SMK Kota, Koperasi Sekolah Terbaik di Kelantan

SMK Kota, menjadi salah satu koperasi sekolah terbaik di Kelantan. SMK Kota berada sekitar 5 km dari pusat kota, Kota Bharu. Di sekolah ini memiliki 104 guru dan staf juga memiliki  1047 siswa. Koperasi di sekolah ini didirikan pada 31 Januari 1987. Dengan iuran pelajar yang ditetapkan sebesar minimal RM. 2 dan untuk guru minimal RM. 20, koperasi ini sudah memiliki modal iuran sebanyak RM. 15.115.00 per 31 Desember 2013.



Ini melanjutkan tulisan sebelumnya mengenai Jom Jelajah Koperasi Kelantan. Perjalanan dari Kuala Lumpur ke Kelantan memakan waktu 7 jam. Jam lima pagi, kami sudah sampai di Kelantan dan langsung chek in di MGU hotels. Saya sekamar dengan Emily Tang, blogger yang berasal Cheras-Malaysia. Menurut Anas, dalam event JJK Kelantan tak banyak yang diundang, lebih kurang dalam 25 orang baik dari media mau pun blogger, lokal mau juga internasional. Brunei Darussalam, Australia, Korea, Filipina juga Indonesia adalah undangan dari luar negara.

Pembacaan doa


Jam sembilan pagi, setelah kami berehat secukupnya kami menuju cafe untuk sarapan sebelum bersiap menuju Sekolah Menengah Kebangsaan (SMK) Kota. Menaiki bus, kami menuju SMK Kota Baru. Sampai di sekolah, kami disambut oleh pihak sekolah yang sudah menyiapkan tempat di Dewan Kota Jelasin. Puan Rosmaini Ismail dengan suara lembutnya membawakan susunan acara dengan baik. Doa dan sambutan satu persatu disampaikan, juga hiburan dikir barat yang dipersembahkan oleh para siswa SMK Kota.

pengetua SMK Kota, Encik fauzi Muhammad


Dalam sambutannya, pengetua SMK Kota, Encik Fauzi Muhammad mengucapkan banyak terima kasih kepada Gaya Travel juga Suruhanjaya Koperasi Malaysia (SKM) yang telah memilih koperasi sekolahnya untuk dikunjungi dalam program JJK Kelantan (eh, saya bingung ini, pengetua SMK sama dengan kepala sekolah atau bukan. Nanti besok saya tanya kawan orang Malaysialah -_-)

Puan Rosmaini Ismail, suaranya cakep ^_^


Beliau juga mengharapkan dengan adanya program JJK Kelantan ini dapat menaikan kemajuan koperasi SMK Kota baik di tingkat negeri mau pun kebangsaan. Encik Fauzi juga menceritakan berbagai macam pelayanan yang ada di koperasi, dari persediaan sekolah baik alat tulis mau pun seragam sekolah, surat kabar, pelayanan foto copy, layanan telpon berbayar (model wartel kalau di Indonesia) menjual makanan beku, pakaian, kuih muih dan banyak lagi.

"Koperasi kami, sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan. Baik peringkat negeri maupun antarbangsa. Di antaranya ialah, Anugerah Koperasi Negara 2013, Juara Kedua Koperasi Sekolah 2013, Pengurusan koperasi terbaik Kelantan 2013, Jualan Teringgi Kebangsaan 2011, Anugerah Koperasi 5 Bintang 2011, Anugerah Koperasi 2010 juga masih banyak lagi anugerah yang kami perolehi." Ujar Encik Fauzi Muhammad dalam sambutannya.

Sambutan selanjutnya adalah dari Encik Kasim Bin haji Abdullah ketua rombongan kami. "SMK Kota, merupakan salah satu sekolah terbaik dalam bidang koperasi di Kelantan," ujarnya. Beliau memberikan apresiasi kepada SMK Kota karena menjadi koperasi yang pertama dikunjungi dan menceritakan kegiatannya. Dengan adanya program JJK diharapkan mampu mengeratkan hubungan SKM dengan banyak pihak termasuk dengan media. 

Encik Kasim Bin haji Abdullah ketua rombongan kami


"Pemberitaan yang dilakukan secara lisan dan tulisan, ianya akan berbeda. Di mana dengan tulisan yang disampaikan oleh media baik online mau pun surat kabar ia lebih luas penyebarannya berbanding melalui lisan." Kata Encik Kasim.

Menikmati hidangan pagi

Nasi tumpang


Tepung pelita


Terakhir, adalah sambutan dari Tuan haji Suhaimi Bin Sulaiman bendahara dari SMK Kota. Di sini beliau memberikan penjelasan juga  awal mula berdirinya koperasi SMK Kota. Sampailah kepada jumlah keuntungan setiap tahun yang didapat. Selesai sambutan, selanjutnya adalah menikmati jamuan makan yang sudah disiapkan oleh pihak SMK Kota diiringi hiburan dzikir barat. Dan terakhir adalah peresmian minimarket baru yang lokasinya berada di dekat pintu gerbang sekolah.  Di dalam minimarket yang baru dijual bermacam-macam barang kebutuhan.

Peresmian minimarket koperasi baru

Penampakan minimarket. Eh, saya mikir kalau ini di Indonesia ada kan bisa mengalahkan sigambar madu sama sebelahnya yang selalu bergandengan itu, ya? :/

Deretan barang yang dijual

Para pengurus








10 komentar:

  1. Aku kok nulisnya campur aduk bahasa ini? :(((((

    BalasHapus
  2. keren ya,,,,cakep banget minimarketnya,,,eh disana ada nasi tumpang segala ternyata ya,,,bukang hanya di Kediri saja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah, Mbak Dwi di Kediri rupanya
      Bulan Mei lalu aku ke Kediri, Mbak ^_^

      Hapus
  3. DI karanganyar, seberang tempat istirahat travel2 pernah lihat ada koperasi SMK lumayan bonafit...sepertinya usahanya lumayan maju

    BalasHapus
  4. wah cepatnys u tulis
    i belum siap lagi hahaha
    banyak lagi kena i tuliskan dulu sbl artikel ttg Kelantan xoxo
    ok nampak namaku disebut di perenggan kedua
    such an honour :P
    hahaaha semoga berjumpa lagi ya kawanku
    btw, u dah kahwin ke? nampak u join KEB...
    MY-Emily

    BalasHapus
  5. encik kastian sudah bertukar jadi encik kassim ya :)

    BalasHapus
  6. sebenernya.. aq tu bingung, mbak ana iki nak indo opo malay se.. kok mbulakkk mbalek, lompat2 :|

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P