Cemilan Tahu Isi Sayur


Saya termasuk orang yang jarang bikin cemilan (semua juga udah tau) jadi kalau sesekali bikin cemilan itu berarti saya sedang banyak waktu luang. Lah gimana mau bikin cemilan, masak makanan berat aja jarang. Makanya jangan pada nanya resep kalau saya pas lagi posting tentang makanan, karena semua makanan saya ngga pake resep-resep, main cemplung aja. Jarang banget pakai ukur-ukur apalagi pakai timbangan dapur, woh.. ngga punya.... Yang penting niat masaknya ada :D

Bikin cemilan mah ngga usah yang ribet-ribet ya, coba dulu dengan yang paling mudah, mudah dari segi bahan, mudah dapat bahannya, mudah masaknya dan terakhir mudah ngeluarin duitnya. Kalau bahannya aja udah mahal trus masih dalam tahap coba-coba mending beli yang udah jadi aja hehhehe. Kali ini karena saya lagi banyak waktu biasanya sih sok sibuk ngurus ini itu saya mau bikin tahu goreng isi sayur. Mudah dan murmer. Tahunya cari aja yang udah jadi di pasar banyak yang jual. Beli yang agak kecilan karena kalau kegedean kayaknya kok cepet kenyang gitu, kan judulnya cemilan bukan makan berat.

Tahu untuk isi sayur biasanya kopong bagian dalamnya jadi mudah masukin sayurnya. Eh, tapi ngga semua isinya sayur loh, bisa diganti juga sama mie putih atau isian daging semuanya mudah kok asal mau ngerjainnya.

Pertama bikin dulu isian sayurnya. Potong-potong, wortel, buncis, kentang berbentuk kotak-kotak sambil nyanyi lagunya kotak yang Pelan-pelan Saja juga boleh biar ngga keburu-buru masaknya. Saya suka sama cemilan yang rada pedes jadi pas bikin bumbunya banyakin cabe dan merica biar huu haa hhuu haa nya berasa. Bumbu tumisannya bikin aja bawang merah, putih, cabe merah 10 biji, merica secukupanya sama buah kemiri, kalau ngga suka boleh di skip kemirinya.

Tumis bumbu sampai harum lalu masukkan sebiji telur, oseng-oseng bentar trus masukan potongan sayur. Tumis sampai layu, tambahin sedikit air, jangan kebanyakan ya soalnya masaknya jadi lama. Setelah sayur matang angkat.

Tahu kosongnya di potong dikit untuk masukin sayur, isi sesuai keinginan aja, boleh padet, boleh juga agak longgar dikit supaya sayurnya ngga berdesakan didalam. Abis itu bikin adonan tepung jagung atau tepung terigu cair untuk gaulkan tahu sebelum digoreng. Panaskan minyak, goreng deh sampai agak kecoklatan. Udah selesai....


Kalau isian sayurnya kebanyakan dan tahu udah abis bisa diakalin kok, bikin bakwan sayur aja biar cemilannya jadi tambah banyak. Apalagi pas ngumpul bareng kawan cemilan kayak gini laris manis Insya Allah. :)

0 komentar:

Poskan Komentar

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P