Semestarian



 
Kami di Pulau Tegal-Lampung

Semestarian,  saya mengenal nama itu belum lama, baru sekitar empat bulan lalu. Kalau ditanya dari mana mengenalnya, seingat saya dari twitter. Awalnya dari Mbak Tias, istri Mas Gong yang mention acount @rumahbukuclg kepada saya. Interaksi sesekali dengan acount @rumahbukuclg, sampai akhirnya suatu hari saya dimention lagi oleh @rumahbukuclg dengan pemilik acount @nebulakidz.

Kebiasaan saya, kalau dimention langsung stalking keliling ke acount twitternya. Kalau ada blognya itu adalah nilai tambah untuk saya lebih tahu siapa pemilik acount tersebut. Dari situ, saya sedikit tahu aktivitas pemilik acount @nebulakidz. Saya yang masih di Malaysia merasa surprise dengan kegiatan yang dilakukan oleh pemilik acount. Apalagi saat membaca pengantar di blognya,

“Teman-teman yang berSEMANGAT!, kami masih membutuhkan banyak sekali buku atau bahan bacaan lain yang akan kami sebarkan melalui kegiatan kegiatan kami, ingat semangat, kreativitas, dan rasa lapar mereka begitu besar, namun kemudian banyak terhalang oleh kendala ekonomi dan distance yang tidak memungkinkan mereka untuk mendapatkan “makanan” yang mereka harus dapatkan…”

Membaca prolog tersebut saya seperti menemukan teman. Hehehe… iya, bener. Saya seperti bertemu teman yang mempunyai visi sama (sebetulnya pas karena ada kalimat bukunya aja, sih :D)
Perpus semesta milik Kak Rizqi yang berada di Anyer

Ah, sudah cerita mengenai prolog perkenalan saya dengan @nebulakidz. Dari perkenalan tersebut, bulan juni lalu saya mengajak @nebulakidz (yang ternyata bernama Arif dan saya memanggilnya Kak Aip) ke Lampung tepatnya ke Pulau Tegal untuk mengirim buku. Saat komunikasi dengan Kak Aip, ia memberitahu kalau akan mengajak teman-temannya. Maka pada 16-17 juni 2013 lalu kami sepakat berangkat ke Pulau Tegal Lampung.
Making pupet (bikin boneka dari kaos kaki) Kak Arum yang pake baju merah, tangannya lagi nunjuk :)

Sabtu 16 juni dini hari mendekati pukul dua, saya bertemu dengan mereka. Saya bersama dengan teman-teman dari Blogger Hibah Sejuta Buku (BHSB) Kak Chipto, Kak Ria, Kak Rendy juga Kak Lala. Dan Kak Aip juga bersama dengan teman-teman lainnya, Kak Magda, Kak Arum, Kak Lisda, Kak Ijal juga Kak Ari. Semuanya, baru saya temui malam itu. Ya, baru saya temui.

Mereka, menyebutnya Semestarian. Katanya, Semestarian adalah kumpulan dari beberapa komunitas, Adam And Sun Foundation yang digawangi oleh Kak Aip, Perpus Semesta yang digawangi oleh Kak Rizqi, Rumah Buku Cilegon yang dalangnya adalah Kak Magda. Sekumpulan orang-orang unik dan keren ini bertemu, kemudian ditambah dengan keahlian-keahlian khusus yang lainnya. Kak Arump yang jago puppet making, Kak Lisda yang pinter paper toy, Ijal yang bisa beat box juga Arie yang hobi banget ngelucu.

Piknik buku yang digagas oleh Rumah Buku Cilegon (dari kiri ke kanan, Kak Arum, Kak Ijal dan Kak Magda) bahasan piknik buku kapan-kapan aja, nunggu saya ikutan :D
Itu sebatas yang saya tahu mengenai Semestarian.

Kak Aip dengan Adam and Sun Foundation itu sudah punya program sendiri dengan Dream Triger dan Galileo Jr. Kak Magda jago Story Telling. Jadi, kalau Semestarian mengadakan acara kegiatannya itu ada Story Telling, Dream Triger, Galileo Jr, Making Pupet, Paper Toy dan ditambah kemarin itu pas di Bandung ada Funtivasi oleh Kak Chipto.

Paper toy bareng Kak Lisda

Semestarian sudah beberapa kali mengadakan kegiatan. Pertama, di Patia trauma healing di sana pasca banjir Patia (januari 2013). Kedua, di Pulau Tegal (juni 2013) dan ketiga di Bandung (oktober 2013). Selain tiga kegiatan tersebut, ada juga yang lain sewaktu acara tuperware di kantornya Kak Magda. Dan lain-lain yang terbanyak adalah aktivitas dan undangannya kak Aip untuk Galileo Jrnya. Nah, kalau Kak Aip undangannya emang sudah kemana-mana.

Galileo Jr (Kak Aip)

Lantas, Hibah Buku masuk ke dalamnya. Entah kehadiran Hibah Buku itu meriwehkan atau apa. Tapi saya secara pribadi merasa sangat beruntung dan bersyukur mengenali mereka. Kami, satu sama lain seperti saling melengkapi. Nggak tahu juga pandangan yang lain, berbeda pandangan sah-sah aja, bukan?
Ada beberapa orang yang ingin saya temui dan belum pernah ketemu, salah satunya adalah Kak Rizqi. Saya beneran pengen ketemu. Dan Kak Stella tentu saja.

Untuk Semestarian, saya mencintai kalian dan bersyukur bisa mengenal kalian. Semoga Semestarian mampu dan dapat berkembang serta bisa terus berbagi. Berbagi cerita, berbagi ceria, berbagi buku, berbagi ilmu dan berbagi hal-hal yang bermanfaat lainnya. Sekali lagi, saya mencintai kalian karena Allah, karena-Nyalah kita dipertemukan. Sudah, itu saja.

10 komentar:

  1. seneng banget pastinya ya mbk kl ketemu sm orang yang sama2 memiliki hobi yg sama...buku ^^
    sukses bt BHSB dan kawan2... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, seneng bangetttt
      Tapi kita gak cuman buku aja, kok :)
      Satu dengan yang lain saling melengkapi *haish huehehehe

      Hapus
  2. Acara yang mengesankan berbagi keceriaan dan buku, benat-benar acara yang perlu ditiru komunitas lainnya!

    BalasHapus
  3. Jalan jalan terus sih naz..?
    Jadi gabung LSM nya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jalan-jalan bermanfaat mas kalau mbak anaz :)

      Hapus
    2. @kang Rawins, Jalan2nya mah sesekali aja, Kang

      @Mbak Lidya, hehehehe

      Hapus
  4. kangen anazzz yang punya segudang kegiatan kerennnn

    BalasHapus
  5. ... dan berhasil meleleh waktu nonton dokumentesinya di yutup :)
    semoga sukses selalu, Mbak :)

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P