada akhir waktunya mbak jadi tetep semangat ya

    BalasHapus
  8. yakin mbak .... walau tak sejuta gerakan ini pasti banyak manfaatnya ..

    BalasHapus
  9. InsyaAllah niat baik akan dimudahkan, mba. Ikhtiar aja terus. :)

    BalasHapus
  10. sebenarnya saya ada beberapa buku yang bisa turut disumbangkan, kalau di yogya ada collecting point ngga ya, soalnya kalau dikirim bisa mahal ongkos kirimnya sama bukunya :)

    BalasHapus
  11. wahh keren sekali ini program'a..
    smg lancar, hmm saya jadi pengen ikutan lho, hihii

    BalasHapus
  12. sukses selalu ya gan..
    di tunggu posting terbarunya!!

    BalasHapus
  13. Wah Anaz kenal dengan Bradley nggak? Belum lama ini dia baru balik dari Fakfak dan bertemu juga dengan guru dari Indonesia Mengajar yang bertugas di sana, yaitu Arif Lukman Hakim.

    Coba deh Anaz mampir di indobrad.web.id

    Insya Allah target sejuta buku nggak mustahil kok, semangat ya Naz :)

    BalasHapus
  14. Menurutku, apa yg telah dicapai sekarang sudah sangat luar biasa, mbak. Tetap semangat ya... :)

    BalasHapus
  15. hai mbak,maaf baru mampir lagi nih. ayo kalau mau mengadakan KBO lagi.

    BalasHapus
  16. hi Anaz, kunjungan balik nih. Iya saya memang ketemu Arif Lukman Hakim secara gak sengaja waktu sedang ada tugas ke pulau Tarak. Sangat inspiratif melihat apa yg dilakukannya di sana. Dia sempat cerita sih pernah menerima buku (atau surat ya?) dari KL yang total memakan waktu 2 bulan utk sampai ke tangan anak2. makanya idenya mengembangkan mading 'Surat Sahabat' itu sangat brilyan.

    Keep in touch :D

    BalasHapus
  17. buku apa aja bu? gmn caranya jika mau menyumbangkan?

    BalasHapus
  18. Sukses ya mba anaz... moga jadi amal ibadah yg akan di balas OlehNya.

    BalasHapus
  19. Eh bisa :). Comment di tutup karena saya gak interest sama comment pengunjung mbak Anaz, hehehe.

    Kabar baik diDublin. Gimana Malay?

    BalasHapus
  20. Kereen.. :) ga ada no telp ya di link Jakarta.. ingin ikut jg insyaaLlah..

    BalasHapus
  21. @Mas Erick, Insya Allah, amin. Makasih banyak atas bantuannya

    @Illa, makasih banyakkk.. Illa banyak banget kirim buku. Makaish pokoknya

    @Jarwadi, Jogja ada, tapi dianya sibuk. Kolektif aja ke Semarang kan lebih deket. Nanti saya kasih alamatnya :)

    @Rany, makasih banyak :)

    @Eny Law, ayo ikutan :0

    @Mas Iman, Huaaa.. udah mampir ke blognya. Surprise!

    @Mbak Reni, makasih banyak :)

    @Mbak Lidya, mari kita bincangkan lagi :)

    @Indobard, makasih banyak dah singgah ke mari, Pak. Wah, Pak Guru cerita surat juga ternyata :)

    @Tunsa, buku anak2 baik fiksi maupun nonfiksi. ADa alamatnya di tulisan blogger hibah sejuta buku

    @Baha, Amin Allahumma amin...

    @Jeng Sri, Alhamdulilah Malaysia baik dan sehat :)

    @Dian Eka, Di Jakarta ada nopenya. Nanti saya kasih

    BalasHapus
  22. Dulu saya memelopori Gerakan 1000 Buku untuk Almamater saya. Alhamdulillah tembus lebih dari seribu buku.

    Tidak ada salahnya hibah sejuta buku blogger indonesia ini meminta seleb yang ngeblog untuk mengajak. Kan banyak tuh seleb yang ngeblog di Blogdetik. Atau, misalnya, minta si Kambing Jantan dan Poconggggg untuk bikin posting di blog mereka. Insya' Allah akan bisa menggugah banyak penggemarnya untuk ikutan sumbang buku.

    Maaf kalau hal seperti itu sudah dilakukan.

    BalasHapus
  23. mbak, Surabaya ada CP tak? waktunya ini sampe kapan? ga ada batas kan yak? apa gimana?

    BalasHapus
  24. @Kang Kombor, lah kok minta maaf? :)
    Makasih sarannya, Insya Allah nanti kita koordinasikan lagi.

    @iLLa, Udah Mbak bales, yah? :)
    Surabaya CPnya nanti Mbak PM. Eh, tepatnya Malang, ndink

    BalasHapus
  25. buku apa aja kan Tante??
    gak harus buku anak anak kan???

    BalasHapus
  26. Hayoooo Mba Anaz, teteup semangath!! Insya Allah target bisa tercapai ko. yakin usaha sampai!! *hehehe motto HMI boo*

    BalasHapus
  27. posting nya bagus mba..
    sungguh menganjar kan sesuatu hal yang paling baik.
    sukses selalu.

    BalasHapus
  28. maju terus mba blognya
    moga cepat naik PRnya

    BalasHapus
  29. tinggal 10 hari lagi, baru ikutan nimbrung >.<

    Maluku, Insya Allah..

    BalasHapus
  30. Saya malu, tak sempat menyumbang buku... :(

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P