Mengikuti Kelas Inspirasi

Ada yang belum tahu Kelas Inspirasi? Baiklah, mari saya ceritakan sedikit mengenai Kelas Inspirasi yang akan saya ikuti pada hari Kamis taggal 24 April 2014 lusa. Sedikit mengambil paragraf pertama dari website Kelas Inspirasi, inilah penjabarannya, Kelas Inspirasi adalah gerakan para profesional turun ke Sekolah Dasar (SD) selama sehari, berbagi cerita dan pengalaman kerja juga motivasi meraih cita-cita. Cerita tersebut akan menjadi bibit untuk para siswa bermimpi dan merangsang tumbuhnya cita-cita tanpa batas pada diri mereka. Tujuan dari Kelas Inspirasi ini ada dua, yaitu menjadi wahana bagi sekolah dan siswa untuk belajar dari para profesional, serta agar para profesional, khususnya kelas menengah secara lebih luas, dapat belajar mengenai kenyataan dan fakta mengenai kondisi pendidikan kita.


Itu penjabaran yang saya dapatkan dari Websitenya, kalau luang bisa main-main ke webnya baca-baca di sana. Saya sudah lama mengikuti update-update terbaru Kelas Inspirasi ketika saya masih di Malaysia. Memang sudah lama ingin bergabung. Dan di batch tiga Kelas Inspirasi Jakarta ini saya baru bisa ikut mendaftar. Pendaftaran dibuka sejak bulan Maret dan pengumuman pada 1 April lalu. Waktu mendaftar, saya masih tercatat sebagai salah satu karyawan kontrak di Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa di bagian Media dan Komunikasi. Alhamdulilah, nama saya muncul ketika pengumuman pada 1 April lalu. Senang dan nervous tentu saja karena saya nggak bisa mengikuti briefing. 12 April lalu ketika jadwal briefing saya pas berada di Terengganu. Tapi syukur alhamdulilah, teman-teman kelompok 9 ini ada yang kontak saya menanyakan apakah saya akan ikut atau tidak untuk hari H. Terima kasih buat Rima :)

Selanjutnya, komunikasi kami melalui group whatsapp. Dan Minggu 20 April lalu kami ketemuan. Meski nggak semuanya berkumpul, up date info pertemuan dikirim melalui email. Satu kelompok ada 10 orang, Mbak Puji seorang Lab Profesor, Mas Reza Arsitek, Mbak Rima Pembelian (bingung ini hehe), Mbak Inda HRD, Mas Parley Pengenalan Uang dan BI, Mas Dannis Marketing IT, Mas Yudi Bankir, Mbak Gite Komunikasi, Mas Alfa Statistik dan saya mencantumkan profesi saya sebagai blogger.

Kenapa saya mencantumkan profesi blogger? Karena sekarang saya sudah resign dari tempat kerja. Dari pada saya mencantumkan profesi pengangguran #eh hehehe... Awalnya, saya antusias ikut kelas Inspirasi ini ingin mencantumkan profesi saya sebagai Pembantu Rumah Tangga (PRT) karena profesi inilah yang paling lama saya geluti. Saya jadi ngebayangin kalau profesi  PRT pasti saya akan membawa atribut khas PRT, lap pel, kemoceng, sapu, celemek atau apalah. Kemarin pas ketemu teman-teman, yah, agak minder gitu. Cuman sekarang saya nggak mau minder-minderan lagi, karena saya belajar dari Kang Asep. Siapa Kang Asep, nanti saya ceritakan di bawah.

Ngomong-ngomong Kelas Inspirasi yang notabene dalam ngajar sehari ini memperkenalkan profesi, tidak semua peserta yang ikut itu para profesional yang jabatannya mentereng. Bulan Januari atau Februari awal tahun ini ketika Kelas Inspirasi dibuka di Bandung, dua orang teman saya ikut. Kak Aip yang mencantumkan profesi sebagai astronom dan kang Asep yang mencantumkan profesi sebagai Pedagang Batagor Keliling juga co founder Rumah Pelangi Bandung .



Nah, Kang Asep ini keren banget. Sumpah keren! saya pernah berkunjung ke Rumah pelangi dengan teman-teman Semestarian, kak Aip and the gank. Saya masih inget ketika malam setelah maghrib kita mengadakan sesi sharing volunteer, kang Asep menceritakan awal mula ia mendirikan Rumah Pelangi. Rumah Pelangi adalah sebuah Taman Bacaan. Bermodalkan 5 buku, ia bersama dua orang temannya mendirikan Rumah Pelangi. Bayangkan, 5 buku! Tapi sungguh Tuhan itu Maha Kaya, ia tak pernah pelit kepada hamba-Nya yang mau berusaha. Bermodalkan 5 buku tersebut akhirnya kini Rumah Pelangi memiliki ratusan buku.

Masih ingat juga ketika Kang Asep bercerita, bagaimana setelah ia membuka Rumah Pelangi bermodalkan 5 buku, seminggu kemudian ada tukang loak yang membawa buku bekas dan kondisinya masih bagus serta layak baca. Akhirnya buku-buku itu dibelinya dan menjadi koleksi tambahan untuk Rumah Baca Pelangi. Sekarang? Sudah berderet-deret buku di Rumah Baca Pelangi. Selain dijadikan Rumah Baca, Kang Asep dan teman-temannya juga menjadikan Rumah Baca Pelangi sebagai sarana untuk bermain juga belajar dari anak-anak sekitar. Nah, keren banget, kan? Kang Asep ini penjual batagor keliling, tapi aktivitasnya keren banget. Saya belajar banyak dari kesederhanaan kang Asep, tentang menghargai profesi juga tentang bertemu banyak orang di Kelas Inspirasi ini dari berbagai profesi. Tak peduli apa profesimu, yang penting mari kita berbagi dengan adik-adik kita :)



Ini waktu kami ke Bandung bulan Oktober tahun lalu


Dream Triggernya Kak Aip ini suer keren pake banget juga ;)


Berdoa dan bermimpi untuk masa depan


Kostum kita Doraemon style :D

Kang Asep yang megang mic. Sebelahnya Kak Aip. Kata Kang Asep, orang yang menginspirasinya membuat Rumah Pelangi adalah kak Aip. Orang ini sama-sama keren, dua-duanya emang keren :)



Ini penampakan Rumah Pelangi, foto-foto di atas dokumentasinya teman-teman yang berkunjung ke Rumah Pelangi Oktober tahun lalu ;)

Eh, ini kok malah nampilin foto-foto yang di bandung, tho? :D maap... ini lusa saya ngajar di SDN Menteng Atas 12




Lokasi tempat ngajar Kamis lusa


Dan saya adalah blogger :)

10 komentar:

  1. Kelas inspirasi yang aku tahu si chiki

    BalasHapus
  2. Aarrrrrkkk pingin bgttt ikutan..pas umut 25 tahun pgn daftar Indo Mengajar tp eh dah tutup pndaftaran huhuhu....etapi beneran kang asep inspiratif bgtttt.....keren....hebatttt...kyk mbk anazzz ;)

    BalasHapus
  3. Keren.. benar-benar inspirasi yang luar biasa,
    Semangat yaa ngajarnya mba Anaz \(^o^)/

    BalasHapus
  4. apik mbak programme ben isa ngekei anak2 motivasi n inspirasi

    BalasHapus
  5. Salam utk Kang Asep dan Kang Aip ya?
    Keduanya keren banget... dan sukses utk Kelas Inspirasinya mbak :)

    BalasHapus
  6. Selamat berbagi.....Nikmatilah, karena berbagi itu menyenangkan!

    BalasHapus
  7. Srnang bangeet bisa bertemu anak2 cantiik. Apresiasi buat Kang Asep.

    Yang posting juga kereeen. :D

    BalasHapus
  8. Wow, inspiring Naz. Udah lama aku pengin ikut tapi bingung mau kucantumin apa ahahaaa.... Mau pemilik usaha atau blogger. Kalau penginnya sih motret aja wihihiiii

    BalasHapus
  9. Mauuu ikutttt

    Jepara kagak ada giniannn

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P