Belanja Dipasar atau Supermarket?

Belanja adalah salah satu kebutuhan bagi para wanita yang harus dan musti dilakukan. Belanja sudah seperti separuh nyawa buat wanita, boleh dibilang begitu. Pasalnya, segala keperluan baik yang udah nikah atau yang masih single pasti wanitalah yang harus mencarinya. Akhir-akhir ini, banyak sekali toko-toko yang berlabel minimart atau supermart dan mart mart yang lain mengalahkan warung warung kecil, bahkan pasar. Sebenarnya, ada kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri sih menurut saya.

Jika ditanya belanja dimana yang paling mudah dan menyenangkan, dipasar atau di supermarket, tentu saja kita belum bisa menjelaskannya. Ada beberapa pertimbangan bukan. Diantaranya mungkin:

 Nawar dan Diskon
Jika belanja dipasar kita masih bisa menawar, berbeda dengan supermarket yang sudah ditentukan harganya dengan label-label yang tertera didepan rak barang tersebut, kita gak bisa nawar. Namun, kelebihan supermarket adalah, mereka sering menyediakan sale atau diskon atau potongan harga yang gila-gilaan dan membuat ketagihan. Kadang, harganya jauh melebihi pasaran. Itu yang membuat wanita suka dan tertarik belanja disupermaket dari pada dipasar

Becek VS dingin dan bersih
Kita sudah sama-sama tahu bukan, pasar merupakan tempat yang penuh dengan air dan becek. Terlebih diarea penjual ikan basah, uhg.. Gak kuat deh. Seorang yang gak biasa pergi kepasar traditional bakalan gak akan mau balik lagi kepasar. Berbeda dengan supermarket yang dingin dan bersih. Kalau pasar berdesakan dan becek, supermarket memberikan kenyamanan dengan AC dan tanpa berdesakan. Bedanya, harga ikan disupermarket jauh lebih mahal dari dipasar, iya gak?

Qualitas
Dipasar, meskipun tidak semua, barang yang disediakan terkadang barang yang masih segar dan bisa dipercaya. Sebenarnya tidak jauh berbeda sih dengan supermarket, kadang disupermarket barangnya jauh lebih bagus. Tapi untuk sayuran, lebih baik beli dipasar dari pada disupermarket.

Dan point-point diatas memang hanya penilaian versi saya. Mau dipasar atau disupermarket yang pasti kita menginginkan belanja hemat tapi dapat banyak hehe. Tapi, saran saya, sebelum kita belanja kepasar dengan harga yang sudah pasti umu, ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu kebutuhan pokok yang sering didiskon seperti minyak goreng, beras, tepung, mie instan, sabun cuci dan lain sebagainya. Ya.. untuk jaga-jaga saja, biar gak rugi karena beli dengan harga umum padahal ada harga diskon kan :D. Semoga bisa membantu anda menemukan pilihan yang tepat ya..

2 komentar:

  1. Kami tergantung sikon sih Naz, antara belanja di pasar dan supermarket seimbang.

    BalasHapus
  2. belakangan aku cenderung belanja di pasar kalo untuk kebutuhan sembako.. terlepas dari segala tentang kondisi pasar, belajar turut membangun ekonomi kerakyatan.. *nggaya :p

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P