[KEB ] Tidak Percaya Diri yang Membawa Prestasi

Kenangan 2013 lalu saat terpilih sebagai Acer Srikandi Blogger favorit 2013 ^_^


Saya bukanlah orang-orang pertama yang ada di group facebook Kumpulan Emak-Emak Blogger (KEB), saya juga bukan bagian dari asal muasal terbentuknya komunitas KEB. Tapi saya masih ingat ketika awal mula bergabung di group KEB. 2012, saat itu saya masih berada di Malaysia. Entah apa bulannya, saya sudah lupa. Berawal dari pertanyaan-pertanyaan di salah satu group facebook salah satu komunitas, ada teman blogger yang bertanya kepada saya mengenai KEB. "Saya tidak tahu menahu" jawab saya saat itu ketika ada teman yang menanyakan.

Ya, saat itu saya memang tidak tahu kalau ada group KEB. Eh, sebelumnya saat itu twitter saya difollow oleh @Emak2Blogger. Sungguh saat itu saya begitu penasaran. Saya berondong pertanyaan kalau mereka itu siapa, tak ada jawaban. Dan pertanyaan itu menguap begitu saja. Sampai suatu hari, tiba-tiba saya sudah ditarik ke dalam group KEB. Ya, sudah. Begitu saja seingat saya. Saya termasuk member yang jarang  berinteraksi di group KEB. Tapi kerap menjadi pembaca keadaan. Minder dan nggak percaya diri lebih seringnya :))))) (tabok jidat sendiri) bahkan pernah, suatu hari ketika menghadiri undangan komunitas di salah satu caffe di Jakarta, saya menyingkir dari kerumunan ketika teman-teman sedang berfoto-fiti. Diam-diam saya beranjak, duduk di luar. Saya sudah mengambil goodie bag sebelum keluar. Tapi, tak dinyana salah seorang makmin KEB membawakan saya gooodie bag lagi. Yak ampunnnn.... Betapa terharunya saya. Terima kasih, Makkkkk

Sampai pada awal tahun 2013, KEB heboh dengan ajang pertamanya perhelatan Srikandi Blogger. Saya melihat sekilas saja. Tak tertarik untuk mendaftar. "Bukan kapasitas saya" ujar saya dalam hati. Tapi kemudian dorongan itu datang dari jajaran makmin. Saya masih ingat, bagaimana Mbak Indah menyemangati saya lewat twitter. Mbak Lusi yang tak henti menyemangati. Sampai akhirnya, dengan bekal membuat cv hasil bertanya dari anak menantu majikan saya, mengirimlah saya berkas-berkas yang dibutuhkan. Kirim, lupakan. Sampai suatu hari Mbak Lusi mention saya di twtter kalau masuk 50 besar. Senang? Iya, pasti. Bohonglah kalau saya nggak senang. Tapi yaitu, ada ada kalanya batas bahagia dan duka itu sama-sama mengeluarkan air mata. Woiiii!! baru lima puluh besar! (Tabok-tabok pipi)

Kemudian, berlalulah waktu dengan segala hiruk pikuknya. Saya, lantas menjadi salah satu blogger perempuan yang beruntung karena terpilih sebagai salah satu pemenang dalam ajang Srikandi Blogger 2013. Acer Srikandi Blogger favorit 2013. Tak pernah bermimpi, tak pernah berharap kemenangan itu jatuh ke tangan saya. Karena sejak polling di group saat itu, saya sudah mengikhlaskan diri untuk kalah. Ya, mengikhlaskan diri untuk kalah dan saat itu bukanlah hal yang mudah. Maka ketika Mbak Indah mengumumkan nama saya sebagai salah satu pemenang, saya diam saja, datar, tanpa muka. Butuh waktu beberapa saat saya melangkah ke depan menerima penghargaan.

"Mbak Tante itu aneh, orang menang harusnya seneng. Ini mukanya datar aja," Om Mas Arif, salah satu teman yang banyak mengambil foto saya protes :D :P

Saya dapat piala. Saya menjadi juara. Duh, mimpi apa saya? Saya merasa teruja. Sebagai seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang bekerja di sektor rumah tangga saya gembira. Alhamdulilah, alhamdulilah. 

Januari 2015

Ini masuk tahun ketiga komunitas KEB. Kalau saya tidak menjadi salah satu pemenang di ajang Srikandi Blogger, apakah saya akan tetap berada di komunitas tersebut? Apa pun, buat saya KEB adalah tempat belajar. Belajar banyak hal, belajar dengan teman-teman yang ada di sana. Dulu, saya begitu sungkan dengan Mbak Mira Sahid founder KEB. Tapi saya tahu, beliau mendekati saya dan memberikan motivasi-motivasi yang postifi. Kerap meyakinkan saya kalau saya bisa. Kadang, pola pikir kepala sendiri itu harus kerap diubah. Dengan bertemu banyak orang, berbicara dengan orang-orang baru banyak hal baru pula yang didapatkan. KEB, menjadi bagian dari cerita hidup saya. Saya yakin dan percaya, bahwa ketika kita menjadi siapa itu tak melulu sepenuhnya datang dari diri sendiri. Lingkungan dan lingkaran pertemanan terkadang banyak ikut terlibat membentuk kita menjadi siapa. Maka carilah lingkaran dan lingkungan teman yang keren, biar kita ketularan keren. 

Selamat ulang tahun yang ketiga, KEB. Semoga semakin banyak membawa manfaat kepada perempuan-perempuan di Indonesia dalam kebersamaan :). Masukan untuk KEB, semoga semakin banyak membantu mengembangkan member-member yang ada di daerah, biar kesannya tak hanya di kota-kota besar saja :)

35 komentar:

  1. "Maka carilah lingkaran dan lingkungan teman yang keren, biar kita ketularan keren."
    Aku kenal mbak Anaz, insyaAllah jadi nulaarrr keren dan baik hatinya, aamiiin :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sinii, Mbak. Biar saya ketularan hebat sama Mbak Nurul :)

      Hapus
  2. Ahhhh Anaaz, dirimu selalu merendah, padahal hebat.

    BalasHapus
  3. Waaa, kok minder naaz, dirimu keren lho! :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena saya banyak berteman dengan orang2 yang keren, Mbak :)

      Hapus
  4. selamat ultaj KEB salam kenal mak Anaz :)

    BalasHapus
  5. Anaz, tetap semangat ya, dan tetap menjadi inspirasi bagi banyak orang, sharing is caring :D

    BalasHapus
  6. Semoga menular k yg lain jg semangatny mbak Anaz.. Lagiiiii selamat ultah k 3 KEB ^_^

    BalasHapus
  7. cuma di KEB aku bisa lihat mbak Anaz dandan :) cantik mbak

    BalasHapus
  8. Ternyata bukan hanya saya yang kadang merasa minder di KEB, ternyata mak kandi favorit juga pernah merasakan hal yang sama. Btw, prestasinya keren mbak Anaz :)

    BalasHapus
  9. banyak yg gak percaya kalo mak tidak percaya diri....berarti tampilan luarnya sukses dong mak hanya keliatan cool...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha
      Nggak juga, kalau di depan kamera kelihatan kok :D

      Hapus
  10. saya juga banyak belajar dari KEB mak, walaupun belum pernah mengikuti acara KEB secara offline

    BalasHapus
  11. Salut selalu padamu, mbak..Allah mengaruniakan ini semua karena dirimu yg terus mau belajar dan tetap rendah hati.. *ngilmu dari mbak Anaz..hehe.. :-)

    Btw selamat ultah KEB.. Semoga makin jaya!

    BalasHapus
  12. wah ini tempatnya emak-emak ya, salam buat KEB, selamat & salam kenal ya..

    BalasHapus
  13. Kok sama ya mak, saya minder juga dulu. Eh, mak Anas sih hebat *dua jempol

    BalasHapus
  14. saya boleh numpang kereeen kakak ya, boleh ya :)

    BalasHapus
  15. Halo Mbak, salam kenal ya...
    Wah, menarik juga perjalanan hidupnya sampai sudah ke Malaysia segala ya?
    Saya masih gak beranjak kemana-mana nih Mbak. Masih jadi penunggu pabrik saja...hehehe
    Tidak percaya diri membawa prestasi...ini judulnya memprovokasi saya untuk membacanya lebih detil...wuih...
    Oh iya, selamat ulang tahun ke-3 KEB-nya...

    Salam dari saya di Sukabumi,

    BalasHapus
  16. Hai, mbak Anaz, setelah sekian lama,akhirnya bisa mendarat lagi di halamanmu.
    Cerita minder....kayaknya saya juga kena tuh. Apalagi kalau baca postingan teman-teman yang keren dan lihat blog yang keceh-kece, kayaknya gimanaaa gituuuu...

    BalasHapus
  17. Kenal mbak Anaz dari KEB, sebagai salah satu srikandi aq kira orangnya jaim dan serius ternyata oh ternyata hehe, senang sekali mengenal mu mbak :)

    BalasHapus
  18. waaah KEB menjadi keluarga baru yaa .. ingin ikut gabung gimana caranya nih ? :D

    BalasHapus
  19. Anaz keren koq, jangan suka minder ah.
    *mengingatkan diri sendiri juga yang suka minder hihihi*

    BalasHapus
  20. Kayaknya kamu masuk duluan deh Naz ketimbang aku. Aku juga sama dengan kamu, jengah karena bukan makhluk metropolitan wkwkwkwk.... Kalau ngumpul ketok nggak modisnya. Tapi aku tetep disitu, diantara emak2 keren lainnya seperti kamu, biar ketularan keren :))

    BalasHapus
  21. Selamat Mbak. salam kenal. Saya belajar banyak dari tulisan Mbak Anaz

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P