Mengenal Penyebab dan Cara Menghilangkan Stres


Stres adalah suatu keadaan atau kondisi dimana seseorang mengalami beban pikiran dan mental yang dapat memengaruhi kondisi tubuh. Stres juga dialami oleh hampir semua orang baik muda maupun tua. Kondisi tubuh yang stres juga akan berdampak pada kegiatan sehari-hari seperti halnya saat bekerja. Orang yang memiliki tubuh dan pikiran yang stres menjadi tidak fokus dalam bekerja dan hasil pekerjaannya juga tidak akan maksimal. Oleh sebab itu sedini mungkin kita harus mengetahui penyebab dan cara menghilangkan stres.

Stres sendiri disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari faktor internal hingga faktor eksternal. Adapun faktor yang menyebabkan stres adalah sebagai berikut.

1. Tekanan ditempat kerja

Rentang deadline yang begitu ketat, tuntutan kesempurnaan dari hasil kerja, dan kesulitan dalam mengimplementasikan rencana kerja memicu munculnya stres pada diri anda. Selain itu, penyebab stres ditempat kerja bisa dikarenakan bosan dengan tugas yang monoton setiap harinya, lingkungan kerja yang tidak kondusif, dan tanggung jawab yang tidak sepadan dengan gaji yang diperoleh

2. Masalah finansial

Salah satu penyebab stres yang paling umum adalah masalah finansial atau ekonomi. Bahkan tak jarang orang memilih untuk mengakhiri hidupnya dikarenakan kesulitan dalam ekonomi. Selain itu masalah ekonomi juga bisa menyebabkan sesorang bertindak melanggar hukum seperti halnya mencuri, merampok, atau melakukan penipuan. Untuk mengatasi masalah finansial, anda bisa bergabung dengan program persiapan masa depan Futuready. Karena bersama Futuready anda bisa berkonsultasi dan merencanakan keuangan dengan para hali. Sehingga masalah finansial dapat anda hindari

3. Penyakit

Penyakit juga bisa menimbulkan stres pada penderita. Karena penyakit yang tak kunjung sembuh secara tidak langsung akan membuat anda tertekan, entah karena penyakit itu sendiri atau pengobatan yang mahal. Selain itu stres juga bisa membuat penyakit yang anda derita semakin parah.

4. Kegagalan

Terobsesi dengan keinginan adalah suatu hal yang baik. Karena keinginan adalah bukti dari gairah hidup anda. Namun tidak sedikit orang yang gagal dalam mewujudkan keinginannya. Sehingga anda mengalami tekanan dari kegagalan tersebut.

Cara menghilangkan stres juga bermacam-macam. Hal ini dikarenakan setiap orang mempunyai cara yang berbeda-beda untuk menghilangkan stres. Namun pada umunya seseorang menghilangkan stres dengan cara berendam dalam air, melihat pemandangan, jalan-jalan ketempat yang indah, serta berkumpul bersama dengan keluarga tercinta. Bahkan ada beberapa orang yang menghilangkan stres dengan cara ekstrem seperti halnya melakukan terjun payung. 

Itulah beberapa penyebab dan cara menghapus stres pada diri kita. Jauhkanlah diri anda dari stres karena hal tersebut secara tidak langsung bisa menimbulkan berbagai macam penyakit yang berbahaya seperti hipertensi dan penyakit jantung.

1 komentar:

  1. jalan-jalan bersama keluarga paling efektif hilangkan stress :)

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P