Delapan Hari Dari 17 Mei



Ini sudah tanggal 24 Mei, terlewat sudah delapan hari dari tanggal 17 Mei. Iseng membuka catatan-catatan lama di kompasiana. Awalnya sengaja mencari tulisan-tulisan fiksi, ingin menulis fiksi lagi niatnya. Tapi saya sampai di postingan 17 Mei 2013, Meriahnya Hari Buku Nasional di Kediri. Saya membaca kembali dari atas ke bawah tulisan tersebut juga kembali mengingat kronologinya dari awal sampai akhirnya saya menuliskan postingan tersebut. Dan saya mengingat perjalanan yang sudah delapan hari berlalu.

Kamis, 15 Mei saya bersembilan dengan teman-teman yang lain, Kak Ayu, Kak Aip, Kak Aty, Kak Kiki, Kak udin, Kak Ijal, Kak Arie, Kak Ito berangkat dari Stasiun Senen menuju Kediri menaiki kereta Matarmaja ekonomi. 

Setahun lalu, ketika saya berkunjung ke Kediri menghadiri event Harbuknas yang diselenggarakan oleh Mas Naim tak pernah berpikir  kalau setahun kemudian saya akan kembali ke Kediri tepat di tanggal yang sama, Harbuknas. Bermula dari sumbangan salah satu donatur Hibah Buku yang ingin menyumbangkan dana untuk membeli buku ke Kelud, akhirnya saya mengajak teman-teman yang lain yang bisa memberikan edukasi untuk anak-anak.  Kak Aip yang jago astronomi, Kak Udin yang pinter sanstrik dan kak Chipto yang bisa funtivasi dan tak lupa teman-teman yang lain, yang bersama mereka kami semua menjadi ada dan bisa melakukan kegiatan.

Setelah pembelian tiket dan pencarian tambahan dana dari para donatur untuk yang lain terpenuhi, akhirnya berangkatlah kami pada 15 Mei ke Kediri. Melihat kalender, ternyata berbarengan dengan 17 Mei, akhirnya diambil moment Harbuknas dengan tema Bersenang-senang Dengan Buku Ceria Bersama Ilmu kami menyumbangkan buku di SDN Kebonrejo II, Desa Panggungsari, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Desa Panggungsari berada di 7 KM dari Kelud.

Momen yang dibidik memang sengaja 17 Mei bertepatan dengan Harbuknas. Sebelum berangkat Kak Aip dan Kak Ijal sempat menyarankan kalau nanti kita akan mengadakan upacara di sana dan teman-teman yang hadir diminta menggunakan seragam Sekolah Dasar (SD) Bayangkan, sudah berapa puluh tahun teman-teman tidak menggunakan seragam SD tersebut? :) ide itu disambut baik, semuanya membawa seragam SD kecuali saya sama Arie :)

Sampai di stasiun Kediri jam tiga pagi, kami semua harus menunggu dijemput oleh Mas Puguh, teman dari blogger Kediri yang akan menjemput kami bersama dengan Pak Novan. Menaiki pick-up menjelang jam enam pagi kami semua menuju Desa Panggungsari SDN Kebonrejo II. Sampai di Desa Panggungsari pukul delapan pagi, Alhamdulilah kami disambut baik oleh pihak sekolah. Menunggu pukul sembilan di mana kami akan mulai mengadakan acara masing-masing dari kami mempersiapkan diri, mandi dan menyiapkan yang lainnya.

Jam sembilan lebih, kami mulai membuka acara. Sesi perkenalan dilanjutkan dengan funtivasi oleh Kak Chipto. Pada sesi funtivasi ini, anak-anak diajak bermain dan diselipi motivasi.

Cerita bersambung ^_^

Foto-foto kegiatan lengkap ada di sini

3 komentar:

  1. Selalu salut sama semangat Mba Anaz dan rekan2..semoga menular juga pada saya dan kampung saya..:) oia mba ada award Liebster buat Mba..semoga berkenan :) terima kasih

    BalasHapus
  2. Teman2 multi talent semua.
    Gak kebayang kalau kmrn jdi ikut. Keknya malah inyong ngrepoti tok yo. :)

    Tetep semangat berbagi dan berukhuwah, Kanaz dkk. :)

    BalasHapus
  3. di hari buku international berbagi buku dengan anak-anak ya mbak

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P