Kampus dengan Tempat Terbaik untuk Orientasi dan Persiapan Mahasiswa Baru

Bisa dibilang bahwa biasanya kehidupan kampus lebih cenderung mengutamakan kehidupan yang individual serta banyak dibumbui dengan prestige para mahasiswanya. Akan tetapi hal tersebut tidak akan Anda jumpai pada kampus IPB (Institut Pertanian Bogor) yang memiliki sistem terbaik dalam hal pengajaran serta pembinaan terhadap para mahasiswanya, terutama mahasiswa yang baru saja memasuki bangku perkuliahan. Hal ini tentu saja akan sangat memberikan banyak hal pada mahasiswa baru karena biasanya ketika awal memasuki kuliah, mereka akan bertemu dengan sistem pengajaran baru serta banyak hal baru yang kadang belum pernah dijumpai di bangku sekolah.

Salah satu sistem atau metode orientasi yang diajarkan untuk para mahasiswa baru ini adalah dengan disediakannya fasilitas asrama bagi mahasiswa tingkat satu. Fasilitas yang berdiri diatas tanah seluas 35 ribu meter persegi ini, akan memberikan banyak pengalaman serta pengetahuan baru bagi mahasiswanya sehingga tidak akan merasa kesulitan untuk menempuh materi pengajaran selanjutnya. Beberapa keuntungan yang bisa dipetik dari ditempatkannya mahasiswa baru pada fasilitas ini seperti:

Memunculkan ikatan emosional antara mahasiswa baru sehingga akan mempermudah komunikasi ataupun proses belajar,
Kemudahan mendapatkan bahan maupun referensi buku-buku pelajaran karena biasanya mahasiswa tingkat atas sering memberikan atau mewariskan buku-buku pelajaran untuk adik kelasnya.

Selain itu asrama Institut Pertanian Bogor ini juga sering memunculkan ikatan-ikatan atau organisasi kecil yang nantinya bisa digunakan sebagai sarana mahasiswanya untuk belajar berorganisasi. Perlu diketahui bahwa fasilitas untuk berorientasi ini tidak hanya sekedar asrama saja, tapi juga seperti:

1. Adanya taman belajar yang bisa dimanfaatkan untuk belajar bersama teman satu kelas,
2. Adanya kegiatan orientasi yang jauh dari kata “keras” sehingga bisa benar-benar bisa membuat para mahasiswa baru siap dengan segala aktivitas kampus.

Sarana dan prasarana yang dibangun oleh pihak kampus, memang tidak hanya sekedar untuk menumbuhkan rasa percaya masyarakat terhadap kualitas dan kebesaran kampus IPB (Institut Pertanian Bogor) ini, tapi juga karena memang benar-benar ingin membuat para peserta didiknya mampu menjadi yang terbaik dalam hal penguasaan materi serta praktek di lapangan nantinya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P