Bintang Tak Pernah Sembunyi

Tapi bulan selalu saja sembunyi di balik awan
Keharusannya menerangi ketika matahari tertidur lelap dan ketika manusia di bumi sekarat dalam gelap ketidakberilmuan bulan asyik bersolek dengan pulasan lembut warna temaram pesonanya selalu meninabobokan dan dongeng selalu tentang bulan tapi bulan lebih suka sembunyi di balik awan

Bintang dengan suluh tajamnya mampu menembus celah awan dan selalu setia meski malam pekat
Bintang adalah guru yang setia bercahaya di kegelapan
Guru adalah bintang walau satu titik tetap bercahaya pemberi penerangan pada manusia sekarat menjadi bermakna
 Dan ilmu selalu tentang bintang tinggi
Tinggi adalah sabar dan sabar selalu bernilai tinggi meski pesonanya tak secantik bulan meski tak pernah ada dongeng tentang bintang meski bintang tak pernah purnama meski hanya ada satu nyanyian ”bintang kecil di langit yang tinggi” bintang takkan pernah sembunyi di balik awan
Sebuah dedikasi, dari seorang guru. Guru, jasamu tiada tara. Tugasmu mengemban amanah, mencerdasakn kehidupan anak bangsa. Semoga ilmumu, menjadi amal jariyah, Insya Allah...

29 komentar:

  1. atau bintang kecil di langit yang kelam

    BalasHapus
  2. Saya kebetulan seorang guru mbak, terima kasih puisi indahnya. Selamat pagi mbak ^_^

    BalasHapus
  3. sebuah puisi indah buat siapapun yang menjadi guru, guru profesi maupun mereka yang berjiwa guru.
    Nice post, Ana ...

    BalasHapus
  4. Guru emang pahlawan tanpa tanda jasa deh.. hidup mbak ajeng :-)

    BalasHapus
  5. Bintang menjadi simbol posisi puncak
    Bintang kelas, bintang lapangan,
    Maka jadilah bintang.

    BalasHapus
  6. lagi jadi OP nih na diwarnet.. besok baru kerumah mertua, kirain langsung kerumah mertua makanya bilang bakalan jarang onlen..

    BalasHapus
  7. kereeeennn mbak... suka banget ama puisinya... buatan mbak anaz yah?! boleh aku post linknya ke FB ga? boleh yah? hehehe... :D

    BalasHapus
  8. Bintang kecil, dilangit yang biru... amat banyak menghias angkasa..... aku ingin tebang dan menari..... jauh tinggi ke tempat kau berada......

    BalasHapus
  9. sebuah puisi yang sangat dalam maknannya, pandi jadi pengen jadi guru, biar jadi bintang, tapi guru apaan yach.. beruntung benar seseorang yang jadi seorang guru.. jasanya.. kepada agama, negara dan bangsa..

    BalasHapus
  10. kok pada bisa bikin puisi hebat2 seperti itu sih?
    aku bikin puisi 2 aja dah bikin kontreversi ga habis2... :D

    BalasHapus
  11. wah kata2nya indah nian uey
    kerennnn
    bintang emng tag pernah bersembunyi

    BalasHapus
  12. diksi yang menarik dan unik Naz, terpujilah guru2 ku semuanya....

    BalasHapus
  13. repetisinya sayah suka, mantab! :-)
    dan mungkin judulnya dijadiin satu menjadi baris pertama sekalian ajah ya naz, mungkin keknya lebih enak....
    tapi ndak tahu juga ding, wong puisi itu kalo penempatannya sepeprti itu pun ada maksud tertentu dari pengaranngnya Ya... :-)

    BalasHapus
  14. puisinya indahhhh.....

    sampai kapanpun bintang tak akan pernah sembunyi :)

    BalasHapus
  15. lama ngga kesini aku mba :D, rasanya tenggalam di telan awan hahay..

    BalasHapus
  16. Hai.... psuisinya bagus... tapi aku nggak ngerti... bukan salahmu... aku memang terlalu bodoh untuk mengerti arti sebuah puisi... hihihi...

    maaf aku baru berkunjung lagi... aku baru sembuh.... :)

    BalasHapus
  17. pinjem jempol semua anak-anak di apartement gue. 14 x 2 = 28 jempol buat tulisanmu.

    fb ama tweetermu dah gw approve tau, dari jaman kuda malah. loenya ajah di tweet gue di cuekin mului. sebel

    BalasHapus
  18. karena memang begitulah garis edarnya...

    guru adalah bintang, bintang yg selalu bersinar sepanjang masa...

    BalasHapus
  19. Wah, mbak Anaz lihai juga nulis puisi nih. Dua jempol untukmu, mbak...:D

    Sekali lagi:
    Bintang, meski hanya pendar, tetapi sungguh ia begitu menyejukkan...

    BalasHapus
  20. Jadi teringat waktu zaman2 masih di TK, sering sekali menyantikan lagu tersebut, hehe

    BalasHapus
  21. Puisinya bagus mbak...
    Penggambaran guru sebagai bintang yg selalu bersinar dalam kegelapan... rasanya pas sekali.

    BalasHapus
  22. Seperti bintang yang sinarnya menerangi kegelapan, juga sebagai penunjuk arah, begitulah guru ya na. Ya, bintang tak pernah sembunyi. Paling-paling tidak kelihatan ketika hujan menimpa malam.

    BalasHapus
  23. Sem0ga tidak pernah kehabisan terang untuk dapat menyinari..lam knal

    BalasHapus
  24. oalaaaah tak pikir bintang yg mana
    hehehehe
    nyengir kuda d

    BalasHapus
  25. hahahahahahha... bang atttaaaaa... :-D

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P