Resep Sambal Terong Dicabein



Resep sambal terong dicabein ini beneran resep ngasal :D. Muasalnya, ketika pada suatu hari saya pulang ke kampung halaman, Bude saya bikin sambal terong. Selama ini saya nggak pernah bikin sambal kayak gitu. Trus, pas dimakan kok enak. Beneran enak, hanya saat itu Bude saya komposisi terasinya lebih banyak, jadi pas abis makan itu meski sudah cuci tangan masih terasa bau. Beberapa hari di kampung disajikan sambal tersebut, saya jadi suka. Dan bertanya-tanya apa resepnya. Rupanya sederhana saja, seperti memasak sambal biasa.

Bahan

Terong, digoreng
Cabai merah, cabai rawit
Bawang merah
Bawang putih
Tomat
Terasi
Semua bahan di atas digoreng
Garam+gula+penyedap rasa kalau suka 

Semuanya secukup rasa aja, soale yang nulis ini tukang masak amatir ahahahaha :D. Campurkan semua bahan, cabai, bawang, tomat dan terasi tambahkan gula dan garam kemudian diulek. Kalau kira-kira sudah halus, tambahkan terong goreng kemudian campurkan sambal yang sudah diulek. Baru nikmati sambal tersebut dengan lauk yang lain. Misalnya, daun pucuk ubi yang udah direbus, daun pucuk paku yang udah direbus atau apalah lalapan lainnya. Suka-suka yang makan aja. Ini yang nulis resep ikhlas nggak, sih? :D :))))

Nah, ngomong-ngomong sambal terong di atas, kenapa dikasih nama sambal terong dicabein? Itu karena keponakan saya kalau Bude bikin sambal terong pasti dia nyanyi, "Terong, terong dicabein" bahahahaha...

Sejak dari kampung, saya tak pernah membuatnya lagi sewaktu di Serang. Pada suatu hari, ketika saya berada di Kediri seperti biasa saya singgah di padepokannya Mas Naim, Mahanani. Mahanani, buat saya seperti rumah ke sekian ketika berkunjung ke beberapa kota. Di sana, saya biasa menyiapkan sendiri makanan (kadang tinggal makan doang, karena sudah ada yang masak) sore itu, setelah acara dari Tumpakdoro saya dan Chipto pulangnya jam delapan malam. Maka mendekamlah kami sebelum pulang di Mahanani. 

Malam itu di Mahanani ada acara, jadi makan malam kami menyiapkan sendiri. Geyayapan buka kulkas, di kulkas ada tahu, cabai, tomat dll. Ibu Mas Naim sibuk meminta maaf karena katanya nggak ada apa-apa. Padahal sekulkas penuh isi tahu dan makanan mentah lain hehehe. Di dekat cucian piting ada dua buah terong ungu. Saya tanya Mas Naim boleh dimaska apa enggak.

"Masak aja, Mbak." Ibunya juga bilang, "Masak aja," yah wis, setelah menggoreng tahu, saya goreng terong sambil menyiapkan bawang, cabai dan tomat.

"Mbak Anazkia masak apa?" ahahaha... Khas Mas Naim itu dia kerap memanggil nama saya dengan lengkap. Mbak Anazkia dan itu kedengeran nggak enak di telinga. 

"Nggak tahu masak apa?"

Iya, saya nggak tahu masak apa. Saya inget aja sambal terong yang Bude buat. Malam itu nyoba resep asal-asalan dan iseng. Dan makan malamlah kami dengan sambal iseng-iseng. Langsung tandas tak bersisa dong :)))) dimakan kami berempat, saya, Chipto, Puguh dan Mas Naim. Pulang ke Serang, kadang bikin juga sambal terong. Sekarang, di kosan sering nyambal terong juga. Trus, kemarin hari Selasa, teman-teman pada datang juga dimasakin sambal terong aja ehehehe. Trus mereka suka.

"Kak Anaz buka warung makan aja," kata Kak Willi

"Isk, Kawil ini kayak Nopy aja, nyuruh saya buka warung makan," Selasa lalu itu, Kawili datang siang hari. Dan malamnya, Novy dan Diaz juga datang ke kosan.

"Iya, sih, Kak Anaz. Kak Anaz buka warung makan aja," kembali Novi mengungkit. Sebelumnya, sejak lama dia memang kerap jadi kompor saya disuruh buka warung, jualan sambal :D :)))))

"Iya, buka warung. Nanti yang beli kalian aja," :P

Setelah kasuraip dan teman-teman di Cilegon yang suka dengan sambal asam tongkol, kini kawan-kawan di Jakarta berubah pula menyukai sambal terong dicabein :D. Etapi mereka belum ngerasain aja, sih, sambal asam tongkol ^_^

Koleksi fotonya Puguh

Para kuli kardus :D :P

9 komentar:

  1. hasih,jadi penasran pingin dimasakin mbak anaz.....ngiler bener itu terong ^^

    BalasHapus
  2. Ntar ane pesen deh kalo buka warung.. saya kan pecinta terong

    BalasHapus
  3. duh sambel terongnya kagak nahan mbak, enak banget tuh pastinya dimakan pas lagi hujan2 tambah asik :)

    BalasHapus
  4. sepeertinya enak ya ,mau dipraktekin sayang saya gasuka terong :D

    BalasHapus
  5. Oh MG ini yang bikin gue pengen maen ke kosanya Anaz hahaha

    BalasHapus
  6. ngeri ah kalo udah urusan sambal menyambal dan cabe cabean...

    BalasHapus
  7. hadehhh.. wes sambel di cabein, sini buka warung nak Kaltim, laris cepet sugeh :P

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P