Cara Mencuci Clodi Baru Menggunakan Mesin Cuci



Cara pencucian cloth diaper atau clodi berfungsi sebagai perawatan untuk membuat clodi bekerja secara maksimal dan akan menentukan usia clodi. Jika anda salah dalam mencucinya maka akan membuat daya serap clodi menjadi berkurang. Berikut ini cara mencuci clodi baru menggunakan mesin cuci.

Pertama, prewash. Prewash merupakan pencucian pertama kali sebelum clodi digunakan. Prewash ini bertujuan menghilangkan kotoran residu dari proses produksi, dan untuk memastikan bahwa popok kain modern ini sudah steril untuk bisa digunakan buah hati. Cukup mencuci 2x cuci kering tanpa menggunakan deterjen.
Cara Mencuci Clodi Baru Menggunakan Mesin Cuci
Kedua, penggunaan deterjen. Hindari penggunaan deterjen yang mengandung pemutih dan pelembut karena beresiko meninggalkan residu pada pori-pori insert yang akan berpengaruh menurunkan daya serapnya. Deterjen apapun yang akan anda gunakan, gunakan secukupnya saja sesuai dengan kebutuhan, dan yang paling penting adalah dalam proses pembilasan harus dipastikan benar-benar bersih.

Ketiga, laundry bag. Penggunaan laundry bag saat mencuci clodi menggunakan mesin cuci sangat disarankan untuk melindungi dari tarikan kuat mesin cuci. Namun jika anda tidak sempat menggunakan laundry bag, anda dapat merekatkan velcro atau ‘perepet’ pada laundry tab sebelum popok dimasukkan mesin cuci, agar bagian velcro pada clodi tidak menyangkut pakaian lain.

Keempat, perhatikan volume air. Gunakan volume air yang banyak agar memudahkan dalam proses pembersihan clodi dari kotoran sisa pipis yang menempel dan meminimalisir penumpukan residu dari deterjen yang digunakan.

Kelima, langkah pembilasan. Langkah ini merupakan langkah terpenting yang menentukan optimal atau tidaknya proses pencucian yang anda lakukan. Anda harus tetap menggunakan volume air yang banyak untuk menghilangkan sisa deterjen, bilas clodi hingga benar-benar bersih.

Keenam, pengeringan. Untuk pengeringan cover dan insert, meskipun anda terbiasa menggunakan spin pada mesin cuci untuk memeras secara maksimal, namun hal ini tidak boleh dilakukan pada clodi anda, gunaka spin hanya sekedar memeras menggantikan tangan anda dengan durasi 1-2 menit saja.

Ketujuh, penjemuran. Dalam menjemur atau mengeringkan bagian cover, karena cover ini mudah kering maka anda hanya perlu mengangin-anginkannya tanpa harus terkena terik matahari secara langsung karena dapat merusak bahan dan akan mengurangi fungsi waterproofnya.

Itulah cara mencuci clodi baru menggunakan mesin cuci agar menghemat waktu anda.


2 komentar:

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P