Diposting oleh Anazkia | 48 komentar

Blogger Hibah Sejuta Buku Fase Kedua



Blogger Hibah Sejuta Buku, awalnya dipelopori oleh salah seorang anggota blogger bertuah, Prima Wahyudi atau nama kerennya adalah, Nan Limo Datuk Bertuah. Dari situ, gerakan amal menyumbangkan buku ini mulai bergulir. Berangkat dari falsafah "Pemberian yang paling berharga adalah memberikan benda yang paling disayangi atau dicintai" maka buku buku menjadi pilihan untuk disumbangkan. Selain buku adalah harta berharga buat kita, tapi ketika diberikan kepada yang membutuhkan semoga buku ini lebih bermanfaat. Lengkapnya, baca tulisan Emo di sini. Pengiriman buku ada di sini


Fase pertama, teman-teman blogger bertuah menghibahkan buku-buku sumbangan tersebut di sebuah pedalaman daerah kepulauan Meranti, Riau. Ratusan buku telah sampai ke pulau tersebut. Dan kini untuk fase kedua saya dengan beberapa teman-teman blogger bertuah berembug untuk kembali mengadakan kegiatan yang bermanfaat ini. Berbeda dengan fase pertama di mana buku-buku dikirimkan ke pedalaman Riau, kini buku-buku akan kami kirimkan ke daerah pedalaman Papua tepatnya, di Fakfak Utara, Papua Barat.

Kenapa, Papua? Karena masih minimnya bahan bacaan untuk anak didik di sana. Bahkan untuk buku pengetahuan umum pun masih sangat sedikit. Lho, di daerah lain juga banyak yang masih kekurangan bahan bacaan, mungkin ada yang berpikir seperti itu. Kalau program ini dapat berjalan dengan baik dan banyak blogger yang mau berpartisipasi sebagaivolunteer, Insya Allah semoga akan menyusul daerah-daerah lainnya. Semoga…

Siapa yang ada di Papua? Di Papua, ada salah seorang teman saya yang sedang bertugas sebagai Pengajar Muda program Indonesia Mengajar, namanya Arif. Nanti, dialah yang akan bertanggung jawab menerima dan menyalurkan buku yang kami himpun dan kirimkan.

Dulu, sewaktu Blogger Hibah Sejuta Buku fase pertama buku dikumpulkan sepenuhnya di kosannya Emo. Untuk kali ini berhubung jauhnya tempat yang akan dikirim, Bang Atta menyarankan untuk membuka beberapa posko. Sementara posko yang ada kami menyediakan di beberapa tempat.

Jakarta
Jl. Cendrawasih 5 Blok B 13 Nomor 5
Jurangmangu Timur
Pondok Aren
Bintaro

15222

Cilegon-Serang 
Komplek Griya Praja Mandiri
Blok F5 no 5
Cibeber 
 087772573662

Hernureli (wakil dari anazkia.com :D

Perumahan Bukit Pelamunan Permai
Kompleks Sankyu Blok E5/17
Kramatwatu-Serang Banten
42161

Pekanbaru untuk wilayah Sumatera dan sekitarnya
 Alamat Pekanbaru :
Sekretariat Blogger Bertuah
Jalan Sakinah I no 2A
Tangkerang Utara
Pekanbaru

Sekretariat Bappeda
Kantor Walikota Pekanbaru
Jl. Jend. Sudirman 464
Pekanbaru

 Yogya dan sekitarnya

Asrama HPMB Makassar,
Jalanb Utama, Pugeran RT 10/RW 64
Maguwoharjo-Depok
Sleman 55282.

Malang dan Sekitarnya

Jalan Watu Gilang 3 No. 40
Malang-Jawa Timur
Kode Pos 65165

Bogor dan sekitarnya

PT Yudhistira Ghalia Indonesia
Jaln. Rancamaya KM.1 No 47
Warung Nangka
Ciawi-Bogor
16720


Bandung
Rina Fitriana


Jalan permai 17 No. 2
Komplek Margahayu Permai
Terusan-Kopo

Bandung-Jabar
40218





Citra Sudiang Indah Blok X8/14
Makassar-Sulawesi Selatan
90243

Untuk wilayah Malaysia, selanjutnya akan saya koordinir dengan beberapa teman-teman blogger yang ada di Malaysia. Setelah itu baru kami akan gabungkan dengan teman-teman blogger di Pekanbaru.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka buat teman-teman blogger yang masih ingin berpartisipasi sebagai volunteer, kami persilakan untuk bergabung. Owh iya, bagaimana cara mengirimkan bukunya? Serta buku-buku apa aja sih yang bisa dikirimkan sebagai “Hibah Blogger Sejuta Buku ini?

Buku-buku yang boleh dikirim dalam hibah buku kali ini adalah buku-buku bacaan untuk anak-anak baik buku pengetahuan, fiksi maupun nonfiksi.  Buat yang di daerah Sumatera bisa bergabung atau memberikan langsung bukunya kepada alamat di Pekanbaru. Buat teman-teman di wilayah pulau Jawa atau tepatnya wilayang Serang, Tangerang, Jakarta dan sekitarnya bisa mengirimkan ke alamat yang di Serang, Malang, Jakarta juga di Sleman-Yogya.


Batas akhir pengumpulan buku adalah sampai 31 desember 2011.

Desember 2009, saya sempat ke Pekanbaru menyerahkan sedikit buku bersama dengan beberapa teman blogger lainnya. Dan itulah gambar Emo ketika membawa buku-buku yang kami berika

Teman-teman bertuah bersiap mengantarkan buku ke pedalam Pulau Meranti, Riau

48 komentar:

  1. mbak nggak ngerti yang diminta posting konsep sendiri itu gimana. bisa kirim email penjelasannya..via Twiter ya emailku...

    BalasHapus
  2. Berbagi itu memang indah..apalagi yang kita bagikan sangat bermanfaat bagi yang menerimanya sobat

    BalasHapus
  3. oya mba sampai sebeluk ke TKP aku mautanya sampe kapan batas pengumpulan buku?

    BalasHapus
  4. @Mbak Lidya, alhamdulilah, makasih, Mbak :)

    @Mbak Yunda, silakan, Mbak :)

    @Arr rian, sudah, yah...

    @cardiacku, semoga saja :)

    @Baha, Insya Allah dalam jangka 1-2 bulan ini

    BalasHapus
  5. Kegiatan sosial yang patut kita dukung nih sob...

    BalasHapus
  6. alamatnya kurang lengkap, mba.. hehe.. minta kode posnya juga. :D

    BalasHapus
  7. maunya sih ikut tetapi posisi lagi di jakarta sedangkan buku2 lagi dimalang

    semoga jikalau ada lagi

    hubungi kembali yak

    BalasHapus
  8. bogor ada dong yah poskonya, di tempat saya juga boleh ..bisa nggak mbak Anaz?

    BalasHapus
  9. Nunggu aq pulkam dl aja mbak jgn ditutup dl huehehe

    BalasHapus
  10. @Pena, terimakasih...

    @Una, hayuukkk ikutan :)

    @Illa Rizky, alamat yang mana? :)

    @Nasrul, pulang dulu hehehehe.. semampunya aja, Mas.

    @Mas Erick, boleh bangetttt...

    @Mas Herman, :)

    @Mbak Tarry, iyah ditunggu :)

    BalasHapus
  11. Dear.

    1. waahhhh ketinggalana alias tercecer beriya laheeeiii..... gw baru nongol lageee...

    2. sukses buat aksi kemanusiaannyaaa....... gak janji bisa ikutan apa kagak........ takut janji euy...

    3. hhheeee mana resep nasi kuningnyaaa..???? bang atta udah bikin tuuuccchhh versi melayu....yang versi jawa mana neeehhh



    Regards.
    ... Ayah Double Zee ...

    BalasHapus
  12. Semoga kali ini aku bisa ikutan deh mbak... Ntar cek buku2 Shasa dulu deh.

    BalasHapus
  13. @Ayahnya Zahiya, dari mana ajah...?? hehehehe. Amin... terimakasih :)

    lah, resepnya Bang Atta belum cukup? hihihi...

    @Mbak Reni, aminnn... makasih, Mbak :)

    @Asop, boleh novel asal genrenya untuk anak2, yah?

    BalasHapus
  14. Mba.. saya dr bengkulu. gmn bs membantu dan berpartisipasi?

    BalasHapus
  15. mbak, dah ada yang ngirim nih.. dari ILa R. Semarang.. saran, namanya di link ke blog saya juga.. biar pengirim bisa lebih yakin.. terus ntar saya buat artikel tentang hibah sejuta buku ini, terus saya taro banner di samping juga ngelink ke artikel itu,,, insyaaLlah artikelnya terus saya update..

    BalasHapus
  16. @Mas Angger wiji, bengkulu terdekat mana, yah? Sementara kami hanya ada dua wilayah untuk luar pulau jawa di pekanbaru dan Sulawesi. Atau kalau mau Mas Angger Wiji menjadi volunteer untuk daerah bengkulu?

    @Saidil hady, iyah Insya Allah segera dibetulkan. Sebenere Mbak dah ada banner juga, tai belum dipasang :(

    BalasHapus
  17. seeep.........
    bawa BW biar banyak yg tahu

    BalasHapus
  18. kasi jangka waktunya
    misalnya mpe 31 Desember 2011

    BalasHapus
  19. saya mau kirim juga, An. tapi yg ke alamat bintaro aja ya. itu yg deket jakarta. paling deket.

    BalasHapus
  20. Semoga makin banyak orang yang tergerak untuk menyumbangkan buku2 bacaan agar anak2 indonesia menjadi cerdas dan berwawasan ya :)

    BalasHapus
  21. Indahnya Berbagi.. Tidak akan hilang ilmu yang kita bagi, melainkan akan membuat kita kaya akan pengetahuan yang lebih banyak... sukses!!!

    BalasHapus
  22. aku mau nyumbaaanggg...
    seneng ikut bantu.. :D

    BalasHapus
  23. siap siap..brarti ikutan kirim yang di bogor yaks..hmm beres2 ah, buku apa saja, apa buku anak2 saja y?

    BalasHapus
  24. @Bang Atta, Insya Allah dah dibuat. Untuk BW on the way :)

    @Mbak Fanny, makasih banyak, Mbak. Boleh kirim ke Bintaro :)

    @Tirta Darmanto, makasih

    @Pekanbaru, hajar juga :P
    @Bintangair, hajar lagi :))

    @Coretan hidup, amin amin Allahumma amin...

    @Majalah masjid kita, amin amin Allahumma amin...

    @dhila13 makasih :)

    @tramoiey, iyah soale kategori buku anak2 :) untuk anak2 SD

    BalasHapus
  25. klau wilayah makassar..poskonya dimana??tertarik nih...

    BalasHapus
  26. @Yudee, kalau Makassar, Citra Sudiang Indah Blok X8/14
    Makassar-Sulawesi Selatan
    90243

    Hubungi Pak Armand.

    BalasHapus
  27. Untuk daerah Pantura Jawa gak ada ya volunteer-nya? FYI, di daerah Pemalang tempat saya tinggal juga banyak sekolah minus bahan bacaan lho. Terutama siswa-siswa di pelosok pegunungan. Yang cerita adik saya yang jadi guru di salah satu SD di kaki Gunung Slamet, Pemalang.

    Salam kenal.

    BalasHapus
  28. mbak anaz, ada no telp yg koordinator bandung gak ? biar bisa janjian ketemu kalo aku mau ngasih bukunya ...

    BalasHapus
  29. Anaz, boleh gak dapet no hpnya Saidy Alhady? Alamatnya kayaknya deketan tuh sama bunda. Konsultasi aja kira-kira buku apa aja yang boleh disumbangkan. Makasih Anaz.

    BalasHapus
  30. Subhanallah.. keren mb programnya.. :D
    smoga bisa berpartisipasi, :)

    ijin share program Hibah ini ya mb, makasi..

    BalasHapus
  31. aslm
    mbak,,... saya di bengkulu,,berarti kalo mau krim ke riau y?

    BalasHapus
  32. mudah-mudahan bisa ikutan...
    kirim perwakilan pekanbaru.

    BalasHapus
  33. kalau masih ada, bisa ikutan y sama acaranya... gimna om admin?

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P