3 Upaya Kecil Sebagai Pencegahan Diare Secara Tepat



Pada musim panca roba seperti sekarang didukung oleh peningkatan curah hujan bisa memicu penularan penyakit diare dengan cepat.  Oleh sebab itu upaya pencegahan diare sebaiknya dilakukan sejak dini agar penyakit musiman ini tidak mudah menjangkiti tubuh. Diare menjadi salah satu jenis penyakit yang mudah sekali menyerang terutama saat musim hujan. Lingkungan yang kotor menjadikan pertumbuhan dan perkembangan bakteri penyakit ini mudah beranak-pinak.

Dalam kondisi yang terburuk penyakit diare bisa menjadi penyebab kematian terlebih jika menyerang bayi atau anak-anak usia balita. Membantu menghindari keresahan tersebut upaya berikut bisa membantu pencegahan penyakit diare secara maksimal:

1. Menjaga kebersihan makanan,
Makanan yang kurang atau tidak higienis menjadi penyebab utama terjadinya diare sebab merupakan penyakit yang menyerang saluran pencernaan. Ketika musim penghujan sebaiknya intensitas jajan di luar terutama untuk anak-anak dikurangi atau dihindari. Perhatikan kebersihan sayur dan buah serta bahan makanan lain sebelum diolah dan dikonsumsi. Cara seperti ini membantu membersihkan saluran pencernaan dan menghindari menempelnya bakteri diare.

2. Tidak meminum air yang masih mentah,
Zaman dulu orang tidak merasa khawatir jatuh sakit ketika meminum langsung air sungai atau air dari mata air tanpa proses perebusan. Jenis penyakit tentu tidak sebanyak zaman sekarang yang mengenal berbagai bahan kimia dan zat kimia tertentu. Air sungai dalam kondisi tertentu meskipun nampak bersih dan jernih bisa mengandung bakteri diare. Apalagi jika langsung meminum air kran, maka pastikan air yang diminum setiap harinya merupakan air matang yang sudah direbus hingga mendidih.

3. Menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh,
Tubuh yang sehat akan memiliki imunitas alami yang melindungi tubuh dari serangan bakteri penyebab diare atau penyakit lainnya. Menjaga kesehatan semakin mudah dan maksimal ketika turut memperhatikan kebersihan tubuh. Usahakan mandi dua kali setiap hari dan boleh lebih ketika tubuh mudah berkeringat dan kotor. Sebelum makan atau minum cuci tangan dahulu dengan sabun dan air yang mengalir. Jaga kebersihan tubuh dengan sabun Lifebuoy yang mengandung bahan aktif menangkal perkembangan bakteri berbahaya dan ampuh sebagai pencegahan diare.

2 komentar:

  1. Dari kurangnya menjaga kebersihan makanan ini saya kadang diare, waktu sakit...pasti selalu inget kalau habis makan sesuatu yang kurang higienis. Sip, upaya kecil yang kadang sering terlupakan :)

    BalasHapus
  2. Aku jadi kangen minim air mentahn, Kak. . .hahaha

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P