Gejala Penyakit Diare Orang Dewasa dan 3 Cara Penanganan Cepat



Diare merupakan masalah dalam kesehatan pada masyarakat Indonesia yang sangat sering terjadi. Meski pada dasarnya bukanlah penyakit yang mematikan, diare yang dibiarkan begitu saja bisa menjadi diare kronis yang mematikan. Di Indonesia sendiri, diare merupakan penyakit yang menempati peringkat 13 untuk penyebab kematian pada orang dewasa, sehingga Anda tetap harus waspada. Kenalilah gejala penyakit diaredi bawah ini dan segeralah menanganinya.

Bagi orang dewasa, gejala diare sendiri bisa berupa gejala-gejala sebagai berikut ini:

Buang air besar dalam frekuensi sangat sering.
Tinja berbentuk cairan terang dan berwarna kehijauan.
Buang air disertai dengan muntah-muntah dan kram pada perut.
Di tinja terdapat darah.
Anus pada penderita diare juga berdarah/terjadi pendarahan.
Diare yang sangat parah hingga mengganggu tidur di malam hari.
Berat badan berkurang secara cukup drastis.
Merasalelahkarenapotasium di tubuhberkurang.
Rasa haus yang sangat karena dehidrasi/kekurangan cairan tubuh.

Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, maka lakukanlah penanganan sesegera mungkin. Ini caranya:

1. Ganti cairan tubuh yang hilang
Pertama-tama, Anda butuh cairan agar tak dehidrasi. Minumlah air yang banyak, setidaknya 2 jam sekali. 
2. Minumoralit
Minumlahoralituntukmengatasidiare Anda tersebut. Jangan minum sekaliguslangsung, tetapitegukdulu 2-3 kali, lalu berhenti selama beberapa menit. Baru lanjutkan lagi meneguk obat. Ulangiterussampaioralithabis.
3. Hindari makanan susah dicerna
Anda harus memakan makanan yang mudah dicerna dan bisa membuat tinja lebih kental. Contoh makanan yang baik untuk diare adalah pisang, beras, apel, roti, yogurt, dan kentang rebus.

Jika gejala penyakit diare tak segera hilang bahkan setelah Anda melakukan penanganan di atas, maka saatnya Anda mengunjungi dokter. Jika dibiarkan begitu saja, diare bisa menjadi penyakit kronis, yang akan berakibat sangat negatif. Setelah sembuh, cegah agar Anda jangan sampai kena lagi. Bersihkan rumah dan lingkungan, serta cuci tangan sebelum makan dengan sabun seperti Lifebuoy untuk membasmi kuman.

0 komentar:

Poskan Komentar

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P