Empat Elemen Dalam Content Marketing yang Efektif Bagi Pengunjung



Pemasaran di internet sekarang ini mempunyai berbagai variasi yang berbeda, dengan tingkat ke efektifitas-an yang berbeda pula. Iklan biasa yang mengandalkan jumlah klik sekarang semakin berkurang efeknya, apalagi ditambah dengan adanya program seperti Adblock yang bisa dengan mudah menyembunyikan iklan yang Anda berikan. Namun sebagai gantinya, sekarang ini yang menjadi raja dalam taktik pemasaran adalah content marketing.

Secara sederhananya, strategi pemasaran konten mengandalkan Anda untuk bisa menarik perhatian dari calon konsumen, dengan memberikan sesuatu yang berguna bagi mereka. Pikirkanlah, ketika Anda menggunakan iklan biasa, user biasanya jengkel, lantaran iklan tersebut mengganggu kegiatan mereka. Berbeda dengan marketing melalui konten seperti ini, karena sebagai gantinya, user mendapatkan informasi yang berguna.

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa pemasaran dengan strategi ini menghasilkan konversi yang lebih tinggi, itu berarti lebih banyak orang yang memutuskan membeli setelah membaca atau melihat konten. Inilah yang harus Anda perhatikan ketika membuat konten untuk beriklan:

1. Bisa menarik perhatian
Sebuah konten harus bisa menarik perhatian pengunjung dengan sifatnya yang bisa menghibur, menarik emosi, ataupun karena sangat mendidik.
2. Ada konten visual
Penelitian membuktikan bahwa manusia lebih mudah menyimpan informasi jika ada konten visual. Baik gambar atau video, semua efektif dalam menarik mata pengunjung untuk melihat konten.
3. Bermanfaat
Tujuan dari adanya konten marketing adalah memberikan konten yang bisa bermanfaat secara praktis bagi orang yang membacanya. Itu sebabnya kenapa artikel dan video tentang tips dan tutorial sangat populer.
4. Tidak beriklan secara hard-selling
Malah beberapa perusahaan atau pengusaha akan menganjurkan Anda untuk hanya menyebutkan nama produk cukup sekali saja di bagian bawah artikel. Beberapa malah tidak membolehkan Anda memberikan nama ‘merk’. 

Cobalah melakukan content marketing dengan mempertimbangkan keempat elemen di atas. Tekankan kepada diri dan karyawan Anda yang bertugas membuat konten tersebut, bahwa tujuan utama adalah memperkenalkan pengunjung pada bidang bisnis Anda, meyakinkan mereka bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang kompeten, dan tahu apa yang mereka bicarakan. Begitu pengunjung sudah merasa mengenal Anda, mereka akan otomatis membeli dari Anda.

3 komentar:

  1. saya masih belakar nih buat soft selling :D

    BalasHapus
  2. keren Mak tipsnya.

    thanks for sharing..

    BalasHapus
  3. iya, ada konten visualnya ini bikin pembaca jadi betah liat hehe

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P