Asean Blogger Festival Indonesia 2013

Dokumentasi Pak Dian Kelana
"Apa peranan ASEAN Blogger dalam menghadapi hubungan dua negara yang kerap kali terjadi, khususnya antara Indonesia dan Malaysia?" Pertanyaan itu pernah saya lontarkan kepada ibu Maria, pada acara ASEAN Blogger peduli yang diadakan di Pusat Pendidikan dan Latihan Departemen Republik Indonesia 1 desember 2012 lalu. Pertanyaan itu bukan tanpa alasan. Tujuh tahun lamanya saya tinggal di Malaysia, sejak di Malaysia juga saya mengenali dunia blog. Ragam cerita dan rupa-rupa rasa selama ngeblog saya dapatkan.  Beragam teman saya kenali melalui blog, terutamanya teman-teman blogger dari Malaysia. 



Masih ingat, ketika suatu saat saya komentar di salah satu postingan blogger rekan Malaysia. Sejak saat itu, blogger Malaysia tersebut singgah di blog saya. Kita berdebat panjang lebar kebetulan postingan saya saat itu mengenai kasus yang sedang ramai dibicarakan di Indonesia. "Andai semua blogger Indonesia seperti Anda" Saya terhenyak membaca komentarnya, kesimpulan saya mungkin blogger tersebut lebih banyak menemukan tulisan yang bersifat menyerang atau sebaliknya. Tahulah saya mengenai blogger tersebut, rupanya beliau adalah seorang wartawan salah satu stasiun televisi terbesar di Malaysia dan sejak saat itu juga saya berteman dengannya. Tak hanya beliau saja tentunya yang saya kenal, tapi juga masih banyak blogger Malaysia lainnya, termasuklah Denaihati.

Adanya ASEAN Blogger yang terbentuk pada bulan mei 2011 seolah menjadi angin segar untuk dunia blogger di kawasan Asia Tenggara tak hanya Malaysia dan Indonesia saja tentunya. Sejak terbentuk dan konfrensi di Bali pada  16 november 2011 ASEAN Blogger menjadi penyambung dan penguhubung negara-negara yang terlibat dalam ASEAN. (sumber tempo)


Sedangkan untuk tahun ini, ASEAN Blogger Festival 2013  kembali digelar. ASEAN Blogger Festival diadakan di kota Surakarta (Solo) pada tanggal 10-12 mei 2013 bertempat di Kusuma Sahid Prince Hotel, Solo. Mengambil tema “Reinventing the Spirit of Cultural Heritage in Southeast Asia" dipilihnya kota Solo sebagai tempat ASEAN Blogger karena adanya keraton Surakarta yang memiliki keterkaitan sejarah (sumber tempo)

Kalau tahun 2011 peserta yang hadir sebanyak 200 peserta blogger, untuk tahun ini ASEAN Blogger Festival menghadirkan peserta sebanyak 230 yang terdiri dari, 

  •  15 pakar narasumber
  • 15 praktisi media sosial di Asia Tenggara
  • 50 blogger perwakilan dari 10 negara ASEAN
  • 50 blogger setempat perwakilan dari luar pulau jawa
  • 100 blogger setempat dari pulau jawa (sumber blogfast.info)

Dengan banyaknya narasumber dan praktisi yang hadir, tentu saja banyak ilmu dan pengalaman yang bisa diperolehi, mengenai kebudayaan, perkembangan media sosial di negara ASEAN dan banyak lagi. Itulah kenapa saya ingin turut serta dalam event ASEAN Blogger Festival 2013 kali ini. Tak hanya ilmu yang didapat, saya juga ingin bertemu dengan teman-teman blogger dari berbagai komunitas dari Indonesia juga blogger-blogger dari negara lainnya.

Untuk ke depannya, mengenai ASEAN Comunity 2015 semoga semakin banyak kalangan blogger di seluruh negara ASEAN yang terlibat dalam event ini. Sehingga kalangan blogger mampu menjadi jembatan hubungan antar negara. Ini bukan kerja mudah tentu saja, perlu banyak pihak yang terlibat. Kelak, semoga ke depannya event ini tak hanya dilaksanakan di Indonesia, tapi juga di negara ASEAN lainnya. Bersama dengan Air Asia sebagai sponsor dan juga Asianita.

http://www.fb.me/Aseanita or  at Twitter Account @ASEANita.















5 komentar:

  1. hebat kak anaz bisa ikut. * melu seneng*

    BalasHapus
  2. gimana mau gabung mbak ,kalo tidak ada ajakan. pasti hanya golongan tertentu saja yang menghadiri, bukan blogger sjati yang seharusnya di berikan perhatian lebih. Terus transparasinya juga kurang. jadi kita berkesimpulan kalo itu hanya sebuah pencitraan saja

    BalasHapus
  3. Saya juga kalau ngga ada halangan akan kesana... Sampai jumpa disana sis... Btw perwakilan dari angingmamiri siapa aja yang berangkat?

    BalasHapus
  4. semoga bisa ikut :) *semangkaaaaa*

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P