Tips Membeli Apartemen Lebih Aman


Bingung untuk menentukan antara memilih untuk membeli rumah atau apartemen kini banyak sekali ditemui oleh beberapa masyarakat yang berupaya ingin memiliki tempat tinggal yang nyaman. Jika pada kenyataannya harga rumah memang lebih mahal, maka tidak ada salahnya jika kamu mulai memikirkan untuk membeli apartemen, tidak ada yang salah dengan membeli apartemen. Selain harganya yang tidak semahal membeli rumah apartemen juga menyediakan berbagai kemudahan seperti keadaan hunian yang sudah full furnish selain itu fashilitas yang disediakan akan memberikan kamu banyak kemudahan untuk kamu. Namun dalam membeli sebuah apartemen ada beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan :

1. Bentuk Kepemilikan
Pada apartemen terdapat 2 kepemilikan, yang pertama kepemilikan sendiri atau kepemilikan dari sebuah unit SRS. Batas-batas kepemilikan setiap unit apartemen terdapat pada dinding pemisah bagian dalam, langit-langit struktur bagian atas, dan luas unit sama dengan luas lantai. Yang kedua adalah kepemilikan bersama, misalnya atap, dinding pemisah, koridor, lift dan tangga ada juga sarana yang dipakai bersama seperti tempat parkir, jogging track, gym, kolam renang, yang biasa disebut benda bersama. Ketika membeli sebuah apartemen pastikanlah terlebih dahulu bentuk kepemilikan dari apartemen tersebut.

2. Kelengkapan
Jika kamu berencana untuk membeli satu unit apartemen, sebaiknya pilihlah apartemen yang sudah selesai dibangun dan sudah memenuhi syarat jual serta lengkapnya sertifikat tanah bersama, izin layak huni dari pemerintah.

3. Pembayaran
Dalam pembayaran ada tiga cara yang bisa dilakukan, yaitu cash, cash keras atau menggunakan fasilitas KPR. Untuk pembayaran cash, pembeli biasanya akan mendapatkan diskon, untuk pembayaran cash keras bisanya pembeli berniat untuk melunasinya dalam dua atau tiga kali angsuran, dan bagaimana jika pembeli ingin menggunakan fasilitas KPR? Aturan secara umum yang harus kamu tau. Pertama, pembeliharusmembeyaruangmukasebesar yang telahditetapkanolehpengembang, kedua, pembayaran pajak yang bisa diangsunrkan bersamaan dengan angsuran yang telah diperjanjikan, ketiga, pengembang akan menunjuk bank yang bersedia memberikan KPR, keempat, calon pembeli kamu tangani perjanjian pengikat jual-beli HM-SRS, kelima, jika angsuran uang muka, PPN dan sisa harganya telah dilunasi. Pemilik dapat melakukan jual-beli. Tentunya setelah sertifikat HM_SRS yang sudah diterbitkan oleh Kantor Pertanahan. 

Biasanya pembangunan sebuah apartemen memerlukan waktu sekitar 30 bulan, namun banyak juga dari mereka yang biasanya memesan (indent), namun jika kamu ingin aman belilah apartemen yang sudah selesai dibangun, karena pada kenyataannya saat ini banyak sekali terjadi penipuan dari pihak pengembang apartemen yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu jika kamu berencana membeli apartemen perhatikanlah beberapa langkah ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P