Tahu Brontak yang Tidak Memberontak


Makan tahu biar tahu, kalau sudah tahu jangan pura-pura tidak tahu apalagi tak mahu tahu. Jadi yuk, kita bikin gorengan tahu....

Tahu ini sahabat deketnya tempe bahkan mereka berdua ini sering digandengkan bersama mungkin karena sama-sama terbuat dari kacang kedele ya. Cuma bedanya tahu lebih halus udah ngga keliatan lagi tuh biji-biji kedelenya. Kalau persamaannya sih, banyak ya, sama-sama sumber protein nabati yang joss banget. Ngga bikin gemuk. (padahal pengen gemuk, dikiiiittt aja) :)). Terus yang paling utama nih, tahu tempe itu murmer \0/

Sekarang ini banyak olahan tahu tempe yang beragam dari yang harga kaki lima sampai bintang lima. Suka kagum sama resto yang bisa ngolah tahu jadi makanan yang enak dan tampilannya mahal. Kalau gorengan sebiji tahu di kaki lima cuma 1.000an di resto sebijinya bisa 10.000an. Bener ngga sih. Benerin aja biar cepet.

Saya termasuk orang yang seneng makan tahu, biar banyak tahu nya. >maksa. Dan tahu goreng sering jadi pilihan, sangkin senengnya nyoba-nyoba bikin resep tahu brontak, jangan ditanya resepnya dapet dari mana, ini mah coba-coba aja. Bahannya gampang kok.

Tahu putih diancurin pake tangan aja jangan pake hammer kasian baskomnya :D Campur dengan sebiji telur, gula, garam dan penyedap rasa kalau suka sih, tapi kalau ngga suka, ngga papa, gula garam udah cukup kok.
Wortel, buncis ditumis biasa aja
Cetakan mangkuk kecil
Kukusan jangan lupa.


Caranya gampang.... tahu putih yang udah dihancurkan tadi masukin ke cetakan mangkok setengahnya aja, abis itu masukin sedikit sayur, lalu tutup lagi atasnya dengan tahu. Padatkan supaya ngga meleber pas dikukus.
Habiskan semua adonan tahu, lalu kukus selama lebih kurang 10 menit, atau kira-kira aja. Kalau saya sih, pake intip-intip. Udah keliatan padet, tusuk pake lidi. Abis itu angkat dan biarkan dingin dulu.
 Sembari nunggu tahu kukusnya dingin sediakan bahan untuk gorengnya.
Tepung terigu secukupnya aja
Tepung panir secukupnya juga
Sebiji Putih telur


Nah, tahu kukusnya udah dingin kan... gaulkan kedalam tepung terigu, putih telur, tepung panir. Kenapa? supaya panirnya ngga lepas waktu di goreng dan minyaknya juga ngga kotor.
Panaskan minyak goreng sampe panas banget supaya goreng tahunya sebentar aja, kan tadi udah dikukus berarti kita cuma mau matengin si tepung aja kan. Udah minyaknya panas banget goreng deh, jangan lama-lama ya. 3 menit aja, langsung angkat supaya tahunya ngga pecah dan kriuk-kriuk.

Makannya bisa pake cabe rawit atau dicocol ke saus, tergantung selera aja. Tahu brontak enak dinikmati sebagai teman minum petang atau jadi juadah pas kumpul bareng teman dan bisa juga buat pertolongan pertama pada kelaparan \0/



0 komentar:

Poskan Komentar

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P