Berbagi Informasi Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh



Berbicara mengenai olahraga sudah jelas adalah satu kegiatan bermuatan positif yang memberikan begitu banyak manfaat bagi setiap orang yang melakukannya. Meskipun banyak sekali manfaat olahraga ini akan tetapi pada kenyataanya tidak semua orang gemar atau dapat melakukan kegiatan yang sarat muatan positif bagi tubuh tersebut. Padahal olahraga adalah sarana penunjang kesehatan tubuh seseorang untuk selalu tampil bugar dan prima karena mampu untuk melepaskan otot-otot yang sedang tegang. Mungkin besar saja kemungkinan negatifnya yang bisa terjadi pada tubuh jika seseorang sama sekali tidak pernah melakukan kegiatan olahraga ini.

Olahraga sebagai satu hal yang memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan, selayaknya harus dijadikan sebuah gaya hidup semua orang yang wajib dilakukan. Kegiatan olahraga bukan hanya penting untuk dilakukan oleh orang dewasa saja namun juga sebaiknya sedari dini anak kecil diajarkan juga untuk melakukan hal yang kaya manfaat tersebut. Hal tersebut tak lain bertujuan agar sejak kecil otot mereka terbiasa menerima pergerakan dari kegiatan olahraga yang dilakukannya sehingga otot tidak akan menjadi kaku yang mana berkat itu sirkulasi peredaran darah dapat berjalan dengan lancar dan mereka dapat menjalani hidup dengan lebih sehat dan rileks.

Bagi orang yang mengesampingkan kebugaran jasmani yang sangat berguna bagi tubuh tersebut, segeralah untuk merubah ketidakpedulian anda tersebut. Sesibuk apapun pekerjaan atau rutinitas yang dijalani, ada baiknya untuk melakukan olahraga ini di setiap harinya secara rutin. Sebab tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melakukan kegiatan berolahraga, dengan 30 menit saja itu merupakan waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan yang kaya dan sarat manfaat bagi kesehatan tubuh tersebut asalkan secara rutin dilakukan.

Bahkan sudah banyak para ahli yang menyatakan bahwa kebugaran jasmani ataupun olahraga ini turut pula berkontribusi dalam meningkatkan kecerdasan seseorang. Itulah yang menurut para ahli kemukakan sebagai dampak olahraga bagi aspek psikis atau rohani. Manfaat olahraga lainnya bagi seseorang yang melakukannya dan dapat dirasakan oleh tubuh orang tersebut adalah :

1.   Melatih daya pacu jantung

Saat seseorang sedang berolahraga, akan mengakibatkan daya pacu jantung orang tersebut menjadi cepat dan akan berangsur normal kembali setelah ia beristirahat. Hal tersebut dampaknya bagi kesehatan dinilai sangat baik karena dapat melancarkan peredaran atau sirkulasi darah dalam tubuh mengingat fungsi jantung sebagai pengedar darah ke seluruh tubuh. Dengan begitu orang tersebut dapat lebih mencegah tubuhnya dari rasa pusing, serangan stroke, keram, dan lain sebagainya.

2.   Membuat badan sehat dan segar

Dengan berolahraga tubuh dapat membuang energi lama pada tubuh yang diindikasikan dengan keluarnya keringat saat aktivitas olahraga dilakukan. Energi lama yang terbuang dari tubuh tersebut akan digantikan dengan energi baru yang berasal dari makanan baru yang dikonsumsi setelah berolahraga dimana hal tersebut dapat membuat seseorang menjadi lebih fit, bugar, dan semangat.



1 komentar:

  1. Bener, olahraga banyak manfaatnya buat kesehatan. Kesehatan harta tak ternilai harganya. :-)

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P