Resep Ikan Tongkol Suwir


Resep Ikan Tongkol Suwir ini saya pelajari dari Emak. Lupa awalnya bagaimana ketika saya mulai mencicipi maskaan Emak yang ini. "Enak" pikir saya. Tapi saya membayangkan sulit membuatnya. Ikan tongkol yang disuwir-suwir, entah bagaimana ceritanya. Lantas saya coba memasaknya, tapi rasanya sangat jauh dari masakah Emak saya. Tentunya, itu ketika saya masih sekolah-sekolah dulu.

Beberapa waktu lalu saya sempat memasaknya, ketika di rumah tersedia ikan tongkol kiriman Budhe saya dalam jumlah yang banyak. Sebelum disuwir-suwir, saya merebus terlebih dahulu ikan tongkol tersebut dengan campuran garam dan asam kandis. Saya juga membiarkan ikan ini dua hari berada di kulkas, meski sesekali dihangatkan. Tujuannya supaya asam dan garam yang direbus bersamaan meresap dalam ikan.

Bahan-bahannya

Beberapa  potong ikan tongkols yang sudah direbus

11 biji bawang merah

21 biji cabe merah (ulek jangan sampai halus bersamaan dengan bawang merah)

Sedikit asam jawa

Garam dan gula secukupnya

Cara memasak ikan tongkol suwir. Ambillah beberapa potong ikan tongkol yang sudah direbus. Kemudian goreng. jangan lama-lama ketika menggorengnya, supaya hasil ikannya tidak keras. Setelah digoreng, suwir-suwir ikan. Jangan terlalu kecil, baru kemudian singkirkan.

Tumis cabe dan bawang merah yang sudah diulek. Setelah naik minyak, masukan air asam. Tambahkan garam dan gula. Setelah air berkurang, masukan ikan. Aduk-aduk rata dan ikan siap diangkat.

Yah sudah, resepnya itu aja. Iseng nulis resep masakan :D


17 komentar:

  1. Direbus dulu itu gunanya selain utk mengempukan jg menghilangkan amis ya mbak
    Gampang ih resepnya, kapan2 nyoba hehe

    BalasHapus
  2. sedeppp dan patut di coba kayanya nih mba,... gampang pula resepnya. Mari praktek, sebenarnya kaya balado ikan gitu ya...cuma ini di suwir jd anak2 lbh mudah makannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Ir, sama kayak balado ikan :)

      Hapus
  3. Dhe juga sering buat seperti ini mba Anaz, cuma bedanya saya ga pake gula. hehehe :D

    BalasHapus
  4. pake pindang tongkol juga bisa kan mba...

    BalasHapus
  5. mana nasi mana nassssiiii????
    duh baru aja maksi pke tongkol bumbu bali..kpn2 coba ah..

    BalasHapus
  6. Resepnya mirriiiippp banget sama Ibukku :D biasanya juga diganti ikan pindang hehe

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P