Review dan Spesifikasi Lengkap Xiaomi Mi 4i

Beberapa jajaran smartphone kelas menengah ke atas yang berharga cukup murah selain Lenovo A7000 adalah Xiaomi Mi 4i. Smartphone yang diumumkan pada bulan april dan dirilis pada bulan yang sama di tahun 2015 ini dilengkapi dengan berbagai keunggulan seperti kamera 13 megapixel, menggunakan proteksi layar dari corning serta mengusung prosesor 8 inti. Selain itu, smartphone ini juga ditenagai dengan baterai yang cukup besar berjenis Li-ion non removable yang memiliki kapasitas 3120 mAh. Materi tersebut bisa diajak untuk berbicara di jaringan 3G hingga 35 jam.

Spesifikasi lengkap Xiaomi Mi4i

Untuk mengobati rasa penasaran anda, berikut adalah ulasan dan spesifikasi lengkap dari smartphone besutan Xiaomi ini.

Desain body

Smartphone ini memiliki desain yang cukup elegan dengan pilihan warna yang menarik mulai dari, dark grey, black, white, blue, yellow dan pink.

Tidak sulit untuk menebak bahwa smartphone ini masih menggunakan body plastik. Walau demikian, seperti yang lainnya plastik yang digunakan bertipe polikarbonat merasa cukup kuat dan kokoh serta nyaman.

Di bagian depan, smartphone ini menggunakan bazel di kiri dan kanan yang cukup tipis. Kemudian di bagian bawah layar, terdapat tiga tombol kapasitif yaitu tombol option, tombol home dan tombol back.

Tidak banyak perubahan yang diberikan pada smartphone ini sehingga biasanya juga tidak jauh berbeda dengan beberapa smartphone keluaran Xiaomi lainnya. Di bagian sisi sebelah kanan terdapat tombol volume dan tombol power yang cukup mudah dijangkau saat kita mengoperasikannya dengan satu tangan. Kemudian di arah yang berlawanan, yaitu di sisi sebelah kanan, terdapat slot untuk sim-card.

Lubang untuk jack 3,5 mm serta slot micro USB berada di bagian bawah.

Di bagian belakang kita akan menemukan kamera yang ditemani LED flash di sebelah pojok kanan atas. Kemudian di bagian bawahnya terdapat lubang-lubang kecil di mana speaker berada.


Dimensi dan bobot smartphone

Xiaomi Mi4i berdimensi 138.1 x 69.6 x 7.8 mm. Sedangkan beratnya hanya 130 gram.


Jaringan dan koneksi

Smartphone ini dilengkapi dengan dual slot simcard yang menggunakan simcard bertipe micro-SIM. Simcard GSM tersebut bisa dimanfaatkan untuk koneksi dengan internet di jaringan 3G dan 4G karena smartphone ini memiliki radio berteknologi HSPA dan LTE.

Untuk melengkapi smartphone ini agar bisa digunakan berbagi data dan untuk kebutuhan yang lain, Xiaomi melengkapinya dengan wi-fi 802.11 a/b/g/n/ac, radio FM, GPS, bluetooth versi 4.1, dan micro-USB versi 2.0.


Layar

Layar yang digunakan berteknologi IPS LCD capacitive touchscreen dan dilindungi dengan Corning Scratch-Resistant Glass. Layar tersebut cukup kuat untuk menahan beban dan tidak mudah tergores.

Selain kuat, layar ini juga mampu menampilkan warna yang cukup detail dan cemerlang terlebih dengan ukurannya yang mencapai 5.0 inci memiliki resolusi 1080 X 1920 pixel dengan pixel density sebesar 441 ppi.

Layar ini mampu menampilkan gambar tajam, baik saat digunakan untuk menonton video maupun saat digunakan melihat gambar dan foto. Tidak hanya itu, saat digunakan untuk membaca, browsing atau chatting, smartphone ini tampak lembut dan tidak membuat mata cepat lelah.

Untuk lebih menarik perhatian, smartphone ini dilengkapi juga dengan antarmuka MIUI 6.0.


Spesifikasi hardware

Agar bisa bersaing dengan smartphone lainnya, Xiaomi melengkapi Mi4i dengan chipset Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615. Processor yang digunakan memiliki delapan inti yaitu Quad-core 1.7 GHz Cortex-A53 dan Quad-core 1.0 GHz Cortex-A53. Agar semakin lancar saat digunakan untuk multitasking maupun untuk bermain game, smartphone ini juga dibekali dengan grafis dari Adreno 405 serta RAM 2GB.

Disamping RAM 2GB, terdapat pilihan memori internal 16GB dan 32GB. Namun sayang sekali smartphone ini tidak dilengkapi dengan slot micro-SD. Sehingga, bagi anda yang memiliki banyak data harus menggunakan teknologi cloud untuk menyimpannya.


Kamera

Fotografi adalah bagian dari gaya hidup modern saat ini. Tidak heran apabila kita sering menemukan orang-orang yang mengambil gambar menggunakan kamera dari smartphone mereka dan bukannya memilih kamera kompak atau kamera DSLR yang cukup berat.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Xiaomi melengkapi smartphone ini dengan kamera 13 megapixel di bagian belakang dan 5 megapixel di bagian depan.

Beberapa fitur dan teknologi yang diusung diantaranya adalah, auto focus, LED flash, geo-tagging, face and smile detection, panorama, HDR dan touch focus.

Saat digunakan untuk mengambil foto kamera resolusi maksimal yang bisa dihadirkan adalah 4128 x 3096 pixel.

Sedangkan apabila digunakan untuk mengambil video dengan resolusi 1800p smartphone ini bisa menghasilkan video dengan frame per second hingga 30.

Dengan adanya kamera sebesar itu serta dilengkapi juga dengan LCD flash, smartphone ini tidak kesulitan untuk mengambil gambar dengan kualitas cukup bagus baik saat digunakan di dalam ruangan, di tempat-tempat yang gelap dan kualitasnya bisa semakin maksimal apabila digunakan di tempat yang cukup cahaya serta di luar ruangan pada siang hari.


Sistem operasi dan baterai

Sistem operasi yang digunakan adalah Android versi 5.0.2 Lolipop yang ditenagai baterai berjenis non-removable Li-ion 3120 mAh.

Baterai tersebut bisa bertahan berhari-hari dengan penggunaan standar dan apabila digunakan untuk melakukan panggilan dengan mengaktifkan jaringan 3G, smartphone bisa bertahan hingga 35 jam.


Sensor dan Fitur

Beberapa fitur menarik seperti sensor, browser dan lain-lain yang juga disematkan di smartphone ini antara lain, accelerometer, proximity, dan compas. Selain itu tersedia juga fungsi MMS, push email, fast baterai charging yang memungkinkan kita untuk mengisi baterai hingga 40% hanya dalam waktu 60 menit.

Selain itu, bagi anda yang sering melakukan panggilan telepon tempat-tempat ramai, tersedia juga fitur active noise cancellation with dedicated mic yang akan membuat suara semakin jernih.


Harga Xiaomi Mi 4i

Hingga tulisan ini diturunkan, harga smartphone ini berkisar antara Rp 2,8 juta - Rp 3 juta. Bagi anda yang sedang mencari Xiaomi Mi 4i dengan harga yang sesuai, anda bisa kunjungi link ini.

3 komentar:

  1. Tambah cakep-cakep ya smartphone sekarang. Canggih pula. Bingung jadi mau milih yang mana.

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P