Gejala Penyakit Diare dan Cara Mencegahnya



Penyakit ini telah banyak membunuh orang di dunia, tidak lain dan tidak bukan adalah Diare. Penyakit ini sering disepelekan oleh setiap orang karena memang terlihat tidak membahayakan tetapi kenyataanya malah sebaliknya. Oleh karena itu kita semua perlu mengetahui gejala penyakit diare ini dan bagaimana cara mencegah penyakit ini. 

Gejala penyakit diare ini cukuplah banyak dan sangat mudah dikenali, yaitu seperti bertambahnya frekuensi Buang Air Besar, tinja yang lebih lembek dan encer, sering mengalami rasa mulas, perih dan sakit pada perut, mengalami kram perut, tubuh akan lemas karena kekurangan cairan, dehidrasi, demam, kembung, mudah lelah dan hingga mengalami dehidrasi.

Pencegahan terhadap penyakit diare ini sangat perlu dilakukan. Walaupun terdengar seperti hal yang sepele, tetapi dampak yang diberikan cukup besar, yaitu mengurangi penderitanya. Cara pencegahanya cukup mudah yaitu pastikan memakan makanan dan meminum minuman yang matang, jangan pernah sekali-kali memakan makanan mentah karena bakteri cukup banyak di makanan tersebut, dan bisa dibarengi dengan meminum vitamin guna mempertebal daya tahan tubuh. Menjaga kebersihan juga merupakan faktor yang tidak boleh dilupakan. Tindakan pencegahan ini sangat mudah untuk dilakukan oleh semua orang tetapi sangat sulit bagi anak-anak.

Pencegahan diare pada bayi dapat dilakukan dengan memberikan Air Susu Ibu alias ASI secara ekslusif. Hal ini dikarenakan kandungan ASI yang sangat baik bagi daya tahan tubuh dan kesehatan tubuh. Jika bayi anda sudah diberi makanan pendamping selain ASI maka pastika kebersihan makanan tersebut terjaga. Selain, kebersihan daerah anus bayi juga perlu diperhatikan dan pastikan membuang kotorang bayi ketempat yang seharusnya.
Kebiasaaan mencuci tangan sebelum makan dengan menggunakan sabun cair anti bakteri dari Lifebuoy juga dapat membantu mencegah terjadinya penyakit diare ini. Karena sesungguhnya penyebab terbesar penyakit ini adalah bakteri. Tubuh yang berkeringat juga merupakan sarang bakteri, ini dapat dibuktikan dengan timbulnya bau tidak sedap, oleh karena itu jika anda telah banyak mengeluarkan keringat maka mandilah dan jangan lupa untuk menggunakan sabun dari Lifebuoy.

2 komentar:

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P