Untung Rugi Memilih Mobil Bekas


Dokumentasi milik 123

Tak banyak yang saya tahu mengenai seluk beluk mobil. Baik penggunaan, perawatan, harga juga jual belinya. Apatah lagi mengenai mobil bekas. Jumat, 31 Maret lalu bertempat di restoran The Hook, Kebayoran baru saya menyimak talkshow yang diadakan oleh mobil 123, sebuah portal otomotif nomor 1. Menyimak obrolan demi obrolan yang disampaikan oleh dua narasumber dari ahlinya, membuat saya sedikit lebih mengerti mengenai seluk beluk kendaraan ini. Pun yang dibahasnya, mengenai mobil bekas.

Pukul 13.30, suasana restoran The Hook sudah mulai ramai. Sebagian besar teman-teman blogger dan media sudah duduk sambil menikmati makan siang. Bahkan, ada yang sudah menyelesaikan menikmati hidangan. Alunan musik dari band yang saya nggak tahu namanya menemani kami semua menikmati makanan yang telah disediakan. Dress code merah yang ditentukan sebelum berangkat mewarnai suasana di restoran. Lalu lalang teman-teman blogger didominasi busana warna merah beragam. Setelah hampir semuanya menikmati hidangan makan siang, pembawa acara mulai membuka acara.

Managing Editor mobil 123 Indra Wijaya sebagai moderator siang itu tampi pertama ke depan. Ia menjelaskan sekilas mengenai mobil 123. Juga mengabarkan jika sampai hari ini mobil 123 masih menjadi portal nomor 1 mengenai otomotif. Dua narasumber, Halomoan Fischer Lumbantoruan, Chief Operational Officer dari  Mobil 88 dan Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Director dari PT. Hyundai Mobil Indonesia.

Halomoan Fisher Lumbantoruan menjadi narasumber pertama. Ia menjelaskan sekilas mengenai mobil 88. Mobil 88. Mobil 88 didirikan pada tahun 1988 di bawah naungan PT. Arya Kharisma. Pada tahun 2000 menjadi satu bagian dengan Auto 2000 PT Astra Internasional Tbk. Sampai kemudian pada 2010 menjadi perseroan. Bertahun-tahun keberadaan mobil 88 banyak berganti manajemen. Sampai kemudian menjadi persero. Jangkauannya pun sudah ada di sembilan kota di Indonesia. Baik di wilayah Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya bahkan sampai ke Balikpapan.

Berkecimpung di dunia jual beli mobil sejak lama, Halomoan mengisahkan untung rugi membeli mobil bekas. Meski terkadang mobil bekas transaksinya lebih mudah, harganya bisa lebih murah, tapi sebagai pembeli harus lebih berhati-hati. Beberapa kerugian yang diperoleh pembeli salah satunya adalah mobil disita oleh pihak kepolisian. Mengapa ini bisa terjadi? Ada banyak sebab tentu saja, ketika pembeli tak jeli bisa saja ia membeli mobil hasil curian. Atau mobil yang bermasalah. Untuk itulah, Halomoan wanti-wanti untuk lebih berhati-hati ketika membeli mobil bekas. Menurutnya, membeli mobil kepada orang-orang terdekat bisa lebih dipercaya.

Faktor penyebab risiko kerugian antara lain menurutnya adalah, dokumen atau status hukum kendaraan yang dibeli. Kesesuaian fisik dan dokumen di mana tidak ada perubahan pada dokumen dan kendaraan. Kendaraan bekas tabrakan, terkena banjir mau pun odometer putaran.

Sementara Hendrik Wiradjaja Deputy Marketing Director dari PT. Hyundai Mobil Indonesia. Jika bersama mobil 88 lebih banyak dipaparkan mengenai penjualan mobil bekas, maka bersama dengan Hyundai ini Hendrik Wiradjaja menyampaikan tentang keunggulan jual beli mobil yang baru.



Talkshow selama hampir dua jam ini tak terasa. Interaksi antara narasumber dan audiens yang hadir terjalin dengan baik. Keramahan pembawa acara juga kepiawaian moderator . Waktu dua jam berjalan dengan sangat cepat. Talkshow diakhiri dengan foto bersama. Seperti biasa, khas pertemuan-pertemuan blogger. Eh, sebenarnya bukan hanya pertemuan blogger saja, tapi lebih di era kekinian hehehehe. Terima kasih mobil 123, saya jadi sedikit tahu seluk belum penjualan mobil bekas ^_^


Keramaian teman-teman blogger yang hadir

8 komentar:

  1. Pastikan untung ketika membeli mobi, pastikan mobilnya yang terbaik, pastikan tempatnya yang juga terpercaya.Aman dah.

    BalasHapus
  2. Yes.. kalau tau tips triknya, beli mobil bekas pun "aman"

    BalasHapus
  3. jadi makin yakin mau beli mobil bekas ya mba.. aman dan bisa dapat garansi pula..

    BalasHapus
  4. Mobil bekas juga oke kok, asal kita tahu tempat yang aman untuk membeli

    BalasHapus
  5. Intinya beli bekas harus teliti & pintar milih siapa tau dpet mobil yg masih bagus dgn harga murah

    BalasHapus
  6. paham tips dan trik membeli mobil bekas agar tidak salah beli

    BalasHapus
  7. Aman rasanya beli mobkas kalau tahu strateginya, supaya ga diakalin sama penjual nakal :)

    BalasHapus
  8. Biar bekas juga banyak yg masih bagus performanya.

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P