Cacing yang Menjadi Musuh Anak



Memiliki anak yang aktif bergerak adalah hal yang menggembirakan. Dengan gerak yang aktif, maka anak bisa mengoptimalkan seluruh kerja otot dan otak dengan beraktifitas. Akan tetapi, anak – anak umumnya belum mengerti tentang mana yang bersih dan mana yang kotor. Sehingga banyak anak yang duduk sembarangan, memegang benda sembarangan, dan berjalan tanpa menggunakan alas kaki di luar rumah. Tahukah anda jika kebiasaan anak melakukan hal tersebut bisa membuat anak terkena cacingan? Cacingan bisa timbul akibat kebiasaa buruk tersebut dan membahayakan bagi kesehatan. Sebagai orang tua, kita bukan hanya harus memberitahu cara cuci tangan pada anak, tetapi juga mengajarkannya akan bahaya cacingan.

Sebenarnya, apa itu cacaingan? Cacingan adalah sebuah kondisi dimana di dalam tubuh terdapat parasit yang berupa cacing yang bisa mengganggu tubuh manusia. Salah satu akibat dari orang yang terkena cacingan adalah memiliki tubuh yang kurus padahal ia sudah makan dengan banyak. Hal ini mungkin terjadi karena nutrisi yang seharusnya diserap tubuh malah diserap oleh parasit tersebut. cacing yang menyerang tubuh manusia itu bisa terdiri dari berbagai macam jenis cacing, tertutama cacing – cacing yang memiliki ukuran yang sangat kecil.

Beberapa contoh cacing penyebab cacingan adalah cacing kremi, cacing pita, dan cacing gelang. Cacing kremi biasanya banyak ditemukan didaerah anus. Maka dari itu, jika anak anda sering mengeluh gatal pada anus mereka, maka berhati – hatilah dengan cacing kremi yang bisa membuat anak cacingan. Cacing pita juga bisa menjadi penyebabnya, terutama sering terdapat pada daging babi. Cacing gelang memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga bisa menembus pada pori – pori kulit. Sebab itu, berhati – hatilah jika anak bermain tanpa menggunakan alas kaki atau sembarangan memegang sesuatu yang kotor.

Agar anak anda terhindar dari cacingan, maka ada beberapa hal yang harus anda lakukan. Pertama, berikan anak obat cacing setiap periode waktu tertentu. Kemudian, jangan biasakan anak anda untuk bermain tanpa alas kaki, biasakan setelah bermain anak anda harus diajarkan cara cuci tangan yang baik dan benar agar tidak ada kuman yang menempel. 

0 komentar:

Poskan Komentar

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P