Pengertian Keluarga dan Jenis-jenisnya



Pengertian Keluarga dan Jenis-jenisnya - Keluarga merupakan suatu lingkup kehidupan yang terdiri dari kepala dan anggota keluarga. Keluarga juga dapat dikatakan sebagai lingkungan yang tercipta dengan adanya hubungan darah atau keturunan. Sebagai kelompok sosial, keluarga merupakan kelompok yang tersusun dari beberapa individu yang memiliki hubungan atau ikatan dimana masing-masing anggotanya memiliki kewajiban atau tanggung jawab tertentu. Itulah pengertian keluarga yang secara istilah dapat diutarakan dengan kata-kata. Namun yang pasti, semua orang menyadari bahwa keluarga adalah lingkungan hidup yang paling dekat secara emosional dan memiliki ikatan batin yang sangat kuat antar anggota keluarga yang satu dengan yang lainnya.

Seperti yang kita tahu, arti dari keluarga sangatlah mendalam. Semua orang meyakini bahwa keluarga adalah anugerah yang sangat berharga. Secara umum, ada beberapa jenis keluarga yang dibedakan berdasarkan kapasitasnya, antara lain:

Keluarga inti, yaitu keluarga yang terdiri dari orang tua (suami istri) dan juga anak.
Keluarga luas atau keluarga besar, yaitu keluarga yang ditarik dari garis atas keturunan keluarga asli, misalnya hubungan paman, nenek, bibi dan lain-lain.

Memiliki keluarga yang harmonis, baik itu keluarga inti maupun keluarga besar adalah hal yang amatdiidam-idamkanolehsemua orang. Untuk menciptakan keluarga yang harmonis, ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu:

1. Ciptakan komunikasi dan interaksi yang baik antar anggota keluarga.
2. Luangkan waktu untuk berkumpul dan bersenda gurau bersama di sela kesibukan.
3. Lakukan tugas dan kewajiban masing-masing sesuai porsinya.
4. Selesaikan permasalahan lewat cara diskusi untuk mencapai mufakat.
5. Tunjukkan rasa kasih sayang dan cinta pada semua anggota keluarga.

Apabila pengertian keluarga dimaknai dengan cara yang baik, tentu saja keluarga yang harmonis dan penuh kebahagiaan bisa tercipta dengan mudah. Apalagi jika keharmonisan keluarga senantiasa terjaga dengan adanya rasa saling menghormati dan menghargai antara satu dengan lainnya, tentu saja hubungan yang baik antar anggota keluarga juga akan semakin erat. Keluarga yang Anda miliki akan menjadi anugerah yang paling berharga dalam hidup Anda dan menjadi lingkungan yang penuh dengan kasih sayang.

0 komentar:

Poskan Komentar

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P