Klub Buku Online, Apa Kabarmu Kini?


Tanpa sengaja, saya membuka-buka postingan lama dan menemukan jurnal ini.  Sebuah jurnal tentang resume diskusi klub buku online. Membaca tulisan ini, saya jadi pengen lagi mengadakan klub buku online. Temen-temen yang ikutan klub buku online masih aktif ngeblog, sih, tapi dah pada beda jalur. Ada juga yang masih aktif seperti biasanya, seperti Mbak Lidya. Owh, iya, ngomong-ngomong Mbak Lidya, beliau ini hebat, waktu ikutan diskusi confrence klub buku, Mbak Lidya ada di luar sambil belanja. Shinta masih aktif ngeblog, tapi lebih fokus ke dunia buku, sama dengan Mbak Fanda. Rany masih sama kayak saya, blogger personal, meski dah pindah blog. Inul masih ngeblog juga, tapi dah jarang saling BW, Mbak ratu dah jarang ngeblog :( owh iya, kalau dilihat lagi, postingan di bawah ini adalah jurnal 26 juli 2009...


Alhamdulilah, untuk yang ke dua kalinya KBO (Klub Buku Online) mengadakan konfrensi. Kali ini, dengan peserta lebih banyak. Meskipun segala kekurangan masih ada di sana sini dan koneksi internet yang terkadang ngadat juga, Yahoo messenger yang sesekali tidak bisa di ajak kompromi. Terimakasih banyak saya ucapkan kepada semua teman-teman yang telah bergabung. Dan, mohon maaf atas segala kekurangannya.



Menarik bahasan tadi malam. Maklumlah buku yang di bahas begitu fenomenal Laskar Pelangi, memang tak habis ketika di bicarakan. Tak sepi saat ia di filmkan (meskipun saya belum nonton :D). Banyak yang terkadang kecewa tatkala sebuah novel di angkat ke layar lebar. tapi, itulah hakikatnya, saat novel masuk ke layar lebar, tidak 100% persen ceritanya harus sama. Meskipun kendala di sana sini, saya berharap ia akan lebih baik lagi nantinya. Dan mohon kerjasamanya untuk para anggota dan peserta. Inilah resume konfrensi tadi malam, Setelah mengalami pengeditan.



Anazkia: Assalamu'alaikum, selamat malam semuanya... :). untuk yang ke dua kalinya, Klub Buku Online mengadakan konfrensi. Dan kali ini, buku yang di bahas adalah Laskar pelangi.


queensya: waalaikum salam


dwinaaquarius: Waalaikumsalam


fanda.vixiova: met malem


inu_el: walaikum salam


joustin0708: waalaikum salam


Anazkia: Seperti biasanya, ada beberapa peraturan, ketika hendak mengajukan pertanyaan silakan memberikan tanda tanya (?) dan untuk menjawab silakan memberikan tanda seru (!) dan untuk mengahiri tulisan dengan memberikan tanda pagar (#)


Anazkia: silakan Bu Mods, kalau hendak memberikan perkataan dulu.


fanda.vixiova: OK, met malem semuanya...aku moderator malam ini. Sekarang kita perkenalkan diri dulu, tolong sebutin nama panggilan dan URL blog kalian semua ya.
Kita kenalan dulu ya. Aku dulu ya, aku Fanda, http://bukufanda.blogspot.com



inu_el: aku inuel (http://jombloku.blogspot.com)


queensya: saya quinie, http://akuratu.blogspot.com


dwinaaquarius: saya dwina http://www.dwina.net



ludah_buaya: saya lilliperry




Tistirabbani: Tisti Rabbani, http://tistirabbani.blogspot.com


aaf_buwel: Buwel, http://cah-cikrik.blogspot.com


paringin_coy: Nurhasanah, http://reyhasanah.blogspot.com


teteh_lia: Lidya, http://diary.fitrian.com


dearst_blue13: Rany, http://rainy-fairy.blogspot.com


imron_kk: Hoiron, http://hoiron.info
fanda.vixiova: OK. Kita mulai aja. pertanyaan 1: Apa pendapat/kesan kalian secara umum ttg buku Laskar Pelangi (LP) ini? Dari sudut ide cerita, cara penulisan?


heynee_eunsho: menurut henny kalo soal ide cerita ini sangat menarik, karena dari kisah nyata apalagi dikemas dengan bahasa populer zaman sekarang.


dwinaaquarius: sama kek henny menarik tapi agak berat untuk di cerna


queensya: hm... deskripsi tentang keadaan alamnya detail memperkuat settingnya, tapi cenderung berat :D.


Anazkia: dari ide, sepertinya ia biasa. Mengangkat tema kemiskinan dan keterbelakangan pendidikan. Hanya saja, banyak yang menarik di sini. Yaitu, dari segi karakterisasi para tokoh. meskipun dari segi kepenulisan lebih identik menjemukan karena menggunakan narasi yang panjang2 tapi, ia tak jenuh untuk di baca. Andrea Hirata begitu pandai mengemas dan merangkai kata demia kata. Banyak sekali istilah2 biologi, kimia dan ekonomi menunjukan bahwa penulisnya adalah orang yang cerdas dan rajin membaca.


fanda.vixiova: Setuju ama Ana. Menurut aku LP agak membosankan terutama di bagian tengah. Tp cara penulisannya unik dan enak diikuti


ludah_buaya: andrea sukses dari segi cerita..
walopun saya ragu ini murni seluruhnya adalah kisah nyata. dan andrea sukses menyentuh sisi kemanusiaan pembaca mayoritas indonesia yg realitanya kebnyakan spt itu.


sinthionk: hanya ingin menanggapi gaya bahasa dalam buku LP. gaya bahasanya jarang untuk buku2 indonesia...memperlihatkan kekhasan bahasa melayu. oke, duet ma lilliperry deh.


fanda.vixiova: Yg lain?


dwinaaquarius: Wina tertarik ama tokoh yg ada didalamnya dan persahabatan mereka sampai mereka dwasa.


heynee_eunsho: balik ke bahasa lagi, kayaknya ada beberapa hal yang nggak klop sama alur cerita yang mengisahkan waktu mas Andrea masih di bangku sekolah dasar misalnya jenis barang-barang atau lagu yang seharusnya belum ada pada waktu itu.


dwinaaquarius: bener tuh kata henny tender waltz ada ya pada masa itu.


heynee_eunsho: kalo tender waltz memang sudah ada tapi kalo di Belitong ya kurang tau tuh. sekarang tender waltz udah banyak diaransemen.


fanda.vixiova: Bentar ya Sinta, Henny, Ana kayaknya blm kasih pendapat, Ana silakan


Anazkia: mo kasih pendapat Shinta. kenapa bahasanya Melayu? sepertinya itu wajar, ia mengambil setting tanah Belitong. Jadi di situlah menariknya, Andrea berusaha menjadi diri sendiri. Tidak menjadi epigon, mengikuti gaya penulis2 lain.


dwinaaquarius: Win agak keliru ama alurnya kapan dia darjah satu dan kapan tingkatan tiga bahagian awal cerita berbelit-belit.


Anazkia: menanggapi Wina, ketika membacanya saya juga merasakan kejanggalan yang sama tapi, saya mikirnya, meskipun ini kisah nyata khan ada sedikit imajinasinya juga.


fanda.vixiova: OK, sekarang ke pertanyaan berikut: Tokoh siapa yg paling berkesan/tokoh idola anda? Mengapa?
Anazkia: saya suka Lintang mbak, soalnya ia tokoh imajinasi Andrea. Kayaknya, itu gambaran Andrea aja yang cerdas. tapi, saya juga suka Mahar, sok dukun. (Nambahin waktu posting, suka Tuk Bayan Tula juga)
sinthionk: Bu Muslimah, untuk dedikasinya pada pendidikan dan motivasi bwt anak didiknya serta kemampuan dy menghidupi keluarga hanya dari 15 kilo beras dan orderan jahit.
teteh_lia: Ikal. Mau berjuang demi adik2nya.


paringin_coey: sahara. terkesan dg Sahara Kesabaranx bteman dg harun ga byk org d dunia ini yg sanggup btahan lama bsahabat dg org 'yg ga normal.


queensya: sayah suka si gadis pindahan, lupa namanya. punya jiwa pemberontak :D (yang di maksud adalah Flo). sama pak kepala sekolah karena dedikasinya.


ludah_buaya: saya suka harun


Anazkia: kenapa suka Harun Lily?


ludah_buaya: dia melihat hidup dgn begitu gembira walopun dalam tanda petik dia tidak normal..


paringin_coey: ! Pak harun


aaf_buwel: @mbak fanda: sukanya ama lintang.alasannya:suka ama lagu lintangnya netral, dan suka ama jeniusnya :)


fanda.vixiova: OK. Aku sendiri suka Syahdan karena walaupun sederhana, dia berani bermimpi jd aktor dan dia bekerja keras utk mewujudkan impiannya sekarang pertanyaan berikut: Pelajaran/nilai apa yg kalian dpt dari buku ini?


queensya: pendidikan itu penting


teteh_lia: !kebersamaan


Anazkia: jangan berhenti bermimpi


fanda.vixiova: Setuju ma Ana. Ada lagi yg mo jawab


dearest_blue13: kemauan yang keras untuk belajar dengan keadaan yang pas2an


ludah_buaya: percaya tidak ada yg kebetulan


dwinaaquarius: persahabatan meskipun mereka dalam kemiskinan tapi persahabatan mereka tetep kukuh sampe mereka dewasa.


dearest_blue13: kemauan yang keras untuk belajar walau dengan keadaan pas-pasan, pantang menyerah.


sinthionk: hiduplah untuk memberi sebanyak-banyaknya, bukan untuk menerima sebanyak-banyaknya


fanda.vixiova: Bagus Sin!
fanda.vixiova: Ada yg mo nanggapin lagi?#


Anazkia: apa pelajaran moral pertama Andre Hirata?


sinthionk: sedikit bingung dengan pertanyaan mbk ana, bedanya dengan yang sebelumnya?


dearest_blue13: biar masuk surga harus pinter berenang


Anazkia: Bukan, tapi, jika tak rajin shalat maka pandai2lah berenang


fanda.vixiova: OK pertanyaan berikut: Bgmana menurut pendpt kalian ttg rakyat Belitong, yg begitu di-PHK langsung menyerbu & menjarah kawasan Gedong
Sampai di sini, ym bener2 mulai error. beberapa temen yang di DC tidak bisa di invite lagi. Maka, PJ mengambil keputusan untuk pindah rumah. Juga setelah ada beberapa teman2 datang.


ludah_buaya: satu sisi kalo melihat dengan hukum pasti gak dibenarkan. tapi liat pke kacamata budaya, itu tradisi, dan itu keliatan dari sosial ekonomi masyarakat itu sendiri. jd kalo saya warga belitong, saya membenarkan itu..
dearest_blue13: wajar jika mereka menyerbu kawasan gedong karena mereka terlalu di-diskriminasi-kan..dan kehidupan mereka yang serba ketidakcukupan
fanda.vixiova: Bagian mana yg paling kalian sukai dr LP ini? Kalo aku paling suka bagian kisah cinta Ikal.


teteh_lia: Bagian nunggu buaya lewat :D Hebat tuh mau nunggu buaya lewat demi untuk pendidikan, dijaman skrg jarang yg seperti itu


paringin_coey: bagian karnavalx Mahar, kocak bgt


fanda.vixiova: Setuju, karnavalnya bikin kepingkel2


queensya: pas ortunya anak nelayan itu meninggal, sedih. hiks. sayah baru tau loh kalo kehidupan nelayan kaya gitu.
Sampai di sini juga kita harus kembali pindah room chat. Tapi, apa hendak di kata, rupanya mbak Fanda tidak bisa membaca tulisan teman2 semuany. Dan dengan kekecewaan yang teramat dalam, mbak Fanda meninggalkan konfrensi lebih dulu.
Anazkia: karena tinggal beberapa menit lagi, silakan kepada teman2 kalau ada yang mau di tanyakan.


teteh_lia: Setelah baca buku nya, di angkat kelayar lebar, Kecewa ga? Saya pernah posting mengenai ini di blog :)


Anazkia: saya lum nonton :((


imron_kk: kalo aku kecewa banget


Anazkia: alasannya?


imron_kk: karena alur ceritanya berbeda banget sama novelnya banyak yang nyeleweng dari novel.


dearest_blue13: sudah nonton dan ga kecewa sayah,malah nonton 3


tistirabbani: justru, setelah nonton filmnya terbayar kekecewaan ku..


paringin_coey: ga kecewa, walopun ga sm persis novel n keluar alur karena byk nilai2 berharga yg bs diambil dr tuh film,, ex keikhlasan, kesungguhan n pengorbanan.


queensya: di pilm cuma ical doang yang jelas karakternya, jadi sayah meraba2 karakter yang lainnya karena belom baca bukunya.


Anazkia: karena Ikal adalah peran utama
Anazkia: Apakah novel ketika di angkat ke layar lebar ceritanya harus sama?


paringin_coey: harus sama, tp tkait mslh durasi yg cuma bbrp jam, yah film akhirx ga bs mmuat semua cerita,, tp paling ga sih ga melenceng jauh
.



teteh_lia: Intinya harus sama, tapi jangan sampai terlalu menyimpang


dearest_blue13: aku rasa laskar pelangi pilem na bagus, inti2 cerita ada di pilem na..


tistirabbani: kalo aku, lbh senang nonton filmnya... baca novelnya biasa...alur cerita malah bingung terutama pd penempatan waktu agak bingung tp temanya novel yg diangkat andrea lah yg luar biasa..


Sampai di sini konfrens berakhir dengan sedikit teguran dari Lilipery. Ko gak ada penutup mbak...??? ujarnya. Yah, seharusnya saya memberikan penutup juga kesimpulan. Tapi, hanya salam yang mampu terucap. Mohon maaf kepada semuanya dan terimakasih banyak atas partisipasinya. Mbak Fanda, memang lebih jago dalam hal ini. Tapi, kendala koneksi membuat beliau keluar lebih dahulu meninggalkan konfrens.



Klub Buku Online - Membaca untuk Bercerita

12 komentar:

  1. wew bahasannya itu lho ...
    saya mana bisa ikutan :D
    ga mudeng hihihii

    *tarik selimut tidur aja dah*

    BalasHapus
  2. menarik banget konferensinya ya mba..... asyik deh keliatannya... keren idenya euy! met malam mba Anaz... :-)

    BalasHapus
  3. kapan ada wadah seperti ini lagi? kan skrg banyak bermunculan buku2 yg cakap buat di bahas hehe...

    BalasHapus
  4. masih belum paham maksud klub buku online ini mbak..

    BalasHapus
  5. buku novel biografi muhammad lelaki penggenggam hujan hehehe.. soalnya udah beli :)

    BalasHapus
  6. @Mbak Ni, tarik selimutnya, sini melek lagi :P

    @Mbak Alaika, malam juga, Mbak :)

    @Mas Yayack Faqih, ayo kita bikin lagi :)

    @Saidy, Klub Buku Online, adalah kumpulan pecinta buku. Di mana kita menentukan membaca satu buku setiap bulannya. Kemudian, kalau dah selesai dibaca, kami akan bahas melalui konfrensi di yahoo mesengger. Dan ada laporan resumenya, seperti di atas. Begitu, Di :)

    BalasHapus
  7. Mas Yayack Faqih, nah itu dia, kesulitannya itu ada pada saya yang sulit mendapatkan bukuny :(

    BalasHapus
  8. bukan berarti gak mungkin kan mbaak hehe.. istilahnya mau main bola tapi gak punya bolanya ya :)

    BalasHapus
  9. Wah! Udah berapa lama nih KBO gak berkabar. Mau diaktifin lagi nih?

    BalasHapus
  10. Mbak,gimana ikutnya tuch.kereeennn kayaknya,aku pengen ikutaaaaannn.........hehehehehe

    BalasHapus
  11. Hehe, mengadaptasi film dari novel memang gak gampang ya. Banyak "korbannya". :D

    Asik, banyak link untuk blogwalking! ^^

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P