Kereta Ekonomi Kembali Ada Subsidi



13 Januari lalu saya menulis tentang dihapuskannya subsidi kereta ekonomi di sini. Saya menuliskan tentang kekhawatiran penghapusan subsidi karena akan menghambat perjalanan ke luar kota bersama dengan teman-teman dari Blogger Hibah Buku. Sebelum menulis tersebut, saya pernah membaca di salah satu berita on line kalau subsidi akan kembali ada untuk kereta ekonomi, tapi saya tak ingat pasti kapan tepatnya ia akan berlaku. Seingat saya bulan Maret. 

Nah, malamnya di group whatsapp Hibah Buku salah seorang teman, Lia mengirimkan link ini. Di situ ditulis dengan jelas mengenai kembali adanya subsidi untuk kereta ekonomi. Tahun 2015 ini subsidi kereta ekonomi sebesar Rp. 1.523. 737. 021. 893 (Rp. 1, 52 triliun) Katanya jumlah ini naik 240 milyar, lebih besar dari tahun lalu yang hanya Rp. 1, 224 triliun. Ini dikarenakan adanya inflasi kenaikan Tarif dasar Listrik (TDL) dan kenaikan harga BBM.

Subsidi ini tak sepenuhnya untuk kereta jarak jauh. Tapi ada pembagiannya sendiri-sendiri. Untuk kereta jarak jauh, subsidinya sebesar Rp 115.068. 716. 485. Sedang untuk kereta jarak sedang adalah Rp. 131. 853. 748. 878. Rp. 44. 304. 482. 366 untuk KRD Ekonomi. Rp. 734. 232. 650. 504 untuk Komuter Line Jabodetabek. Dan untuk subsidi angkutan lebaran 2015 adalah Rp. 13. 797. 438. 819.  Komuter Line Jabodetabek kembali mendapatkan subsidi paling besar karena memiliki jumlah penumpang paling banyak setiap harinya. Selain itu subsidi diberikan untuk tetap menjaga tarif, sehingga masyarakat Jabodetabek lebih memilih naik KRL untuk mengurangi macet.

Nah, subsidi ini dimulai mulan Maret. Untuk perjalanan bulan Februari masih menggunakan tarif baru tanpa subsidi. Alhamdulilah....Terima kasih kepada dirut dan seluruh jajaran KAI.  Bersyukur. Entahlah, saya merasa begitu senang ketika membaca berita ini :)


Suasana di dalam kereta ekonomi (dokumentasi sendiri) 

kalau ini mah si Arie somplak :P




12 komentar:

  1. Yeay, Alhamdulillah, semoga ada subsidi lagi ya Anaz, kekeke

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ni, smoga ada subsidinya ...
      kereta ekonomi mahal banget skarang. udah nganggap klo orang indo itu mampu semua :(

      Hapus
  2. alhamdulillah,semoga jalan2 kerennya berkah dan lancar ya mbak :)

    BalasHapus
  3. Bagi pengguna KRL memang kerasa ya mbak. Apalagi sampai meningkat 200% dari tarif awal. Tapi alhamdulillah jika ternyata kereta ekonomi kembali ada subsidi.
    Kebetulan di Makassar belum ada sarana KRL jadi tidak begitu terasa

    BalasHapus
  4. alhamdulillah, ada subsidi jugaaaa... *walaupun di Pekanbaru ga ada KRL*
    wahahahah

    BalasHapus
  5. pemerintahnya yang aneh
    mobil pribadi saja bbm nya disubsidi. kereta yang angkutan masal malah engga

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah akhirnya masih bisa jalan2 dgn tiket murah :)

    BalasHapus
  7. Allhamdulillah kalau nanti kembali di subsisdi ya mbak walaupun harus menunggu bulan maret

    BalasHapus
  8. sy jd ingat kereta malamnya Elvi sukaesih, hehehe....lho otu lan judul lagu dangdut ya. Apa kabar, mbak Anazkia.

    BalasHapus
  9. pualng kampung nanti Faiz pingin naek keretaa

    BalasHapus
  10. syukurlah dadi ora pada kentekan duit nek wara wiri

    BalasHapus
  11. Mbak, baru kemaren saya ke Cilacap pakai Lodaya Pagi pulangnya pakai Serayu Malam ... Mudah2an bisa menikmati tiket dengan harga taklagi di ratusan ribu. Di bawahnya lah ya - semoga :D

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P