Jeng Buku, Jualan Demi Ongkir Buku



Berkecimpung di dunia komunitas buku menyadarkan saya bahwa PR terbesar setelah buku terkumpul adalah mahalnya biaya pengiriman buku yang memakan dana sangat besar. Apalagi ketika buku yang dikirim ke daerah terpencil. Bertemu dengan banyak teman yang sama-sama bergerak di dunia kumpul mengumpul buku ini rupanya tantangan terbesar kita adalah sama, lagi-lagi mahalnya biaya pengiriman buku ke daerah. Jadi waktu ke Halaman Belakang beberapa bulan lalu, kami sempat menggulirkan ide"Gimana caranya kalau kita bisa nyari duit sama-sama?"

Nah, berawal dari obrolan pagi tentang sharing komunitas lahirlah sebuah kegiatan yang kami gagas bersama-sama dengan nama "Jeng Buku" (Jualan demi ongkir buku) kegiatan ini diinisiasi oleh teman-teman komunitas yang bergerak di dunia perbukuan seperti @Sajubu_ID @BukuBerkaki, @HibahBuku @BukuBagiNTT @Sagumaluku @Relawan_KFP  juga didukung oleh teman-teman komunitas dari @Blogfam dan @SekolahRaya. Komunitas Beraksi (KORSI) begitulah kami menamakan diri. Berasal dari latar belakang yang beragam, tapi memiliki kesamaan tujuan kami sama-sama bergerak dan bertindak.



Seperti apa kegiatannya? Jadi kami bakalan mengumpulkan barang bekas yang masih layak pakai semisal pakaian, sepatu, tas. Nantinya, barang-barang bekas itu akan kami jual lagi dan hasil penjualan akan kami jadikan biaya pengiriman buku. Cuman itu? Tidak juga! Karena masih ada barang lain yang akan kami jual untuk garage sale yang akan dilaksanakan pada 4 Juli 2015. Karena kegiatannya tak jauh-jauh dari buku, kami juga akan membuka lapak drop box buku di tempat acara. Dan tak lupa akan ada lapak melodi dan lapak baca. 

Teman-teman blogger tertarik untuk ikutan? Yuk, buruan bongkar lemari dan kemas rumah untuk mencari sesuatu hal yang bermanfaat dan disumbangkan kepada kami. Tak punya barang bekas yang layak pakai? Kan masih ada buku. Eh, nggak punya buku juga? Teman-teman bisa nyumbang uang cash! Apa? Masih nggak punya uang juga? Nggak apa-apa, teman-teman masih bisa membantu menyebarluaskan informasi ini. Ketika kita tak mampu berbuat baik, jadilah perantara kebaikan. #IniBerasaAlimBanget hahahaha.

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di twitter @aksikami atau bisa menghubungi langsung Novita Anggraini (0856 9717 7051) Salman ( 0812 8029 6647)




9 komentar:

  1. garage salenya nanti dimana mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu ada di poster, Mbak. Taman Menteng hehehe

      Hapus
  2. Balasan
    1. Mulai hari ini sampai akhir bulan Juni :)

      Hapus
  3. pernah liat posternya juga mak di taman menteng neh menarik banget

    BalasHapus
  4. ah taman menteng ya ? heuheuuu...agak jauh dr rmh nih Naz *_*

    BalasHapus
  5. wahhh bagus sekali, acara sebegini... moga sukses mbak

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P