Ayam Goreng Krispi Rumahan

Entah berapa banyak sudah penjual ayam goreng krispy diluar sana yang mengikuti cara-cara ayam goreng besar seperti M*D atau K*C. Dipinggir-pinggir jalan udah banyak kita temuin yang namanya pedagang kaki lima menjual ayam goreng crispy dengan harga yang relatif murah. Yang saya ragukan adalah, bagaimana cara mengolah mereka ya.. Tapi memang, jika sudah coba membelinya, dagingnya itu cuma dikit banget, yang banyak mah tepungnya haha..

Nah, kemaren saya iseng-iseng bikin ayam goreng rumahan yang gak kalah crispy sama yang ada dijual di restoran lo. Pasalnya, tiap kepasar, yang di ingetin cuma ayam aja, especialy sayap. Dan.. Ini dia cara saya membuat ayam goreng yang sehat dengan tepung alakadarnya. Biar gak kayak beli ditoko yang isinya tepung semua :D.


Bahan:
Tentu aja ayam donk
1 bungkus Tepung siap saji
3 sendok tepung terigu
Minyak goreng dan wajan :D.

Cara Membuat:
Tinggal mencontoh yang ada dibungkus tepung siap saji aja haha. Gak juga sih, biasanya, saya memberi tepung pada ayam. Tapi sebelumnya, ayamnya saya iris-iris supaya tepung bisa masuk ke bagian daging yang dalam. Kemudian setelah dicuci, ayam di taburin tepung kering. Karena sudah basah, gak usah lagi ditambahin air.

Selanjutnya, diremas-remas kedalam tepung kering, kemudian diamkan dulu sebentar biar tepungnya lengket di daging lalu digoreng dengan api sedang yang menjurus ke kecil :D. Biar dagingnya mateng sampe dalam.

Pasalnya, saya sering beli ayam goreng  crispy yang di restoran terkenal itu, tapi bagian dalam dagingnya hambar rasanya. Gak begitu kering dan terkesan sangat basah. Yang kurang saya sukai dari acara bikin ayam crispy ini adalah, minyak gorengnya harus banyakkkk banget. Abis itu, minyak gorengnya jadi kurang manfaat dan terkesan mubadzir.

Saya selalu menjaga bagaimana cara minyak goreng yang saya gunakan tetap sehat. Paling setelah menggunakannya 3 kali, sudah saya buang karena takut menjadi kolesterol jahat.

Oh ya.. selain digoreng, kadang saya membuat menu masakan dengan ayam dibumbuhin jahe, merica, tomat, gula merah, bawang putih, bawang merah, daun salam dan cabe terkadang masih ditambahin kecap. Cara masaknya juga gampang banget, tinggal direbus aja jadi satu sampai kuahnya kering gitu deh. Jadi kayak ayam bumbu kecap tapi beda hehe, rasanya enak, coba deh siapa tau suka :D.


0 komentar:

Poskan Komentar

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P