Kuman Penyebab Penyakit Diare

Kuman adalah salah satu hal yang menjadi penyebab penyakit, tidak terkecuali penyakit diare. Penyakit ini sering kali dijumpai dengan negara-negara berkembang walupun tidak menutup kemungkinan juga ada di negara-negara maju. Umumnya penyebab dari penyakit ini berasal dari tempat-tempat sanitasi yang tidak bersih dan kurang, seperti lokasi pengungsian bencana. Selain itu juga banyak orang dari negara berkembang seperti  Indonesia masih membuat hajat di sungai, hal inilah yang meningkatkan penderita penyakit tersebut. 

Penyebab penyakit diare sendiri adalah bakteri Echerichia coli atau orang-orang lebih mengenalnya dengan E. coli. Bakteri tersebut dapat ditemukan di sekitarl ingkungan kita, makanan yang kita makan, kotoran, dan usus. Walaupuns ebagian besar strain bakteri tersebut tidak berbahaya tetapi terdapat beberapa jenis dari bakteri tersebut dapat mengakibatkan timbulnya penyakit seperti di pernapasan, saluran kemih dan masih banyak yang lainnya.

Penyakit diare juga merupakan penyakit pembunuh paling banyak hampir di seluruh negara berkembang. Penyakit ini menyebabkan para penderitanya melakukan buang air besar secara terus-menerus melebihi batas normal yang dapat menyebabkan penderitanya kekurangan cairan atau dehidrasi. Ketika seorang penderita telah mengalami hal tersebut maka diare yang dialaminya sudah sangat parah dan harus segera dibawa ke pusat kesehatan terdekat. 

Untuk mencegah penyakit diare dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Berikut adalah kebiasaan baik yang harus Anda dan keluarga Anda lakukan.
1. Selalu cuci tangan dengan sabun anti-kuman Lifebuoy ketika sebelum dan selesai makan. Selain itu juga jangan lupa untuk mencuci tangan setelah dari toilet.
2. Selalu gunakan alas kaki ketika berpergian. Hindarilah genangan air guna mencegah kuman masuk melalui pori-pori kulit Anda.
3. Ketika hendak memasak, pastikan Anda mencuci semua bahan terutama sayuran, daging dan ikan. Selain itu pastikan masakan Anda matang. Selain itu, hal tersebut juga berlaku bagi buah yang akan Anda makan.
4. Jangan biasakan menggunakan pisau yang digunakan secara bergantian antara makanan matang dan mentah. 
5. Jaga kebersihan rumah Anda terutama toilet dan wadah tempat sampah. Karena kedua tempat tersebut  yang paling banyak mengandung kuman.

3 komentar:

  1. salah satu faktor kuman E COli gampang menyebar dan menyebakan diare..adalah kurangnya masyarakat menjaga kebersihan rumah dan lingkungan....
    keep happy blogging always,,,salam dari Makassar - Banjarbaru :-)

    BalasHapus
  2. Diare ini pada umumnya disebabkan karena konsumsi air yang tidak higienis atau bersih. Pada umumnya sering terjadi jika terjadi musim kemarau. Pontianak pernah dilanda musim Diare saat terjadinya kemarau yang berkepanjangan

    BalasHapus
  3. Diare, kelihatannya sepele, tapi jika tidak ditangani dengan serius, bisa bahaya ya.

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P