Blogger Hibah Sejuta Buku Fase Ketiga

Dulu, ketika saya kecil, buku adalah sesuatu yang sangat berharga dan ianya sangat sulit saya dapatkan. Sekarang, alhamdulilah meski saya belum mampu membeli 1000 buku, tapi yah masih mampulah membeli satu-satu. Bahkan, terkadang yang sudah dibeli pun tak sempat lagi untuk dibaca #jujurbanget. Yah, mungkin sebagian dari teman-teman juga pernah merasakan hal yang sama, sulit untuk mendapatkan buku bacaan, juga kekurangan bahan bacaan, tapi sekarang justru kelebihan bahan baca, atau bahkan tak sempat membaca. Padahal, di belahan Indonesia lainnya masih banyak dari teman-teman kecil kita tak punya bahan untuk dibaca, tak ada pula buku yang untuk dibaca.

Ngomongin buku, temen-temen masih inget, kan, dengan blogger hibah sejuta buku yang diadakan akhir tahun lalu? Keterangan lengkapnya, ada pada jurnal ini. Di mana program hibah sejuta buku ini adalah melanjutkan program dari tahun 2009 sebelumnya yang digalang oleh temen-temen blogger bertuah. Tahun 2009, tujuan pengumpulan buku adalah ke sebuah pedalaman daerah kepulauan Meranti-Riau. Laporan lengkap pengiriman ke daerah Meranti ada pada jurnal ini.


Kemudian, dilanjut kepada blogger hibah sejuta buku fase kedua dengan tujuan Papua. Alhamdulilah, terkumpul lebih banyak buku, kerja sama dari teman-teman blogger di seluruh Indonesia. Insya Allah, amanah teman-teman akan dikirim ke Papua pada akhir bulan februari. Keterangan lengkap tentang laporan akhir hibah sejuta buku ada di jurnal ini.

Nah, kali ini, untuk fase ketiga kami kembali membuka lapak, buat teman-teman yang ingin menyumbangkan bukunya baik buku baru maupun bekas (yang masih layak baca) Kali ini, kami juga masih sama menerima jenis bukunya, yaitu untuk kategori anak-anak. Ke mana buku tersebut akan disumbangkan? Insya Allah, kami akan menghibahkan buku-buku tersebut ke Maluku, ke sebuah Sekolah Dasar, SD YPPK Manusela, Seram Utara.

Dokumentasi dari arumbai.org

Sedikit gambaran tentang SD tersebut, SD YPPK Manusela adalah sebuah sekolah dasar yang memiliki 60 murid dengan enam ruangan. Sayangnya, dari banyaknya ruangan yang ada, hanya ada tiga pengajar yang tersedia. Itupun yang berada di tempat mengajar hanya seorang guru saja. Yuli Lilihata, atau sering dipanggil anak-anak dengan panggilan Mama Yuli, beliau berjuang seorang diri ketika ketiadaan guru. beliau bukan seorang PNS, tapi prinsip beliau untuk terus mengajar dan berpikir kalau bukan dirinya siapa lagi membuatnya pantang menyerah mengajar seorang diri dengan 6 ruang kelas. LUAR BIASA!

Mama Yuli, sebagian kecil guru kita yang mencetak permata-permata bangsa

Meskipun memiliki 6 ruang kelas, jangan bayangkan kalau kelasnya bagus serupa sekolah-sekolah di kota. ia sebuah sekolah, dengan lantai dari tanah yang ditaburi kerikil, dengan daun jendela yang terbuka begitu saja. Itulah sedikit gambaran SD YPPK Manusela.

Senyum kita untuk Indonesia, mampukah kita memberi sedikit senyuman untuk mereka? Mari bergandeng tangan, mengumpulkan buku untuk mereka (saya lihat gambar ini mellow kuadrat :((

Bumi yang kita pijak sama, bukan? Indonesia? Mari berbagi, bukan hanya untuk mereka, tapi juga untuk kita yang menjadi sebagian warga dari bumi Indonesia...

Adapun cara pengiriman buku masih sama dengan tahun sebelumnya. Kami ada beberapa perwakilan volunteer di beberapa kota yang tersebar di Indonesia. Teman-teman silakan pilih mana yang terdekat dengan tempat tinggal teman-teman. Kalau ada teman-teman di luar negeri yang ingin bergabung, silakan bergabung, kami terima dengan senang hati. Selain buku bacaan, kami juga menerima pengiriman buku tulis. Kalau ada yang ingin menyumbang dalam bentu materi, pun kami terima dengan senang hati. Bedanya, kami menerima sumbangan dalam bentuk uang setelah akhir dari pengumpulan buku. Karena untuk biaya pengiriman dari masing-masing volunteer ke pusat. 

Sekolah dengan ventilasi udara sempurna

Foto-foto di atas selain dokumentasi dari Arumbai adalah dokumentasi milik Oca, salah satu peserta ACI (Aku Cinta Indonesia)

Satu blogger satu buku
Dalam blogger hibah sejuta buku
Mari berbagi buku
Untuk Maluku

Alamat teman-teman volunteer ada di bawah ini. Batas pengumpulan buku adalah sejak awal februari 2012 sampai akhir april 2012.

DWINA
Sekretariat Blogger Bertuah
Jl. Sakinah I no. 2A
Tangkerang Utara
Pekanbaru - Riau
hp. 07614880884

MARYO SANJAYA
Sekretariat Bappeda Kota Pekanbaru
Kantor Walikota Pekanbaru
Jl. Sudirman
Pekanbaru - Riau
085271464472

Bukittinggi dan sekitarnya
Jaza Aufayani 
Jalan Proma 1 no 03
kelurahan belakang balok,
kecamatan aur birugo tigo baleh,
kota bukittinggi 26136

Harie Sulistyono
sekolah : SDIT AL FIDAA Jl. damai no 8
papan mas blok F Tambun bekasi
jawa barat 17510
Hape, 085710013667

Jakarta : Roe Salampessy
Jl. Tebet Dalam 4, nomor 31 A.
Kel. Tebet Barat RT.12/RW.01.
Jakarta Selatan-12810.
Hape, 085716061556

Ambon :Jln. Jenderal Sudirman,
Galunggung Samping SMA 11 Ambon,
Lorong SD 64. No. 6. RT 06/006
Kode Pos 97128
(Cp. Afrianti Mahulette, Akbar Marasabessy) / anggota arumbai lainnya.

Semarang, Slamet Riyadi
Jl. Pasarsari RT 3 RW 3
Gunungpati 50225
Semarang-Jateng

Bogor dan sekitarnya
Erikasman Gafar 
 PT Yudhistira Ghalia Indonesia
Jaln. Rancamaya KM.1 No 47Warung Nangka
Ciawi-Bogor
16720

Kediri, Jatim Agustin Wilujeng
Jl. Letjen Suprapto No. 58
Kediri 64124
Hape, 08819252376

SULAWESI DAN SEKITARNYA
YUNIAR SAKINAH WALIULU (UNHY)
Kompleks Wesabbe Depan Pintu 2 Unhas
Blok C No.49, Makassar-90245.
Hp. 0852 4327 8256

JOGJAKARTA DAN SEKITARNYA 
ANTOK SURYADEN
Jogloabang Desa Gombang, Tirtoadi, Mlati,
Sleman - Yogyakarta 55223
Hp. 081 227 320 63

KALIMANTAN DAN SEKITARNYA
RIFQI 
SMAN 1 Bakumpai Jl.Atak Iberansyah
Desa Lepasan - Kecamatan Bakumpai Kabupaten Barito Kuala
Kalimantan Selatan 70512
hp. 0819 53560008.

Bandung dan sekitarnya Rio Pratomo
Masjid Syamsul 'Ulum IT Telkom
Jalan Telekomunikasi
Dayeuh Kolot-Bandung
Jabar 40257
085721434775

Untuk wilayah Malaysia bisa menghubungi saya juga Baha Andes
Nope menyusul, alamat juga menyusul...

61 komentar:

  1. Semangaattt mbakk,.
    mari bahu membahu dalam program ini,.. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Anazkia, saya pingin sekali untuk bergabung dalam program ini karena melihat kondisi di daerah saya yaitu Kab. Manggarai Timur Flores NTT kesadaran anak untuk membaca sangat minim,mungkin karena faktor penyediaan buku sangat terbatas. Terimakasih mbk.

      Hapus
  2. langsung copas ke blog saya #sudah izin sejak dulu :D

    BalasHapus
  3. Mama Yuli Lilihata hebat banget.. ...
    kalo di malaysia tempatny di mana mbak..?

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Mas, mas atau Mbak, Mbak, perasaan udah sering kemari, mosok salam kenal mulu? :)

      Hapus
    2. kenalan terus tanpa henti, obat herbal, xanthone, asam urat dan sebagainya, semakin banyak salam kenal semakin banyak salam tempel..*tempel dipipi karena nyebelin...plaaakkk gitu* hehe..

      Hapus
  5. di malang kok tidak ada mbak? kami siap kok kalo seandainya di malang di butuhkan Koordinator lapangan ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malang Insya Allah akan ada yang gabung, Mas. Saya sedang menunggu konfirmasinya. Terimakasih banyak sebelumnya :)

      Hapus
  6. keadaan sekolah dan anak-anaknya sangat membuat hati sedih kasian. masih banyak yang seperti ini di Indonesia :'(
    insya Allah ikut wilayah bandung :)
    salam kenal mbak ;)
    semoga fase ke-3 ini sukses.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, Mbak :)

      Makasih banyak. Amin... semoga sukses n terimakasih atas kunjungannya :)

      Hapus
  7. semoga makin banyak ya mbak program berbagi buku

    BalasHapus
  8. semoga acara berbagi bukunya tetap berjalan terus,,
    kalau mau ikut nyumbang itu dikirimnya kemana ya?
    siapa tau ada yang mau nyumbang.
    saya juga ingin bu

    BalasHapus
  9. Hibah sejuta buku berlanjut ke negeri Halmahera ya? wah mantap nih Anaz. Tetap semangat dan sukses ya :D

    BalasHapus
  10. coba nanti kalo pulang kerumah saya lihat lihat ke gudang mbak... sapa tau masi ada buku yang bisa ikut saya hibahkan.. amin....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga masih ada, makasih banyak, Ngga.. :)

      Hapus
  11. indonesia raya kok masih ono sekolahan ngono tho naz..?
    esbeye ki kerjone ngopo sampe anaz sing sibuk golek buku

    perlukan pemerintahan diserahkan kepada relawan..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iki komen nyindir serius opo, Kang?

      Biarkan SBY dengan kesibukannya, toh sudah ada yang mengkritik, bukan?

      Hapus
    2. betul Naz,
      mending kita ngumpulin buku aja ya Naz :D

      Hapus
  12. hebat yah anak2 ituh, walaupun sekolahnya seperti itu, mereka tetap tersenyum dan semangat belajar.
    apakah pemerintah setega itu melihat anak2 bangsa meraih cita-cita tanpa adanya fasilitas yg layak. :((

    BalasHapus
  13. Semoga banyak yang berpartisipasi ya Naz :)

    BalasHapus
  14. saya, banyak buku2 bekas..
    tapi tidak tahu mau kirim kemana..

    BalasHapus
  15. saya coba berpartisipasi ya. nanti saya coba bikin rillis. izin pake foto dan logonya ya.

    salam kenal

    Revolusi Galau

    BalasHapus
  16. terpikir selintas dengan adanya informasi diatas mengingatkan saya akan kehidupan yang begitu sulit,namun saya salut buat si mbak baik banget... salam kenal!!!

    BalasHapus
  17. wah ada alamat yang di pekanbaru juga ya,... perasaan tau deh alamat itu.
    salam kenal dari embung...

    BalasHapus
  18. MasyaAllah, keren banget kegiatannya, bermanfaat untuk ummat. InsyaAllah ikut berpartisipasi mbak.

    BalasHapus
  19. kalau dari surabaya ke kediri ya mbaaak???

    BalasHapus
  20. semoga buku buku itu benar benar menjadi bermanfaat maksimal mencerdaskan anak bangsa. aamiiin

    BalasHapus
  21. Sedih melihatnya, semoga saya bisa ikut berpartisipasi.

    BalasHapus
  22. aq udah pasang banner kamu, gantian pasang banner-q ya? dan jangan lupa follow balik bagi yang belum :-)

    BalasHapus
  23. yang gini..lebih efektif dari pada POLITIK!!!!!!

    BalasHapus
  24. Jogloabang sudah masuk ya. Oke deh. Let see apa yang bisa dibantu.

    BalasHapus
  25. saya punya banyak buku yang masih layak di baca, tapi nggak tau mau kirim kemana :))

    BalasHapus
  26. semangat trus mbak , satu senyuman anak indonesia sanagat berarti .
    lanjutkan mbak !

    BalasHapus
  27. Aku sudah baca juga di postingannya Bro Hakim dan Om Lozzakbar, tapi masih bingung, ongkirnya bisa lebih mahal dari buku yang disumbangkan :(

    BalasHapus
  28. salam kenal mba anaz.
    wah saya punya nya novel -novel.
    tapi di ancungi jempol deh buat yang menagadakan program ini. ..

    BalasHapus
  29. ada aja ya mbak anaz punya kegiatan yg posotif, saya ngiri... :)

    BalasHapus
  30. Mbak Anaz emang putri yang baik hati dan tidak sombong, pandai menggambar dan pintar menulis

    BalasHapus
  31. oohh buku tulis juga bisa yachh...nanti aku kirim buku tulis aja dech...soale kalo buku anak2 udah ngga punya....mudah2an acara ini sukses dan banyak yang menyumbang....

    BalasHapus
  32. Ngapuntene mba baru bisa berkunjung.
    ko alamat dan nama sampean ga da sebagai volunteer?

    Aku udah nulis dan siap jadi volunteer mba, tinggal menunggu pengesahan :) trus klik publish.

    BalasHapus
  33. @admin,,,

    tukeran link klik langsung Bengkel Humor (PR 1)

    thank's

    BalasHapus
  34. ikutan dukung lewat komentar aja deh heee heeee heee.

    BalasHapus
  35. Buku apa saja yg bisa dihibahkan?
    untuk wilayah surabaya, ada koordinator kah?

    salam kenal :)

    BalasHapus
  36. wow sudah fase ke tiga rupanya..semoga aku berkesempatan untuk bisa berpartisipasi jua

    BalasHapus
  37. Haduuhh.. udah nulis 3 paragraf malah ilang komentku *jedotin pala ke tembok

    Mesti bacaan untuk anak2 ya Mbak? okeh nanti aku cariin komik naruto dulu *plak... iya.. iya.. ntar klo ke Gramed aku cariin bacaan buat anak2 deh, klo nemu aku hubungin mas Roe aja yang deket, satu lagi itu banner hibah sejuta buku dapet dari mana tah? apa pada bikin sendiri2?????

    untuk pertanyaanmu ku jawab di blogku ajah yakk..

    BalasHapus
  38. Aku Hadir lagi untuk mendukung program ini he..he..

    BalasHapus
  39. Aku akan ikut lagi mbak, Insya Allah. Kemungkinan akan aku kirimkan via mbak Ajeng aja ya? Atau kalau gak lewat kang Suryaden. :)

    BalasHapus
  40. mba mau tanya, batas pengumpulan buku sampai kapan ya?

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P