Bagaimana Cara Membuat KTKLN?

Tulisan ini saya copas dari blognya Mbak Rierie, emak tiri saya di Hongkong. Emak tiri ketemu gedhe lho, yah? Selama ini, saya lihat info mengenai KTKLN di Malaysia tidak begitu meluas, banyak yang bingung dengan keberadaan KTKLN ini. Beberapa teman seprofesi pun kerap mendapat palak dari orang-orang tak bertanggung jawab di bandara. Seperti Kak Siti misalnya, seorang TKW yang berasal dari Medan, tahun lalu ketika mudik lebaran dan hendak kembali ke Malaysia harus membayar sebanyak Rp. 400.000 karena tidak memiliki KTKLN. Semoga info yang saya copas dari Mbak Rierie ini bermanfaat...

Sumber, sumber:http://bnp2tki.go.id


BENARKAH KTKLN BENAR-BENAR GRATIS? DAN BENARKAH KARTU INI DAPAT MELINDUNGI TKI YANG BEKERJA KE LUAR NEGERI? BAGAIMANA CARA PEMBUATANNYA? SIMAK TULISAN INI!

KTKLN adalah kartu identitas bagi TKI yang memenuhi persyaratan dan prosedur untuk bekerja di luar negri,dibuat dalam bentuk smarcard contactless yang dapat melacak keberadaan TKI secara Online. Kartu ini memuat data identitas TKI,foto,sidik jari (dua jari, kiri-kanan),PPTKIS,mitra kerja,pengguna TKI,paspor,asuransi,uji kesehatan,sertifikat pelatihan,sertifikat uji kompetisi,perjanjian kerja,jenis pekerjaan,negara penempatan,masa berlaku,tempat penerbitan,tanggal berangkat dan embarkasi/debarkasi.

Menurut pemerintah, KTKLN adalah sebagai satu tanda tenaga kerja bahwa mereka adalah legal, dan pemerintah tidak akan lagi mengijinkan TKI berangkat ke luar negeri tanpa KTKLN. Kartu ini diberikan secara gratis (katanya) kepada TKI dan calon TKI dengan masa berlaku 3 tahun dan dapat diperpanjang sesuai dengan kontrak kerja baru.

Dasar Hukum Pemberlakuan KTKLN:

1) UUPPTKILN No. 39/2004 (UU tentang Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri)
2) Instruksi Presiden RI Nomor 6/2006 tentang Kebijakan Reformasi Sistem Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri.
3)Kepmenakertrans No.14/2010,Bab 18 Pasal 64,Ayat(2)/Peraturan Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi No 14/2010 tentang Pelaksanaan Penempatan Dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri.

 Yang wajib memiliki KTKLN:

1) TKI untuk pengguna perseorangan (PRT, dsb)
2) TKI yg berangkat lewat PPTKIS/PJTKI
3) TKI yang ditempatkan dengan sistem G to G (Korea dan Jepang) / G to G=Pemerintah ke Pemerintah)
4) Penugasan perusahaan yang sama ( perusahaan yang punya cabang di luar negeri ( PJTKI/PPTKIS yang memiliki cabang di Luar negeri / Agen)


SYARAT PEMBUATAN KTKLN

1.SYARAT PEMBUATAN KTKLN BAGI CALON TKI:

* Memiliki surat perjanjian kontrak kerja di luar negeri
* Memiliki Paspor dan Visa kerja
* Sertifikat Uji kompetensi
* Sertifikat uji kesehatan
* Bukti pembayaran asuransi
* Bukti pembayaran DP3TKI sesuai PP 92 tahun 2000
* Bukti pembayaran pembinaan sebesar USD 15


  2.SYARAT PEMBUATAN KTKLN BAGI TKI YANG BERADA DI LUAR NEGERI/YANG SEDANG CUTI:

* Pembayaran ke asuransi Indonesia 1 tahun Rp. 190.000, dua tahun Rp.290.000 dilakukan di tempat yang sama di BNP3TKI atau DP3TKI (ALAMAT LIHAT BAWAH).
* Memiliki Bukti calling Visa
* Memiliki Bukti perjanjian Kerja Yang Sudah di Tanda Tangani Pengguna dan TKI (Surat kontrak kerja)
* Copy tiket pesawat pulang pergi atau surat pernyataan dari majikan bahwa yang bersangkutan sedang cuti.
* Bawa serta KTP Indonesia, HK dan paspor asli untuk verifikasi.
* 1 lembar materai seharga Rp. 6000
* copy asuransi kerja dari negara penempatan (ini bisa dilampirkan sehingga teman-teman tidak usah membayar asuransi lagi, tapi teman-teman harus siap untuk berdebat dengan petugas)

Di sini syarat-syarat untuk membuat KTKLN sudah banyak diperbarui. Tidak diperlukan lagi surat uji kompetensi dan uji kesehatan bagi TKI yang berada di luar negeri yang mau cuti. Uang pembinaan sebesar US$ 15 juga sudah ditiadakan, Biaya asuransi juga sudah diturunkan.

Bisa jadi ini buah dari demo dan petisi keberatan tentang syarat-syarat pembuatan KTKLN yang digelar dan dibuat oleh BMI di negara penempatan. Demo itu ada baiknya juga agar pesan dan uneg-uneg kita tersampaikan, kalaupun tidak bisa dipenuhi toh paling tidak bisa membuat pemerintah sedikit malu dan bisa observasi.


CARA MENGURUS/MEMBUAT KTKLN

1) SIAPKAN SEMUA PERSYARATAN DI ATAS

2) DATANGI KANTOR BP3TKI ATAU P4TKI TERDEKAT (LIHAT ALAMAT DI BAWAH), LEBIH BAIK UNTUK DATANG PAGI-PAGI KARENA YANG ANTRI BUANYAAAKKK

3) DATANG KE LOKET, AMBIL KERTAS SURAT PERNYATAAN. ISI SURAT PERNYATAAN BAHWA KAMU MEMBUAT KTKLN SENDIRI, TANDA TANGANI DAN TEMPELKAN MATERAI

4) ANTRI LAGI DI LOKET PEMBAYARAN ASURANSI, BAYAR ASURANSI(atau bila kawan mempunyai bukti asuransi dari negara penempatan cukup dengan menunjukkan bukti asuransi itu kepada petugas dan ingat bersiaplah untuk ngeyel!)

5) MASUKKAN SEMUA PERSYARATAN DALAM SATU STOPMAP, TUMPUK DI LOKET PENDAFTARAN, TUNGGU GILIRAN DIPANGGIL. SETELAH DIPANGGIL BIASANYA KEMUDIAN DITANYAI KTP, PASSPOR DAN KONTRAK KERJA ASLI SEBAGAI VERIFIKASI.

6) ANTRI LAGI UNTUK POTO.

7) SETELAH POTO TUNGGU HINGGA KTKLN JADI (bisa jadi cuma sejam dua jam jam, bisa pula lebih dari 5 jam bahkan dua hari, wkwkk)


Jadi kawan seperti itulah caranya,lakukanlah sendiri agar teman-teman tahu dan mengerti dan tidak dibohongi pihak ketiga. Jangan gugup, kita sudah sering dapat gemblengan keras dari majikan kita mosok menghadapi petugas-petugas di Indonesia saja tak bernyali??!!


Namun saran saya harap menelpun BP3TKI yang akan kamu datangi terlebih dulu untuk memastikan kelengkapan syarat-syaratmu. Soalnya kemarin aku sempat menelpon ke BP3TKI (semarang, jogja, jakarta) mereka menjelaskan syarat yang sedikit berbeda. Karena setiap pemda bisa jadi memasukkan kebijaksanaannya sendiri untuk pembuatan KTKLN. Tapi pada dasarnya, syarat baku diatas dan prosedur pembuatannya seperti yang saya tuliskan di atas.


MERENUNG SEKEJAP

Benarkah KTKLN bisa melindungi TKI/BMI?

Katanya (kata pemerintah lho ya) KTKLN itu:

1) Katanya KTKLN itu bisa mempermudah menelusuri ketika TKI mengalami masalah diluar negeri sebab KBRI/KJRI bisa langsung berhubungan dengan Dinas Tenaga Kerja Daerah dan BNP2TKI melalui sistem pelayanan online (Padahal berdasarkan UU No.39/2004: PJTKI yang memberangkatkan adalah pihak yang harus bertanggung jawab terhadap TKI diluar negeri. KTKLN menegaskan bahwa negara tidak berkewajiban melindungi TKI NAh lho?? iki piye??).

2) Katanya KTKLN itu dibuat untuk menghindari TKI ilegal dan perdagangan manusia dengan memperketat kelengkapan dokumen. (Padahal banyak TKI menjadi ilegal karena proses yang sulit,tidak jelas dan mahal serta tingginya biaya penempatan/sistem potongan gaji yang tidak pernah habis, lagipula legal atau illegal TKI adalah warga negara yang wajib dilindungi oleh negara. Negara mempunyai kewajiban untuk melindungi segenap bangsanya)

3) Katanya KTKLN itu, bisa mencegah pemalsuan identitas. (faktanya pemalsuan identitas dilakukan PJTKI dan pasti data palsu pula yang dicantumkan ketika mendaftar KTKLN.Jika ingin mencegah pemalsuan identitas maka pemerintah harus memfasilitasi calon TKI membuat paspor sendiri dan permudah biro aksinya)

4) Katanya KTKLN itu, bisa memperbaiki sistem perlindungan seiring dengan perkembangan tehnologi demi penerbitan, monitoring dan perlakuan baik oleh majikan. (padahal pemerintah mengembangkan tehnologi tapi ini tak urung jg membebani BMI. Biaya untuk menuju ke tempat pembuatan KTKLN, asuransi..itu butuh duit juga, belum lagi waktu kita yg terpotong. Yang yang dimaksud dengan memperbaiki sistem perlindungan itu yang bagaimana...?? duhh!)



CONTOH SURAT PERNYATAAN CUTI YANG DITANDATANGANI MAJIKAN:





Nama: Pekerja
Alamat: Pekerja

Nama: Majikan
Alamat: Alamat majikan
24 May, 2011
Tuan/Puan,
Permohonan cuti pulang kampung
Merujuk kepada perkara di atas, saya nama majikan dan nombor IC. Memberitahukan bahwa nama berkenaan Nama pekerja dan nombor passport, adalah betul pembantu saya. Dan ianya akan bercuti di kampung halaman (sebut tarikh pergi dan tarikh kembali ke Malaysia) 

Sekian,

Yang benar

………………
Nama
Nombor IC

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

"Selain lewat BNP3TKI dan DP3TKI, pembuatan KTKLN juga bisa dibuat di bandara internasional Soekarno-Hata Jakarta dan bandara Juanda. Tapi maaf belum bisa menuliskan rinciannya karena belum pernah berpengalaman membuat KTKLN di bandara, namun insyaallah akan menuliskannya setelah mendapatkan cukup keterangan dari beberapa kawan yang telah mempunyai pengalaman.'




BERIKUT ADALAH DAFTAR ALAMAT DAN NO TLP BP3TKI SE-INDONESIA


NANGGROE ACEH D.S

Jl. Sukarno Hatta No.17 Ds lam Ar

Banda Aceh Raya, Banda Aceh, NAD

T. 0651- 7410355,

F. 0651- 635959


SUMATERA UTARA

Jl. Asrama No. 143 Medan -20126

T. 061- 8476657,

F. 061- 8443886


RIAU

Jl. Taman Sari Gg. Taman Sari I Kel.

Tangkerang Selatan Pekan Baru

T. 0761- 7079765


SUMATERA SELATAN

Jl. Dwikora II No. 1220

Palembang -30137

T. 0711- 312062


DKI. JAKARTA

Jl. Pengantin Ali No. 1 Jakarta

T. 021- 87781840,

F. 021- 87781841


JAWA BARAT

Jl. Sukarno-Hatta No. 301

Bandung 40232

T. 022- 5204091


JAWA TENGAH

Jl. Kalipepe III Pudak Payung, Semarang 50236

T. 024- 74763260,

F. 024-70799273

 CILACAP

Jl. Brantas no 74 Cilacap telp 0282 533250


DI YOGYAKARTA

Jl. Lingkar Utara Maguwoharjo Depok -

Sleman Yogyakarta 55282

T. 0274-885542,

F. 0274- 885542


JAWA TIMUR

Jl. Jagir Wonokromo No. 368 Surabaya

T. 031-8415858,

F. 031-8411445


KALIMANTAN BARAT

Jl. Urai Bawadi No. 82 B Pontianak

T. 0561-735244


KALIMANTAN SELATAN

Jl. Rosela I No. 17 Sim. 4 Sei-Ulin

Banjarbaru

T. 0511-4781638,

F. 0511-4782352



KALIMANTAN TIMUR

Jl. Tien suharto No. 49 Nunukan

T. 0556-21018


NUSA TENGGARA BARAT

Jl. Adi Sucipto No. 9 Ampenan

Mataram

T. 0370- 633797



NUSA TENGGARA TIMUR

Jl. Perintis Kemerdekaan Kel. Kayu

Putih, Kupang

T. 0380- 826669


SULAWESI SELATAN

Jl. Taman Makam Pahlawan No.4

T/F. 0411-425039


SP3TKI Tanjung Pinang

Jl. DI Panjaitan Km 9 Komp Bintan

Center Blok Q No. 3 Tanjung Pinang

T/F. 0771-442295


SP3TKI JAMBI

Jl. Letkol Tugino Kuala Tungkal, Jambi


SP3TKI BALI

Jl. Moh. Yamin No. 11 Denpasar

T. 0361-235560


KANTOR PENGHUBUNG

BANTEN

Jl. Ciwaru Komplek Depag No. 2 Serang T/F. 025-4204970



41 komentar:

  1. Terima kasih informasinya, saya sendiri juga belum punya KTKLN dan agak risau juga karena baca info banyaknya oknum di bandara yg mempersulit kita ketika hendak meinggalkan Indonesia.

    Pahlawan devisa yg dizholimi bangsanya sendiri ... hiks jadi miris

    BalasHapus
  2. ikut menyimak saja ya mbak anaz,,soalnya saya gak mudeng tentang ini,hehehe

    BalasHapus
  3. suwun ndhuk....baru update, plis check. makasih

    BalasHapus
  4. Jadi inget saat perpanjang KTP kemarin. Pas registrasi, dengan sedikit agak malu ( malunya sedikit ) petugas bergumam nda jelas, tapi intinya minta duit. Saya sengaja bertanya, bayar Pak? ( pura-pura nda mudeng ) dan si petugas bergumam nda jelas lagi. 'Kasihan' dengan ekpsresinya, akhirnya saya ambil selembar uang lima ribuan, dan tanpa protes si petugas segera meraih duit tersebut. Saat duduk dalam antrian, ngobrol dengan orang sebelah, ternyata mereka ada yang bayar 15 dan 35 ribu. Ini lantaran mereka nda kasih uang pas, tapi kasih uang 50 ribuan. Oalah...jarene gratis, jebule? ( tau ndiri lah... )

    BalasHapus
  5. waduh...surat cutinya kok berbahasa malay...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan majikannya org malaysia,
      Kalau org hongkong mungkin bhs Inggris.

      Hapus
  6. oh fungsi KTKLN seperti ini ya, kalau misalnya bekerja sebagai dosen di katakanlah Malaysia atau thailand apa perlu memiliki KTKLN, sepertinya teman-teman pada tidak punya.

    Terimakasih atas sharing nya :)

    BalasHapus
  7. kok emak tiri..?
    bukannya sodara kembar siam dibelah kampak..?

    BalasHapus
  8. jadi inget waktu suami buat KTKLN.
    pertama kesana buat suruh bayar 350 ribu diserang banten.
    besoknya anter temennya terus di tanya lagi bayar berapa eh beda lagi jadi 300.
    akhirnya suami dan temannya naik pitam, dan sipetugas mengembalikan uang suami saya .ixixi

    BalasHapus
  9. Gimana sih cara buat KTKLN dan apa syarat syarat nya kalau kita buat di Malaysia lewat online ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ada sistem online dalam membuat KTKLN

      Hapus
    2. Tapi si Jumhur bilang ada....
      Gi mana tuh?

      Hapus
  10. Gak ush KTKLN percuma deh, itu cm akal2 pemerintah, nanti kalau udh mencapai 90%, pemerintah buat peraturan br, kartu itupun nantix gak dipakai. Percumakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. akal2 tikus berdasi aja tuuhh. tahun lalu bulan agust 2012 saya pulkam koq gak ada pertanyaan di imigresen?? heran juga semua pada bilang klu gak ada KTKLN gak boleh lepas dari imigresen di airport katanya. cuma katanya. penting banget gak ya ktkln ituu ??? :D

      Hapus
  11. pemerintah sendiri menyatakan pembuatan KTKLN itu gratis,kalau ada oknum petugas yg meminta duit, apalagi dlm jumlah banayk. laporin atau mengadu aja ke bnp2tki atau di ekspos ke media. biar mereka tau kalau TKI/TKW itu tidak sebodoh seperti apa yg mereka pikirkan.
    jangan biarkan pungutan2 liar itu merajalela.

    BalasHapus
  12. klo mau bikin KTKLN itu klo ngak punya KTP gimana..????


    BalasHapus
  13. KTKLN..... akal-akal pemerintah untuk menyedot duit TKI, toh di tempat kerja ( di luar negeri ) gak ada paedah nya sama sekali ini KTKLN .... dasar negara penjajah berbagai macam cara untuk menjajah rakyat nya , apa gak cukup dari uang haram pajak itu ...............

    BalasHapus
  14. gak usah Bikin KTKLN , ini akal-akal pemerintah untuk menyedot duit TKI, gak ada yg namanya gratis pd pemerintah penjajah , apa gak cukup dengan uang haram yg dari pajak ...... takut lah api itu sangat panas

    BalasHapus
  15. maskasih banyak atas infonya yg sngt bermanfaat dgn demikian kita ngk bakalan ketipu krn kadang petugas sok memperalat kita" kl kitanya diam
    jd ingat beberapa taun lalu pas itu aku hrs ganti pesawat di jakarta krn yg langsung surabaya ngk ada aku hrs bertengkar ama petugas krn di paksa ikut ke terminal 3 tp aku tolak krn akunya jg ngeyel ngk mau akirnya petugas itu diam

    BalasHapus
  16. Aku di LN dah 2x berturut2 ,udah mau mudik lagi .dan tidak punya ataupun ngurus itu KTKLN alhamdulillah juga finish kontrak dan tak pernah ada orang yg dateng nanya ke aku tentang KTKLN

    BalasHapus
  17. Do you mind if I quote a few of your articles as long as I provide credit and sources back to your website?
    My website is in the exact same area of interest as yours and my visitors would genuinely benefit from a
    lot of the information you present here. Please let me
    know if this ok with you. Cheers!

    my webpage how to get your girlfriend back

    BalasHapus
  18. saya sangat setuju dengan tulisan anda di atas KTKLN hanya mempersulit dan merugikan TKI dengan kos yg sangat mahal

    BalasHapus
  19. Baru tahu aku, ternyata lumayan ribet ya...

    BalasHapus
  20. selaain di ciracas dan dulu di bandar soeta

    di manal
    lagi ya mau bikin ktkln ?

    apakah ada di daerah bekasi

    BalasHapus
  21. Saya majikan dari malaysia ingin bertanya bagaimana jika pembantu saya datang ke Malaysia menggunakan Journey Pass Visa ? Adakah dibenarkan untuk KTKLN?

    tk

    BalasHapus
  22. thanks banget artikelnya mambantu kami yang masih awam

    BalasHapus
  23. KTKLN bisa di buat di luar negeri tidak....?
    Terima kasih

    BalasHapus
  24. kalau diluar negri kartu ini gak dipertanyakan sama sekali.makanya banyak demo diluar negri agar dihapus .

    BalasHapus
  25. Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'

    BalasHapus
  26. ASS..WR.WB.SAYA IBU RITA TKI HONGKONG INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA MBAH GENEP,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN MBAH SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN KEBUN YANG DULUNYA SEMPAT DIGADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN MBAH GENEP,YANG MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA 4D HONGKONG KEPADA SAYA DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI NO HP: (((085-110-369-888))) MBAH GENEP JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL MBAH GENEP SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN SENDIRI..
    • لالله�أشهدألاإله إلاالله،وأشهدأن محمدرسوالله

    BalasHapus
  27. baru tahu aku, ternyata lumayan ribet ya...

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P