Resep Sambal Tempe

Resep sambal tempe ini saya dapatkan ketika masih berada di Malaysia, tepatnya dari Mbak Karyatun teman kerja yang berasal dari Jawa Timur yang bekerja di rumah anak majikan saya. Eh, saya lupa Mbak Karyatun ini aslinya dari mana :D lali tenan. Awal mengetahui dan makan sambal ini tertanya-tanya apa saja bahannya, ternyata sederhana sekali. Hanya membutuhkan tempe, cabai rawit dan bawang putih.

Cara masaknya juga sederhana, tempe digoreng terlebih dahulu. Kemudian bawang putih dan cabai rawit juga digoreng. Setelah itu baru diulek semuanya, ditambahin garam tentu saja. Ini dulu waktu saya masih di Malaysia kalau lagi nggak nafsu makan pasti langsung nyari tempe buat bikin kayak gini. Tak hanya saya yang suka, keluarga majikan saya juga suka. Adik, Nini, Kak Moona, Kak Huaida dan anak menantu ibu yang lain.

Selain sambal tempe, karena saya juga menyukai tahu, kadang juga saya ubah jadi sambal tahu. Dan ini tak kalah enaknya. Resep sederhana untuk menambah nafsu makan. Sekarang, pas sudah jadi anak kos saya jarang banget bikin sambal ini. Lah piye, nggak ada kompor :D


 Kalau pake cabe Thailand lebih enak lagi :)

16 komentar:

  1. okeh...bikin lidah ngiler..eh.nnti coba ah kok koyoke huinak tenan..sluuurpttt

    BalasHapus
  2. Ha? Lagi ngerti sambal pakai bawang putih

    BalasHapus
  3. mudah ya bikin ya, jadi pengen bikin juga :)

    BalasHapus
  4. Tempenya yg masih mondol gtu, Mba?

    Maem kalau gak pake sambel kurang nikmat. Dasare seneng pedes. :)

    BalasHapus
  5. Sambel Tahu? Pantes dicoba nih! Sambel tempe nya udah :)

    BalasHapus
  6. Ini mah menu favorit aku kalo lagi main ke rumah ibuku tercinta ^_^

    makasih mbak Anazkia, jadi pengen nyoba bikin niiih *kabooorr ke dapur cari rawit

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P