Mbak Indah Julianti Sibarani

Ini tentang teman-teman, teman-teman yang saya temui ketika pulang. Yah, pulang ke Indonesia tahun lalu, saya banyak bertemu dengan teman-teman dunia maya. Sayangnya, beribu-ribu file foto yang ada tak terbawa oleh saya. Ini dikarenakan kapasitas laptop sudah tidak muat lagi dan saya transfer ke laptop kakak. Jadilah saya merana karena tak punya harta simpanan foto. Semoga di facebook dan lain-lain tempat saya menemukan fotonya.



Orang yang pertama kali saya temu (yang saya kenal) di bandara Sultan Hasanudin Makassar november tahun lalu adalah bang Almas. Tapi saya sudah pernah menulis tentang Bang Almas, meski belum pernah ketemu. Jadilah, kali ini saya menulis tentang Mbak Indah Juli. 

Mbak Indah Juli, saya mengenalinya sekilas-sekilas saja ketika sedang blogwalking. Saat itu, saya singgah di blognya dan mampir di postingan pertamanya mengenai kopdar beliau dengan teman-temannya yang pinjam meminjam buku. Duh, irinya saya melihat dan membaca postingan tersebut. Saya berani-beranikan diri untuk komen di lapaknya dan tak lama setelah itu, Mbak Juli juga singgah di blog saya. Selanjutnya, saya mengenalnya melalui twitter dan facebook.

Jadi saya sudah familiar dengan sosoknya. Maka tak heran ketika sabtu 9 november ada acara di gedung LAN, ketika kami sama-sama menaiki bus, saat melihat sosoknya yang sudah duduk manis di bus jok bagian depan saya langsung menegurnya.

"Mbak Juli?" tanya saya sambil mengulurkan tangan.

Uluran tangan saya disambutnya. Ragu beliau bertanya, "Siapa, ya?"

Tak kalah ragu, di dalam hati saya bermonolog sendiri. Kebiasaan saya yang jarang sekali memajang foto di jejaring sosial membuat banyak orang yang tak mengenali wajah saya. Kebanyakan hanya mengenali Anazkia (saja) tanpa mengenali wajahnya. Setelah sepersekian detik bermonolog, akhirnya saya menyebutkan nama

"Saya Anaz, Mbak. Anazkia."

Kontan, jawaban saya membuat Mbak Indah Juli surprise. Kaget, jelas terpancar dari wajahnya, tapi kekagetan itu berubah menjadi keramahan.

"Nggak pernah majang foto, sih. Ternyata Anaz itu orangnya kecil. Kirain besar kayak saya." beliau tertawa renyah.

Saya tersenyum. Masih segan dan malu. Maklum, sejak malam sebelumnya saya merasa belum ada teman yang saya kenal pada event Blogger Nusantara 2012. Sedang Mbak Juli terlihat sibuk ngobrol dengan siapa saja di dekatnya juga sibuk ber say hallo dengan siapa saja yang ditemuinya. Dikenalkannya saya kepada teman duduknya. Dari situ, saya beranjak duduk ke belakang.

Sampai di gedung LAN, saya banyak mengekori Mbak Juli. Lagi-lagi, Mbak Juli mengenalkan saya kepada siapa saja yang ditemuinya dan saya belum mengenalnya mas Anjar adalah salah satunya. Saya senang-senang saja, berhubung memang tak banyak teman (serasa blogger dari planet lain hihihi) Sehari itu, saya banyak bersama dengan Mbak Juli. Dari tempat duduk, makan siang, cari minum dan lain-lain. Meski saya sempat kabur ke kedai kopi mengikuti Bang Almas dan Om Brad juga mbak Rani pas sorenya, tapi saya tetap banyak barengan dengan beliau.

Termasuklah ketika sore acara sudah selesai. Saat peserta mulai bubar di depan gedung LAN, Mbak Juli memanggil-manggil saya untuk dikenalkannya dengan Mas Gempur. Terang-terang saya menolak, saya bilang tidak mengenalnya, malu kata saya. Malamnya, saya tidur lebih awal. Esok hari, ketika peserta dari luar kota diajak ke pantai Akkarena, saya tak selalu dengan beliau. Tapi saya banyak memotret beliau yang dengan riang bermain dino (di tempat saya namanya itu, kalau di Makassar saya lupa namanya hehehe)

Sampai kepada selasa malam saat peserta sudah banyak yang pulang, kebetulan saya termasuk yang terakhir pulang. Jadi penginapan saya pindah dengan yang lain. Saya satu kamar dengan mbak Lutfi, sementara di kamar sebelah ada kak Tuteh dan Kak Fauwziyah. Sebelum beliau pulang dan berangkat ke bandara, kami sempat berbincang-bincang banyak hal. Mulailah saya lebih mengenali beliau, yang ngeblog sudah puluhan tahun.

Senang saya mengenalnya, senang saya bisa berbincang dengannya. 

"Mba, nggak apa-apa, kan saya manggil Mbak Juli?" tanya saya tiba-tiba

"Lho, nggak apa-apa. Emangnya kenapa?"

"Ah, enggak, Mbak. Dulu Anaz segan aja sama Mbak Juli." ujar saya curhat

Dan kembali, beliau berakrab-akrab ria sampai mendekati jam dua belas malam sebelum beliau ke bandara dan akhirnya pulang. Tak lupa, adalah sepatu beliau yang tertinggal di kamar Kak Tuteh akhirnya dibawakan oleh saya keliling kota hehehehe....

Mbak Juli, sosok sederhana dengan talenta luar biasa. Senang bisa mengenal Mbak Juli. Jadi kapan kita ketemu lagi, Mbak? :)


Mbak Juli, dua dari kanan. Isk, saya gak ada simpan foto-fotonyaaaa hiks (eh, ubek-ubek album FB dulu ini foto koleksinya Kak Lis Cantik)  tepuk jidat, di album FB gak ada foto2 Mbak Indah Juli yang diupload :(


Ada juga rame-rame lagi :|

24 komentar:

  1. senangnya bisa kopdar sama kak injul. jadi iri nih, mba. hehe :D

    BalasHapus
  2. terus kopdar ma saya kapaaan mbak anaaaz? >.< kalo ke solo insya allah ketemuan yaaah *wink wink* ;;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau Mbak Anaz ke Soloooo
      kalau gak ke Solo yah lewat, hiks :(

      Hapus
  3. Ini jadi Ana udah balik ke Malay? Bagaimana bisa kita blm meluangkan waktu bersama? Iks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Hehehe
      Insya Allah nanti pulang lagi dikabari :)

      Hapus
  4. kopdar bisa memperkenalkan kita dengan sosok2 hebat yang dahulunya hanya kita ketahui dari dunia maya
    ^_^

    BalasHapus
  5. Mak Juli emang aseek ..hebooh..

    Jadi kapan Anaz ketemu aku ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ke Bandung, Insya Allah ketemu Teh Nchie :)

      Hapus
  6. wuihhhh.... asik banget. tapi, memang sangat menyenangkan kopdar dengan teman2 yang bersedia mengenal kita juga.

    BalasHapus
  7. aseknya kopdar ya mbak. ntar saya ke jakarta kalo ada acara2 kabarin ya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sep, aseeekkkk
      Nunggu Saidy ke Jakarta lagi sekalian nunggu Mbak pulang juga hehehe

      Hapus
  8. Uwaaaa sngnya kopdaran.....kpn nih sm zwan mbk anaz hihi

    BalasHapus
  9. Kalau aku ketemu Anaz juga pasti gak ngenali hahahaaa..... Ayo foto banyak2. Btw kalau aku lebih besar dari mak Injul. Nah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiyah, cukuplah sesedikit ini foto2 Anaz, Mbak hehehehe

      Hapus
  10. dija juga mau kopdaran sama Tante Anaz lhooo....

    BalasHapus
  11. hari gini masih nyimpen foto di laptop..?
    aplut aplut ke file hosting atuh. banyak yang gratisan dan kasih space lebar kok.

    eh kalo ke orang lain mau nyamperin
    kalo sama aku ga mau
    lewat ya lewat aja
    haha curaaang...

    BalasHapus
  12. kunjungan perdana..
    blog dan tutornya sangat menarik..
    ditunggu ya folbacknya:)

    BalasHapus
  13. aku juga belum pernah ketemu mbak Anaz nih :) Udah lama ternyata ya mbak kita kenal didunia maya. Mbak Anaz sekecil apa? sama kaya paling ya oops salah deh kalau aku kurus banget

    BalasHapus
  14. seneng liat teman2 yang bisa kopdar ... aku mah belum pernah tuh ikut acara ketemuan rame-rame. Maklum tinggal di kampung hehe ...
    Yaa, cuma ikut seneng dari jauh ajaa

    BalasHapus
  15. Hai salam kenal kak Anaz~ :)
    Selalu deh cerita tentang kopdar sukses membuat saya iri.. ^^
    Anyway, kak Anaz sekarang sedang tinggal di mana?

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P